Baca dalam 3 menit

Pengobatan Tradisional China, Ilmu Warisan Leluhur

Waktu Publish : 04 Jun 2021, 16:08 WIB
SHARE ARTIKEL

Ilustrasi obat tradisional Tiongkok - Image from Shutterstock

ZhejiangBolong.id - Rumah Sakit Quzhou di Provinsi Zhejiang, Tiongkok, menganjurkan pasien minum kopi Luo Han Guo. Itu bagian dari pengobatan tradisional. Dan, pengobatan tradisional Tiongkok, diakui kehebatannya secara internasional.

Dilansir dari People’s Daily pada Jumat (4/6/2021), Presiden Tiongkok, Xi Jinping menyampaikan, "Pengobatan tradisional Tiongkok adalah harta ilmu pengetahuan Tiongkok kuno."

Pengobatan mencakup keselarasan antara manusia dan alam dan sesuai dengan filosofi empat musim, keseimbangan antara tubuh dan jiwa, dan keseimbangan antara yin dan yang merupakan bagian penting dari budaya tradisional Tiongkok yang sangat baik.

Dapat dikatakan bahwa budaya pengobatan Tiongkok telah lama menyatu dalam darah orang Tionghoa, ke dalam kehidupan sehari-hari masyarakat, dan telah memberikan kontribusi besar bagi bangsa Tiongkok yang makmur dan sejahtera.

Untuk merevitalisasi dan mengembangkan pengobatan Tiongkok, perlu untuk mengklarifikasi sumbernya, mengklarifikasi fakta, menceritakan kisah pengobatan Tiongkok, menyebarkan budaya pengobatan Tiongkok, menunjukkan pesona budaya pengobatan Tiongkok, dan membimbing orang untuk memahami dengan benar nilai dan kontribusi pengobatan Tiongkok.

Untuk memperkuat penyebaran budaya pengobatan Tiongkok, perlu untuk memahami psikologi dan hukum penyebarluasan audiens, menafsirkan pengobatan Tiongkok dalam bentuk yang disukai oleh masyarakat, dan meningkatkan minat budaya pengobatan Tiongkok, sehingga budaya pengobatan Tiongkok dapat mengakar kuat di hati masyarakat.

Sebagai contoh, penyair Wang Wei dari Dinasti Tang menulis dalam puisinya Dengan memasukkan konten mengenai obat tradisional Tiongkok dalam program TV, game online, dan kompetisi pengetahuan, maka akan mudah membangkitkan semangat orang untuk mempelajari pengobatan Tiongkok.

Kombinasi yang cerdik antara budaya pengobatan Tiongkok dan musik populer telah membuat banyak anak muda tertarik pada pengobatan Tiongkok.

Untuk memperkuat penyebaran budaya pengobatan Tiongkok, perlu dimulai sejak masih anak-anak, melaksanakan pendidikan budaya pengobatan Tiongkok di sekolah dasar dan menengah, mempromosikan budaya pengobatan Tiongkok ke kampus-kampus, dan membiarkan budaya pengobatan Tiongkok berakar di hati masyarakat dan anak muda.

Misalnya, Tiongkok menyelenggarakan kompilasi Buku Bacaan untuk Siswa Sekolah Dasar dan Menengah tentang Budaya Pengobatan Tiongkok, yang bertujuan agar siswa sekolah dasar dan menengah dapat mengetahui pengobatan Tiongkok. (*)

Terkait

health

Peneliti Cina-Jerman Temukan Ramuan Herbal untuk Pengidap CO...

  • Lupita
  • 09 Nov 2020
Banner Kanan
Logo follow bolong