Baca dalam 16 menit

Konferensi Pers Kemenlu China 15 Oktober 2021

Waktu Publish : 16 Oct 2021, 10:55 WIB
SHARE ARTIKEL

Zhao Lijian - Image from Laman Resmi Kemenlu Tiongkok

Beijing, Bolong.id - Konferensi pers Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Jumat (15/10/2021) membahas berbagai hal. Termasuk soal zona bebas nuklir Pasifik Selatan. Berikut petikan wawancara pers dengan Jubir Kemenlu Tiongkok, Zhao Lijian.

CCTV: Perwakilan Tetap Samoa untuk PBB mengatakan Amerika Serikat adalah satu-satunya dari lima negara pemilik senjata nuklir yang menolak untuk meratifikasi Protokol untuk Perjanjian Zona Bebas Nuklir Pasifik Selatan (SPNFZ). Presiden Kiribati juga sangat prihatin dengan Australia yang mengembangkan kapal selam bertenaga nuklir, mencatat bahwa negaranya adalah salah satu pulau Pasifik dan rakyatnya menjadi korban uji coba nuklir Inggris dan AS. Dia menambahkan “dengan segala sesuatu yang berkaitan dengan nuklir, kami pikir akan menjadi suatu kehormatan untuk mengangkatnya, untuk mendiskusikannya dengan tetangga Anda.” Apakah Anda punya komentar?

Zhao Lijian: Kekhawatiran Samoa dan Kiribati dibenarkan dan sah. Fakta membuktikan bahwa kerjasama kapal selam AS-Inggris-Australia sangat tidak populer dan telah menimbulkan kekhawatiran dan penolakan di antara negara-negara kawasan dan masyarakat internasional.

Langkah terakhir ketiga negara tersebut secara terang-terangan telah memicu konfrontasi dan perpecahan di kawasan, mempercepat perlombaan senjata, dan merusak perdamaian dan stabilitas kawasan.

Itu juga melanggar semangat Perjanjian Non-Proliferasi Senjata Nuklir dan merusak Perjanjian Zona Bebas Nuklir Pasifik Selatan (SPNFZ). Praktik ketiga negara tersebut kembali membuktikan bahwa untuk tujuan konfrontasi geopolitik dan militer, mereka akan sampai sejauh-jauhnya membuang norma-norma dasar hubungan internasional bahwa negara-negara, besar dan kecil, semuanya sederajat, dan secara serampangan bertentangan dengan kehendak negara-negara kawasan dan menginjak-injak hak dan kepentingan mereka.

Negara-negara kepulauan Pasifik sangat sensitif tentang masalah nuklir terutama karena ingatan pahit mereka tentang uji coba nuklir yang dilakukan oleh AS dan Inggris di kawasan itu. Menurut sumber terbuka, AS melakukan 67 uji coba nuklir di Kepulauan Marshall antara tahun 1946 dan 1958. Pada tahun 1957 dan 1958, Inggris melakukan 9 uji coba nuklir di bekas koloninya yang sekarang disebut Kiribati.

Antara tahun 1946 dan 1982, AS, Inggris, dan negara-negara lain membuang sejumlah besar limbah radioaktif ke Samudra Pasifik dan Samudra Atlantik. AS bahkan mengirimkan 130 ton tanah yang terkontaminasi nuklir dari tempat uji coba nuklir di Nevada sampai ke Kepulauan Marshall.

Australia juga menjadi pelakunya. Ini pernah secara aktif berusaha untuk memperoleh dan mengembangkan senjata nuklir, dan mengizinkan Inggris untuk melakukan uji coba nuklir di Kepulauan Montebello di lepas Australia Barat, dan Lapangan Emu dan Maralinga di Australia Selatan antara tahun 1952 dan 1963.

Uji coba dan limbah nuklir ini telah merusak ekologi lokal lingkungan, membahayakan keselamatan dan kesehatan penduduk setempat, dan menyebabkan bencana besar bagi negara dan orang-orang di kawasan itu.

Hubei Media Group: Pesawat ruang angkasa berawak Shenzhou-13 akan diluncurkan pada dini hari besok. Apakah Anda punya komentar? Apa signifikansinya bagi kerja sama dan pertukaran internasional dalam misi berawak?

Zhao Lijian: Kurang dari sebulan yang lalu, kami baru saja menyambut sukses kembalinya Shenzhou-12. Besok pagi, kita akan menyaksikan peluncuran Shenzhou-13 ke luar angkasa dengan penuh semangat lagi.

Ini menunjukkan semangat program luar angkasa berawak Tiongkok, yang menampilkan kerja keras dan dedikasi tanpa henti di bawah kondisi yang ekstrem dan sulit untuk memecahkan masalah kritis dan mencapai kesuksesan. Ini juga melambangkan semangat eksplorasi ilmiah orang-orang Tiongkok yang menampilkan ambisi, keberanian, dan ketekunan dalam mengejar impian luar angkasa.

Pada konferensi pers kemarin tentang peluncuran pesawat ruang angkasa Shenzhou-13 berawak Tiongkok di Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan, juru bicara Program Luar Angkasa Berawak Tiongkok memberikan pengarahan. Misi berawak 13 Shenzhou adalah misi keenam dalam fase verifikasi teknologi utama stasiun ruang angkasa Tiongkok.

Ini akan menandai akhir yang menentukan dari fase ini dan titik penting untuk pembangunan stasiun ruang angkasa di orbit di masa depan, yang menunjukkan upaya dan kontribusi baru Tiongkok untuk misi luar angkasa berawak umat manusia.

Kami akan terus terlibat dalam kerja sama dan pertukaran internasional pada lingkup yang lebih luas dan tingkat yang lebih dalam, dan memberikan kontribusi positif untuk eksplorasi misteri alam semesta, penggunaan luar angkasa secara damai, dan pembangunan komunitas dengan masa depan bersama bagi umat manusia.

Kami melihat perbedaan dalam penugasan kru antara misi Shenzhou-13 dan misi Shenzhou-12. Misalnya, ini akan menjadi pertama kalinya seorang astronot wanita Tiongkok mengunjungi stasiun luar angkasa Tiongkok dan melakukan kegiatan di luar kendaraan. Ini akan menjadi pertama kalinya astronot Tiongkok tinggal di orbit selama enam bulan dan ini akan menjadi pertama kalinya orang Tiongkok merayakan Festival Musim Semi di luar angkasa.

Kami berharap dapat menerima harapan terbaik dari rekan-rekan kami di luar angkasa saat kami mengucapkan selamat tinggal pada tahun lalu pada malam tahun baru imlek.

Mari kita semua berharap mereka sukses meluncurkan pesawat ruang angkasa berawak Shenzhou-13!

Zhao Lijian - Image from Laman Resmi Kemenlu Tiongkok

Kantor Berita Xinhua: Kami telah mencatat bahwa Konferensi Transportasi Berkelanjutan Global Perserikatan Bangsa-Bangsa yang kedua dibuka di Beijing kemarin. Bisakah Anda memberi kami detail lebih lanjut?

Zhao Lijian: Konferensi Transportasi Berkelanjutan Global Perserikatan Bangsa-Bangsa kedua diadakan di Beijing dari 14 hingga 16 Oktober secara online dan offline. Presiden Xi Jinping menyampaikan keynote speech melalui konferensi video pada upacara pembukaan yang diikuti oleh perwakilan dari 171 negara.

Presiden Rusia, Turkmenistan, Ethiopia, Panama dan negara-negara lain, Perdana Menteri Belanda dan Sekretaris Jenderal PBB menyampaikan upacara melalui tautan video.

Seperti yang ditunjukkan oleh Presiden Xi Jinping dalam sambutannya, transportasi adalah urat nadi perekonomian dan ikatan antar peradaban. Sejak berdirinya Tiongkok Baru, generasi demi generasi orang-orang Tiongkok telah bekerja dengan semangat membuka jalan melalui pegunungan dan meletakkan jembatan di atas sungai, dan mengubah Tiongkok menjadi negara dengan infrastruktur transportasi yang luas.

Hari ini, kami melipatgandakan upaya kami untuk membangun negara dengan kekuatan transportasi yang besar. Tiongkok telah menjadi ekonomi yang paling terhubung dengan jaringan pelayaran global dan dengan volume perdagangan barang tertinggi.

Selama pandemi COVID-19, Tiongkok-Europe Railway Express dan kapal kargo pelayaran laut telah beroperasi siang dan malam untuk menjaga stabilitas industri dan rantai pasokan global, menunjukkan rasa tanggung jawab Tiongkok dalam komunitas global. Presiden Xi juga mengumumkan bahwa Tiongkok akan mendirikan Pusat Inovasi dan Pengetahuan Global untuk Transportasi Berkelanjutan, sebagai kontribusi untuk pengembangan transportasi global.

Tiongkok akan terus memajukan kerja sama Belt and Road yang berkualitas tinggi, memperkuat konektivitas infrastruktur dengan negara lain, mengembangkan Jalur Sutra hijau dan Jalur Sutra digital dengan lebih cepat, dan memberikan solusi nyata untuk mewujudkan transportasi berkelanjutan di seluruh dunia.

AFP: LinkedIn, platform jaringan karir yang dimiliki oleh Microsoft, mengatakan kemarin bahwa mereka menutup layanan jaringan profesionalnya di Tiongkok, dengan alasan lingkungan operasi yang lebih menantang, dan persyaratan kepatuhan yang lebih besar, terus terang. Saya bertanya-tanya apakah Tiongkok telah meminta LinkedIn untuk meninggalkan pasar Tiongkok?

Zhao Lijian: Kami mencatat bahwa LinkedIn telah membuat tanggapan dan saya ingin merujuk Anda ke sana. Sebagai prinsip, saya ingin menekankan bahwa Tiongkok berkomitmen pada kebijakan dasar negara untuk membuka diri dan menciptakan lingkungan bisnis yang sehat bagi investor asing.

Tiongkok akan terus membuka diri lebih luas kepada dunia. Ini akan terus menyambut perusahaan di seluruh dunia, termasuk perusahaan Amerika, untuk berinvestasi di Tiongkok dan menyediakan lingkungan bisnis yang berorientasi pasar, berbasis hukum, dan kelas dunia. Menurut laporan terbaru dari US-Tiongkok Business Council, 95% dari perusahaan Amerika yang disurvei menghasilkan keuntungan di Tiongkok tahun lalu, dan 64% melihat pendapatan mereka tumbuh di pasar Tiongkok.

Perkembangan Tiongkok akan terus melepaskan potensi dan vitalitas pasar yang besar, menciptakan peluang yang lebih besar bagi perusahaan-perusahaan dari Amerika dan negara-negara lain.

TASS: Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan pada hari Kamis, berbicara melalui tautan video di Konferensi Transportasi Berkelanjutan Global Perserikatan Bangsa-Bangsa kedua, bahwa Rusia bermaksud untuk melipatgandakan lalu lintas kargo di sepanjang Rute Laut Utara. "Kami mengundang semua mitra yang tertarik, termasuk teman-teman Tiongkok kami, untuk lebih aktif menggunakan kemampuan Rute Laut Utara untuk membangun operasi perdagangan dengan Eropa," tambahnya. Saya ingin tahu apakah Tiongkok memiliki komentar atas pernyataannya?

Zhao Lijian: Kami telah memperhatikan pernyataan Presiden Putin. Akibat pemanasan global, jalur pelayaran Arktik diharapkan menjadi jalur penting bagi perdagangan internasional. Tiongkok menghormati hak-hak sah negara-negara Arktik di perairan di bawah yurisdiksi nasional mereka.

Wartawan - Image from Laman Resmi Kemenlu Tiongkok

24kz: Menurut laporan, ekspor dari Kazakhstan ke Tiongkok telah terakumulasi di pelabuhan Khorgos dan Dostyk. Data menunjukkan bahwa sekitar 5.000 gerbong tidak dapat masuk ke Tiongkok, menyebabkan kerugian bagi pedagang Kazakhstan. Ekspor Tiongkok ke Kazakhstan juga sering mengalami masalah. Kedua negara menjalin kemitraan strategis komprehensif permanen pada 2019 dan telah menekankan pentingnya memperluas dan memperdalam kerja sama ekonomi dan perdagangan. Pertanyaan saya adalah, apa alasan utama dari situasi yang disebutkan di atas? Apa saran Tiongkok untuk mengatasi masalah ini berdasarkan hubungan bertetangga yang baik dan persahabatan?

Zhao Lijian: Sebagai tetangga yang bersahabat dan mitra strategis komprehensif permanen, Tiongkok dan Kazakhstan telah membuat pencapaian yang bermanfaat dalam kerja sama di bawah Inisiatif Sabuk dan Jalan. Sejak tahun lalu, kedua belah pihak telah mengatasi dampak negatif dari pandemi dan membuat kemajuan positif dalam kerja sama di seluruh bidang.

Secara khusus, dari Januari hingga Agustus tahun ini, perdagangan antara Tiongkok dan Kazakhstan meningkat menjadi US$16,9 miliar, naik 28,5% YoY.

Otoritas yang kompeten, daerah dan perusahaan dari kedua negara telah mempertahankan kontak dekat di bawah kerangka kerja Komite Kerjasama Tiongkok-Kazakh dan mekanisme pencegahan dan pengendalian pandemi bersama, dan secara tepat waktu menyelesaikan masalah kargo yang lewat di pelabuhan melalui konsultasi.

Tiongkok siap bekerja sama dengan Kazakhstan untuk terus memajukan kerja sama BRI yang berkualitas, serta memperluas dan memperdalam kerja sama dengan tindakan nyata dalam jangka panjang.

Mengenai pertanyaan spesifik Anda, silakan merujuk ke pihak yang berwenang. Saya percaya dengan komunikasi dan upaya bersama dari kedua belah pihak, masalah yang relevan akan diselesaikan.

The Paper: Surat kabar Zimbabwe mengungkapkan tempo hari bahwa pemerintah AS, melalui cara-cara seperti mendanai lembaga-lembaga terkait dalam menyelenggarakan seminar, membayar wartawan media swasta 1.000 dolar untuk setiap cerita yang mereka terbitkan untuk mendiskreditkan perusahaan-perusahaan Tiongkok yang berinvestasi di Zimbabwe. Apakah Anda punya komentar?

Zhao Lijian: Kami telah melihat laporan yang relevan. Seribu dolar dapat dihabiskan untuk mendanai siswa miskin Zimbabwe atau membantu Zimbabwe membeli 100 dosis vaksin COVID-19.

Tetapi pemerintah AS memilih untuk menyewa poster berbayar untuk menyebarkan desas-desus dengan uang itu, yang keji seperti yang dikatakan media. Untuk beberapa waktu, AS telah berusaha keras, termasuk membayar kebohongan, untuk mendiskreditkan Tiongkok dan melukai hubungan Tiongkok-Afrika.

Laporan-laporan yang Anda sebutkan sepenuhnya menunjukkan bahwa negara-negara Afrika dan seluruh masyarakat internasional sangat waspada terhadap penyebaran disinformasi yang mencolok dari AS, dan memberontak pada pemalsuan kebohongan dan noda AS yang keji dan tidak bermoral.

Tiongkok dan Zimbabwe menikmati persahabatan lama. Investasi perusahaan Tiongkok di Zimbabwe telah memainkan peran positif dalam mempromosikan pemulihan dan pembangunan ekonomi negara itu serta meningkatkan mata pencaharian masyarakat.

Kerja sama praktis kami telah memberikan manfaat nyata bagi kedua bangsa yang sangat kontras adalah bahwa AS telah lama memberlakukan sanksi ilegal terhadap Zimbabwe, dan menggunakan dana untuk merusak media dan membuat laporan negatif tentang Tiongkok atas perintah mereka. Semuanya terlalu jelas setelah dibandingkan.

Kami mendesak AS untuk berhenti meneriakkan slogan-slogan kosong dan berbicara dusta, dan melakukan hal-hal yang lebih konkrit bagi rakyat Afrika, termasuk di Zimbabwe, untuk memainkan peran konstruktif dalam pemulihan dan pembangunan ekonomi Afrika.

China Daily: Pada Sidang Umum PBB pada 14 Oktober, 18 negara, termasuk AS, terpilih menjadi anggota Dewan Hak Asasi Manusia. Perwakilan Tetap AS untuk PBB Linda Thomas-Greenfield mengatakan AS akan "berdiri dengan pembela hak asasi manusia dan berbicara menentang pelanggaran dan pelanggaran hak asasi manusia", dan bahwa upaya awal AS akan fokus pada situasi di Afghanistan, Myanmar, Tiongkok, Ethiopia , Suriah dan Yaman. Apa komentar Tiongkok?

Zhao Lijian: Kami masih ingat bahwa lebih dari tiga tahun yang lalu, AS mengumumkan penarikannya dari Dewan Hak Asasi Manusia dengan cara yang menonjol.

Kami berharap AS dapat mengambil pemilihannya di Dewan Hak Asasi Manusia sebagai kesempatan untuk mempraktikkan multilateralisme dengan tindakan nyata, terlibat dalam dialog konstruktif dan kerjasama dengan semua paritas dan memainkan peran positif dalam memajukan pekerjaan Dewan Hak Asasi Manusia.

Tak lama setelah pemilihannya, AS kembali menuding kondisi hak asasi manusia di negara lain. AS harus bekerja pada kebiasaan lama ini. Jika AS terus menerapkan standar ganda, mempolitisasi isu HAM dan menyerang serta menindas negara lain, maka akan mendapat tentangan keras dari masyarakat internasional.

Apa yang sebenarnya harus dilakukan AS adalah segera memperbaiki pelanggaran berat hak asasi manusia baik di dalam maupun di luar negeri dan melakukan sesuatu yang konkret untuk tujuan hak asasi manusia internasional.

Wartawan - Image from Laman Resmi Kemenlu Tiongkok

Bloomberg: The Times telah melaporkan bahwa Presiden Xi Jinping tidak berencana untuk menghadiri KTT perubahan iklim COP26 bulan depan di Glasgow. Bisakah kementerian luar negeri mengkonfirmasi ini?

Zhao Lijian: Saya tidak memiliki informasi untuk dirilis saat ini. (*)

Terkait

culture

Kegiatan yang Biasa Dilakukan Saat Natal di China

  • Lupita
  • 06 Dec 2021

news

Asrama Pembangkit Listrik Mingtai Terbakar, 8 Tewas 5 Luka

  • Djono W. Oesman
  • 06 Dec 2021

news

Jalur KA Cepat Laos-China Dibuka

  • Djono W. Oesman
  • 06 Dec 2021

business

China Jadi Pasar Robot Terbesar di Dunia

  • Lupita
  • 06 Dec 2021

lifestyle

6 Lokasi Wisata Menarik di Hangzhou

  • Djono W. Oesman
  • 06 Dec 2021

technology

Produksi Garam Tanah, China Teliti Tanaman yang Tahan Garam

  • Lupita
  • 06 Dec 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong