Baca dalam 6 menit

City Of The Week: 4 Makanan Lezat Khas Wuxi

Waktu Publish : 05 Nov 2021, 12:34 WIB
SHARE ARTIKEL

City Of The Week: 4 Makanan Yang Bisa Kamu Coba di Wuxi - Image from 百度

Wuxi, Bolong.id – Kota Wuxi (无锡), Provinsi Jingasu, Tiongkok, terkenal sebagai destinasi wisata. Kota seluas 4.628 km² ini punya aneka makanan khas yang lezat.

Dilansir dari wuxinews.com.cn pada (5/11/2021) Ada 4 makanan lezat di sana, yaitu:

1. Kepiting Taihu

Kepiting Taihu - Image from chinadaily.com.cn

Musim gugur adalah musim terbaik untuk makan kepiting segar dan kaya protein. Kepiting yang paling populer adalah kepiting China air tawar (freshwater Chinese mitten crabs with fur-covered claws).

Kepiting ini dilengkapi dengan cakar yang tertutup bulu. Kepiting ini juga dikenal sebagai kepiting berbulu. Menu ini juga menjadi salah satu makanan yang digemari, karena terdapat telur dan susunya yang lezat. Kepiting ini berada dalam kondisi terbaiknya di saat musim gugur.

Kepiting berbulu paling nikmat dimasak dengan cara dikukus, serta disajikan dengan semangkuk kecil jahe potong dadu dalam cuka Zhenjiang terbaik. Hal Ini adalah cara terbaik untuk menikmati manisnya kepiting.

Orang-orang di Wuxi juga menikmati kepiting Taihu, yang merupakan produk sampingan dari anggur khas Tiongkok.

Kepiting direndam dalam campuran anggur kuning dan putih khas Tiongkok yang dibumbui dengan daun bawang, jahe, serta bawang putih.

Koki lokal di Wuxi mengatakan bahwa yang terbaik adalah menyimpan kepiting selama beberapa minggu untuk dinikmati. Kepiting Taihu yang dimasak adalah salah satu menu favourit di kalangan pengunjung karena rasanya yang asin dan manis dengan rasa yang lembut.

Pada bulan Oktober, restoran terkenal Wuxi, Sanfengqiao, meluncurkan jenis baru kepiting. Sup kepiting Taihu, yang mencampur kepiting dengan anggur kuning Huadiao, kulit jeruk, lemon, dan prem kering. Hal ini juga akan menarik bagi pengunjung muda dan tua.

2. Kue Beras Hongshan, Tradisi Festival Musim Semi Wuxi

Kue Beras Hongshan - Image from 百度

Kue beras ketan adalah salah satu makanan penutup paling populer di kalangan penduduk di kota Hongshan, distrik Xinwu Wuxi.

Kue beras juga merupakan salah satu makanan yang dibutuhkan saat Festival Musim Semi di Wuxi. Nama dalam bahasa mandarinnya yaitu (nian gao年糕) adalah homofon untuk "tahun lebih tinggi" (年高), yang melambangkan peningkatan kemakmuran dan promosi dari tahun ke tahun.

Cara tradisional membuat kue beras untuk Tahun Baru Imlek. Hingga hari ini ibu masih ada di kota Hongshan.
Penduduk setempat yang terampil sering mencampur tepung ketan dengan jus gula merah dan mengukus campuran tersebut. Kemudian mereka menguleni campuran beras ketan panas dari kukusan dengan tangan dengan kain kasa basah untuk membuat kue beras yang halus.

Kue beras ketan yang dibuat di Hongshan biasanya berwarna cokelat dan berbentuk persegi panjang. Sering diberikan sebagai oleh-oleh, rasanya enak saat dikukus, digoreng, atau bahkan dimakan dingin.

Selama Festival Musim Semi, festival tertua dan terpenting di Tiongkok, orang-orang di Wuxi dan bahkan di selatan Tiongkok suka makan kue beras manis, sementara orang-orang dari Tiongkok utara sering makan jiao zi (pangsit).

3. Mashan Yangmei

Mashan Yangmei - Image from 百度

Mashan Yangmei adalah buah lokal khas yang tumbuh di kota Mashan, distrik Binhu, Wuxi, yang sangat populer di musim panas.

Yangmei, juga dikenal sebagai waxberry atau red berrynya yang berasal dari Asia Timur, terutama di Tiongkok tengah-selatan di mana ia telah tumbuh setidaknya selama 2000 tahun.

Berkat kondisi pertumbuhan kota yang ideal, Mashan Yangmei menonjol dari yang lain di wilayah Tiongkok karena ukurannya yang besar, inti yang kecil, dan rasa yang kaya.

Itu diberikan Indikasi Geografis produk-Agro oleh departemen pertanian negara itu Mei ini, yang akan membantu mempopulerkan buah lebih lanjut.

4. Huishan Yousu

Huishan Yousu - Image from chinadaily.com.cn

Huishan Yousu adalah camilan terkenal yang berasal dari Kota Kuno Huishan, Wuxi. Ini adalah kue setengah lingkaran yang terbuat dari minyak sayur, tepung, gula, dan buah.

Makanan memiliki sejarah lebih dari 600 tahun dan dikatakan telah ditemukan oleh para biksu di Kuil Buddha Zhufo di kaki Gunung Huishan sebagai cara untuk membayar kembali wisatawan dan peziarah yang mengunjungi situs tersebut.

Makanan penutup ini juga memiliki nama bergaya Buddha - pusar Empat Raja Surgawi, atau penjaga Buddha, karena bagian luarnya yang berwarna keemasan. Ini memiliki rasa yang manis dan asin serta aroma yang meresap, cocok untuk orang-orang dari segala usia.

Proses pembuatan Huishan Yousu membutuhkan keahlian dan kesabaran, kulit selendang terbuat dari tepung terigu, minyak sayur, gula, garam dan daun bawang, sedangkan isiannya adalah campuran potongan kulit jeruk merah dan hijau, daging kenari, gula, minyak, dan garam. Adonan kecil berbentuk bulat ditaburi dengan wijen putih sebelum dipanggang. Setelah beberapa menit, hidangan penutup yang lezat akan mulai terlihat menarik.

Hampir semua penduduk lokal Wuxi terkejut ketika mereka pertama kali mencicipi makanan penutup saat masih anak-anak. Saat ini, makanan ini wajib dicoba dan merupakan bagian integral dari sejarah kota. (*)

Terkait

culture

City Of The Week: Tokoh Legendaris dari Kunming

  • Djono W. Oesman
  • 30 Nov 2021

lifestyle

City Of The Week: Pesona Kota Tua Weifang di Shandong

  • Lupita
  • 28 Nov 2021

lifestyle

City Of The Week: 4 Wisata di Kota Weifang

  • Lupita
  • 28 Nov 2021

lifestyle

City of The Week: Sejarah Kota Weifang

  • Djono W. Oesman
  • 22 Nov 2021

lifestyle

City of The Week: 4 Tempat Wisata di Sanya, Cocok Buat Rilek...

  • Visco Joostensz
  • 21 Nov 2021

culture

City Of The Week: 4 Tokoh Legendaris dari Sanya

  • Djono W. Oesman
  • 17 Nov 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong