Baca dalam 3 menit

Peringati HUT ke-600 Kota Terlarang, Bank Sentral Tiongkok Terbitkan Set Koin Spesial

SHARE ARTIKEL

Satu Set Koin Peringatan Emas dan Perak - Gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami.

Tiongkok, Bolong.id – Dilansir dari CGTN News, Bank Sentral Tiongkok (中国人民银行) mengeluarkan satu set koin peringatan emas dan perak pada Senin (3/8/20) lalu untuk menandai peringatan 600 tahun Kota Terlarang.

Sebelumnya, Juli lalu China Post (中国邮政集团有限公司) merilis empat set perangko dan lembaran miniatur untuk merayakan ulang tahun ke-600 Kota Terlarang.

Set koin baru terdiri dari dua emas dan lima koin perak. Semua koin menampilkan lambang nasional di sisi depan, sedangkan dibaliknya bertuliskan pola, denominasi, dan karakter Mandarin yang berbeda, bertuliskan, "Peringatan ke-600 Kota Terlarang."

Satu Set Koin Peringatan Emas dan Perak -  Gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami.

Dengan batas maksimum penerbitan 100 set koin, salah satu koin peringatan emas, yang berdiameter 90 milimeter, terbuat dari satu kilogram emas murni dan memiliki nilai nominal CNY10.000 atau sekitar Rp20,8 juta. Nominal ini merupakan angka tertinggi dari seluruh set koin ini.  

Satu Kilogram Koin Emas dan Dua Kilogram Koin Perak -  Gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami.

Koin emas seberat satu kilogram, yang memperlihatkan pemandangan situs bersejarah ini, disebut netizen sebagai “peta paling mahal dari Kota Terlarang.” Set koin ini telah menarik perhatian banyak kolektor dan dealer swasta sejak koin itu diterbitkan.

Koin Emas CNY50 - Gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami.

Dengan diameter 130 mm dan dua kilogram perak, salah satu koin perak memiliki nilai nominal CNY600 atau sekitar Rp1,2 juta. Koin ini diukir dengan tampilan interior The Hall of Supreme Harmony - aula terbesar dan paling penting di Kota Terlarang.

Koin Perak CNY2 -  Gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami.

Koin emas dan perak lainnya memiliki nilai nominal masing-masing CNY2 (Rp4 ribu), CNY5 (Rp10 ribu), CNY50 (Rp100 ribu). Koin-koin ini diukir dengan pola naga dan burung bangau. Juga dengan desain dekoratif lainnya yang merupakan simbol keberuntungan, yang sering muncul di banyak patung, bangunan, dan peninggalan budaya istana kekaisaran ini. (*)

Terkait

culture

Peringati HUT ke-600 Kota Terlarang, Bank Sentral Tiongkok T...

  • Della Shafira Putri
  • 05 Aug 2020
Logo follow bolong