Baca dalam 14 menit

Konferensi Pers Kementerian Luar Negeri Tiongkok 12 Oktober 2021

Waktu Publish : 13 Oct 2021, 16:30 WIB
SHARE ARTIKEL

Zhao Lijian, jubir Kemlu Tiongkok - Image from Laman Resmi Kemlu Tiongkok

CCTV: Presiden Xi baru saja menghadiri pertemuan puncak para pemimpin dari pertemuan ke-15 Konferensi Para Pihak (COP15) untuk Konvensi Keanekaragaman Hayati dan menyampaikan pidato penting, menyerukan masyarakat internasional untuk memperkuat kerja sama dan membangun masa depan bersama untuk semua hidup di bumi. Bisakah Anda menawarkan detail lebih lanjut?

Zhao Lijian: Sore ini, Presiden Xi Jinping menghadiri pertemuan puncak para pemimpin dari pertemuan ke-15 Konferensi Para Pihak (COP15) untuk Konvensi Keanekaragaman Hayati di Kunming, Yunnan dan menyampaikan pidato penting, menunjukkan sikap dan tanggung jawab Tiongkok sebagai tuan rumah dan negara besar, serta mengidentifikasi target dan arah tata kelola keanekaragaman hayati global di masa depan. Hal ini mendapat penilaian tinggi dan tanggapan hangat dari masyarakat internasional.

Saat ini, ada percepatan kepunahan spesies secara global. Hilangnya keanekaragaman hayati dan degradasi ekosistem menimbulkan risiko besar bagi kelangsungan hidup dan perkembangan manusia. Dengan latar belakang penyebaran COVID-19 yang terus menerus, bagaimana mencapai pemulihan hijau dan pembangunan berkelanjutan adalah pertanyaan besar bagi semua.

Pada pertemuan puncak para pemimpin, Presiden Xi menguraikan dengan visi besar pertanyaan tentang masa depan seperti apa yang harus dibangun oleh semua kehidupan di Bumi yang harus dibangun umat manusia. Dia mengusulkan untuk membangun sebuah planet yang menampilkan koeksistensi yang harmonis antara manusia dan Alam, kemajuan terkoordinasi dari ekonomi dan lingkungan dan pembangunan bersama dari semua negara, yang menetapkan tujuan ambisius untuk perlindungan keanekaragaman hayati global.

Presiden Xi juga memberikan jawaban atas pertanyaan sulit tentang bagaimana membangun masa depan bersama untuk semua kehidupan di Bumi. Pertama, kita perlu menjadikan perkembangan peradaban ekologis sebagai pedoman kita untuk mengkoordinasikan hubungan antara manusia dan Alam; kedua, kita harus membiarkan transisi hijau mendorong upaya kita untuk memfasilitasi pembangunan berkelanjutan global; ketiga, kami akan berkonsentrasi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat untuk mempromosikan kesetaraan dan keadilan sosial; keempat, kita akan menjadikan hukum internasional sebagai dasar untuk menegakkan sistem pemerintahan internasional yang adil dan merata. Semua proposal ini telah mengidentifikasi jalur untuk tata kelola keanekaragaman hayati global dan menyumbangkan kebijaksanaan dan proposisi Tiongkok.

Seperti yang dicatat oleh Presiden Xi Jinping, selama kita terus maju dengan ketekunan, masa depan yang cerah akan menanti. Mengambil COP15 di Kunming ini sebagai titik awal baru, Tiongkok siap bekerja dengan semua pihak untuk mengambil tindakan nyata dan bersama-sama membangun masa depan bersama untuk semua kehidupan di Bumi.

The Global Times: "Biaya saksi" dari apa yang disebut "Pengadilan Uyghur" dan bagian di antara "saksi" baru-baru ini diekspos di platform media sosial asing. Apa komentar Anda?

Zhao Lijian: Saya telah melihat laporan yang relevan, yang juga menunjukkan bahwa di antara total pengeluaran £ 100.700, bagian terbesar dari £ 43.000 pergi ke "saksi anonim" dengan nama keluarga Wang. Pria, yang mengaku sebagai mantan polisi yang dikirim untuk menyelidiki kegiatan separatis di Xinjiang pada 2018, telah menyebarkan sejumlah besar disinformasi di Xinjiang.

Pria ini mengubah identitasnya dalam laporan CNN dan memberi dirinya nama keluarga Jiang. Bahkan CNN mengaku tidak bisa memverifikasi pernyataannya secara independen. Pada konferensi pers ke-57 tentang isu-isu terkait Xinjiang oleh Daerah Otonomi Uyghur Xinjiang, juru bicara pemerintah daerah mengatakan bahwa pernyataan pria itu terletak di depan mata.

Tiongkok telah berkali-kali menekankan bahwa apa yang disebut pengadilan didanai oleh Kongres Uyghur Dunia, sebuah organisasi kekerasan, teroris dan separatis, dan digunakan oleh segelintir pasukan anti-Tiongkok untuk menipu dan menyesatkan publik.

Itu tidak memiliki kualifikasi hukum dan tidak memiliki kredibilitas. Jika laporan yang Anda sebutkan itu benar, maka itu adalah bukti lebih lanjut bahwa apa yang disebut pengadilan adalah mesin yang mengaduk-aduk kebohongan. Pasukan anti-Tiongkok ini bahkan akan menyewa pembohong dan membeli kebohongan, yang menunjukkan bahwa mereka tidak meninggalkan kebutuhan bisnis yang terlewat untuk menimbulkan masalah di Xinjiang dan mencoreng Tiongkok.

Kebohongan, bahkan jika diulang seribu kali, tetaplah kebohongan. Untuk semua upaya badut dalam merencanakan dan bermanuver, lelucon itu hanya menarik sedikit penonton dan kebohongan hanya mendapat sedikit gema.

Ini menunjukkan masyarakat internasional tidak lagi percaya pada disinformasi yang mereka sebarkan dan mulai membenci praktik semacam itu. Xinjiang akan menikmati perkembangan yang lebih besar, dan daya tarik masyarakat internasional untuk persepsi yang objektif dan adil terhadap kebijakan Tiongkok di Xinjiang akan semakin kuat.

Zhao Lijian, jubir Kemlu Tiongkok - Image from Laman Resmi Kemlu Tiongkok

Kantor Berita Xinhua: Baru-baru ini, politisi tertentu di Taiwan telah membuat pernyataan kepada media asing untuk dengan sengaja mendistorsi Resolusi 2758 UNGA, dengan mengatakan itu tidak memutuskan perwakilan Taiwan dan bahkan tidak menyebut Taiwan. Dia bahkan secara salah mengklaim bahwa menyerukan resolusi ini untuk memblokir Taiwan dari bergabung dengan PBB tidak pantas, dan partisipasi Taiwan dalam badan internasional adalah aspirasi bersama dari semua rakyatnya. Apakah Anda punya komentar?

Zhao Lijian: Pernyataan politisi di Taiwan hanya omong kosong. Tiongkok telah memperjelas posisinya pada isu-isu terkait Taiwan mengenai Majelis Umum PBB pada beberapa kesempatan. Saya ingin mengulangi poin-poin berikut:

Pertama, hanya ada satu Tiongkok di dunia dan wilayah Taiwan adalah bagian yang tidak dapat dicabut dari wilayah Tiongkok. Pemerintah Republik Rakyat Tiongkok adalah satu-satunya pemerintahan resmi yang mewakili seluruh Tiongkok. Ini adalah fakta dasar yang diakui oleh masyarakat internasional.

Posisi kami dalam berpegang pada prinsip satu-Tiongkok akan tetap tidak berubah; sikap kita untuk menolak "dua Tiongkok", "satu Tiongkok, satu Taiwan" dan "kemerdekaan Taiwan" tidak boleh ditantang, dan tekad kita untuk menegakkan kedaulatan nasional dan integritas wilayah tidak tergoyahkan.

Kedua, PBB adalah organisasi internasional antar pemerintah yang terdiri dari negara-negara berdaulat. Resolusi 2758 yang diadopsi oleh Majelis Umum pada tahun 1971 telah memecahkan sekali dan untuk semua masalah perwakilan Tiongkok di PBB dalam hal politik, hukum dan prosedural. Sistem, badan-badan dan Sekretariat PBB harus mematuhi prinsip satu-Tiongkok dan Resolusi UNGA 2758 ketika berurusan dengan urusan terkait Taiwan.

Sebagai provinsi Tiongkok, Taiwan sama sekali tidak memenuhi syarat untuk bergabung dengan PBB. Praktek selama bertahun-tahun sepenuhnya menunjukkan bahwa PBB dan sejumlah besar negara anggotanya mengakui bahwa hanya ada satu Tiongkok di dunia dan Taiwan adalah bagian yang tidak dapat dicabut dari wilayah Tiongkok, dan mereka sepenuhnya menghormati pelaksanaan kedaulatan Tiongkok atas Taiwan.

Ketiga, Resolusi 2758 UNGA mewujudkan fakta hukum yang diakui oleh masyarakat internasional. Itu ada dalam hitam dan putih dan tidak memungkinkan penolakan atau distorsi oleh otoritas Taiwan atau siapa pun. "Kemerdekaan Taiwan" dalam segala bentuk pasti akan gagal. Langkah-langkah membesarkan masalah ini oleh individu tertentu di Taiwan merupakan tantangan yang mencolok dan provokasi serius dari prinsip satu-Tiongkok, dan pelanggaran terang-terangan terhadap Resolusi 2758 UNGA. Kami dengan tegas menolak retorika "kemerdekaan Taiwan" yang khas yang tidak akan menghasilkan apa-apa. dukungan di dunia.

Kami percaya bahwa alasan yang adil dari pemerintah Tiongkok dan rakyat Tiongkok untuk menegakkan kedaulatan nasional dan integritas teritorial, menentang pemisahan diri dan mencapai reunifikasi akan terus memenangkan pemahaman dan dukungan dari PBB dan negara-negara anggotanya.

Bloomberg: Lebih dari 75% orang Kanada mengatakan dalam jajak pendapat baru-baru ini bahwa pemerintah mereka harus melarang Huawei mengambil bagian dalam membangun jaringan 5G negara itu. Itu naik dari 53% pada 2019. Justin Trudeau tidak mengesampingkan termasuk Huawei dalam pengembangan 5G dan diperkirakan akan segera membuat keputusan. Apakah kementerian luar negeri memiliki komentar tentang itu?

Zhao Lijian: Saya ingin menekankan bahwa kerja sama ekonomi dan perdagangan antara Tiongkok dan Kanada bersifat saling menguntungkan dan saling menguntungkan. Kecanggihan dan keamanan produk 5G Huawei telah diakui oleh sebagian besar operator di seluruh dunia. Pihak Kanada harus mengambil sikap objektif dan tidak memihak, secara independen membuat keputusan yang sejalan dengan kepentingannya, dan menyediakan lingkungan bisnis yang adil, adil, terbuka, dan tidak diskriminatif bagi perusahaan Tiongkok.

Wartawan - Image from Laman Resmi Kemlu Tiongkok

Kantor Berita Tiongkok: Dilaporkan bahwa Sekretaris Eksekutif Konvensi Keanekaragaman Hayati mengatakan bahwa Tiongkok telah menjadi pendukung kuat dan kontributor agenda keanekaragaman hayati global. “Dan gagasan Tiongkok tentang persatuan, alam dan manusia, kami harap, akan menjadi contoh yang baik bagi negara lain untuk diikuti atau ditiru,” tambahnya. Kami mencatat bahwa selama liburan Hari Nasional, banyak orang memposting foto pemandangan indah Tiongkok secara online. Apa pandangan Anda tentang upaya dan kontribusi Tiongkok dalam melindungi lingkungan ekologis dan keanekaragaman hayati?

Zhao Lijian: Sebagai salah satu pihak pertama yang menandatangani dan meratifikasi Konvensi Keanekaragaman Hayati, Tiongkok telah secara aktif mengimplementasikan Konvensi tersebut. Tiongkok telah merumuskan dan menerapkan Strategi dan Rencana Aksi Konservasi Keanekaragaman Hayati Nasional Tiongkok (2011-2030) dan serangkaian langkah kebijakan, mengadopsi model tata kelola yang inovatif, mengambil upaya terpadu untuk mempromosikan perlindungan dan restorasi ekologi, mengidentifikasi dan berpegang teguh pada garis merah, dan memulai jalur konservasi keanekaragaman hayati dengan karakteristik Tiongkok.

Berkat upaya bertahun-tahun yang tak henti-hentinya, daerah yang dulunya tertutup pasir kuning telah menjadi pegunungan dan sungai yang hijau; Tingkat tutupan hutan dan volume stok di Tiongkok telah meningkat selama 30 tahun berturut-turut; 90 persen tipe vegetasi dan ekosistem terestrial, 65 persen komunitas tumbuhan tingkat tinggi, dan 85 persen populasi satwa liar di bawah perlindungan utama telah dilindungi secara efektif; pengumpulan dan pelestarian sumber daya genetik hayati menduduki peringkat tertinggi di dunia; dan populasi hewan langka seperti panda raksasa dan ibis jambul meningkat.

Selain itu, kesadaran masyarakat akan perlindungan lingkungan dan biologis juga telah meningkat. Ketika gajah liar melakukan perjalanan lebih dari 1.000 kilometer di Yunnan tahun ini, mereka menerima perawatan dan perlindungan dari pemerintah daerah dan orang-orang di sepanjang jalan. Ini telah dipuji oleh orang-orang di seluruh dunia. Semua ini menjadi saksi pencapaian positif konservasi keanekaragaman hayati Tiongkok.

Keanekaragaman hayati merupakan isu penting dalam tata kelola lingkungan global. Sementara memajukan pekerjaan konservasi keanekaragaman hayatinya sendiri, Tiongkok telah secara aktif berpartisipasi dalam tata kelola keanekaragaman hayati global dan mempromosikan kerja sama internasional dalam konservasi keanekaragaman hayati. Tiongkok telah mengusulkan pembentukan Koalisi Pembangunan Hijau Internasional Belt and Road Initiative, melakukan pertukaran dan kerja sama dengan lebih dari 100 negara dalam perlindungan lingkungan, dan melaksanakan sejumlah besar proyek kerja sama keanekaragaman hayati.

Sementara itu, Tiongkok secara aktif mendanai dan berkontribusi pada konservasi keanekaragaman hayati global. Saya baru saja memberi tahu Anda tentang kehadiran dan pidato penting Presiden Xi Jinping di pertemuan puncak para pemimpin Konferensi Para Pihak (COP15) ke-15 Konvensi Keanekaragaman Hayati melalui tautan video. Pidato penting tersebut telah menentukan tujuan dan arah tata kelola keanekaragaman hayati global di masa depan.

Seperti yang kita bicarakan, fase pertama COP15 sedang berlangsung di Kunming. Tiongkok akan bekerja dengan negara lain untuk meningkatkan tata kelola keanekaragaman hayati global ke tahap baru. Ke depan, Tiongkok akan selalu menjadi pembela, pembangun dan penyumbang tanah air yang harmonis dan indah untuk semua kehidupan, bersama-sama bekerja dengan seluruh komunitas internasional untuk membantu membangun sistem baru tata kelola keanekaragaman hayati global yang lebih adil, wajar dan di mana semua masuk, mencapai visi koeksistensi yang harmonis antara manusia dan Alam, dan bersama-sama membangun dunia yang bersih dan indah.

China Daily: Pemilihan parlemen Irak diadakan beberapa hari yang lalu dan hasil awal dirilis pada 11 Oktober. Apa komentar Tiongkok?

Zhao Lijian: Tiongkok menyambut lancarnya pemilihan parlemen baru di Irak, dan berharap semua partai Irak dapat mengambil pemilihan sebagai kesempatan untuk memperkuat solidaritas, bertujuan untuk kemajuan baru dalam proses politik domestik, dan mewujudkan perdamaian dan stabilitas abadi serta kemakmuran dan pembangunan di Irak pada tanggal awal.

Wartawan - Image from Laman Resmi Kemlu Tiongkok

Informasi Seputar Tiongkok

Terkait

news

50 Tahun China Gabung PBB, Xi Jinping: Ini Kemenangan China ...

  • Lupita
  • 27 Oct 2021

lifestyle

Bintang NBA Hina China, Pertandingan Celtics Diboikot

  • Esy Gracia
  • 23 Oct 2021

news

Presiden Xi Menekankan Perkembangan Ekonomi Digital yang Bai...

  • Lupita
  • 21 Oct 2021

news

Xi Jinping Ucapkan Selamat Atas Peringatan 100 Tahun Lahirny...

  • Lupita
  • 18 Oct 2021

news

Wow, China Investasikan Rp3,3 T untuk Tujuan Mulia

  • Visco Joostensz
  • 14 Oct 2021

news

Xi Jinping: Tiongkok akan Kembangkan Energi Terbarukan

  • Lupita
  • 13 Oct 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong