Baca dalam 7 menit

City of the week: 4 Museum Sejarah Kota Wuxi

Waktu Publish : 04 Nov 2021, 06:10 WIB
SHARE ARTIKEL

无锡 - Image from 百度

Wuxi, Bolong.id - Wuxi (无锡) kota industri di provinsi Jiangsu, Tiongkok. Kota seluas 4.628 km² itu memiliki berbagai destinasi wisata menarik untuk dikunjungi, salah satunya yaitu museum.

Dilansir dari wuxinews.com.cn pada (4/11/2021) Ada 4 lokasi museum yang menarik dan bisa dikunjungi selama berada di Wuxi, yaitu:


1. Museum Budaya dan Olimpiade Wuxi

Museum Budaya dan Olimpiade Wuxi - Image from chinadaily.com.cn

Alamat: Canal Park, distrik Liangxi, Wuxi, provinsi Jiangsu
Jam buka: 9:00-16:00 (tutup pada hari Senin)
Harga: Gratis

Tertunda selama satu tahun karena pandemi COVID-19 dan diadakan tanpa penonton, Olimpiade Tokyo 2020 berakhir pada 8 Agustus, menjadi kisah sukses yang membawa harapan bagi dunia.

Peran Wuxi dalam olimpiade tersebut adalah sebagai tempat untuk memperingati budaya Olimpiade dan He Zhenliang (何振梁). He Zhenliang (何振梁) adalah seorang tokoh dari Wuxi yang pernah menjabat sebagai wakil presiden Komite Olimpiade Internasional, serta ketua Budaya dan Pendidikan Olimpiade IOC

Museum yang memiliki luas 3.000 meter persegi tersebut di desain dengan sederhana, mewakili gaya Republik Tiongkok dari awal abad ke-20. Hal ini menyoroti karakteristik Wuxi sebagai kota industri dan komersial.

Pusat pameran museum dibagi menjadi dua bagian, aula utama dan aula tambahan. Aula utama meliputi dua lantai dan terutama berisi tentang kisah perjalanan hidup He Zhenliang (何振梁) dalam keterlibatannya di Olimpiade, serta berbagai koleksinya. Aula tambahan didalamnya mencakup selebriti Wuxi yang terkait dengan Olimpiade dan patung batu giok Olimpiade.

He Zhenliang (何振梁) terpilih menjadi anggota IOC pada tahun 1981. Pada tahun 1985, ia diangkat menjadi dewan eksekutif IOC dan kemudian menjabat selama tiga periode 5 tahun (1985-1989, 1994-1998, 1999-2003). Ia terpilih sebagai wakil presiden IOC pada 1989 dan menjabat satu periode (1989-1993).

Dia memainkan peran dalam pemenangan Beijing untuk Olimpiade Musim Panas 2008 dengan keterampilan bahasa dan kepribadiannya yang luar biasa.

2. Museum Harmonica

Museum Harmonica - Image from chinadaily.com.cn

Museum Harmonika Timur, sebuah museum rakyat yang terletak di kota Zhutang, Jiangyin, Wuxi. Museum yang memiliki luas 1.200 meter persegi, menampilkan lebih dari 3.200 harmonika dan lebih dari 2.000 buku, surat kabar, majalah, serta produk audio visual yang berhubungan dengan harmonika. Para pejabat setempat mengatakan itu adalah museum harmonika terbesar di dunia.

Di antara 3.200 pameran, lebih dari 150 dianggap oleh para ahli di lapangan sebagai contoh penting yang memetakan sejarah dan perkembangan harmonika sejak kelahirannya pada abad ke-19.
Sejumlah contoh langka yang dikumpulkan dari dalam dan luar negeri juga menunjukkan perbedaan antara harmonika dari berbagai negara selama periode yang berbeda.

Harmonica - Image from chinadaily.com.cn

Saat ini, ada sekitar 20 pabrik manufaktur harmonika dengan kapasitas produksi harmonika lengkap dan merek mereka sendiri di dunia, enam di antaranya berlokasi di Jiangyin.

Zhutang adalah kota yang memiliki pabrik harmonika terbanyak di dunia. Produksi harmonikanya menyumbang hampir 80 persen dari pasar global.

3. Museum Wuxi

Museum Wuxi - Image from chinadaily.com.cn

Lokasi: Zhongshu Road, Lapangan Taihu Selatan, Qingyang Road, Liangxi, Wuxi
Tiket: Gratis
Jam buka: 9:00 – 17:00, (Pengunjung terakhir 16:00)

Museum Wuxi adalah museum yang menampilkan sejarah dan seni lokal. Bangunan seluas 67.000 meter persegi yang mengesankan ini terletak di ujung selatan lapangan Taihu dan merupakan fasilitas budaya publik terbesar di Wuxi.

Didekat museum Wuxi, juga terdapat Museum Revolusi Wuxi, dan Museum Sains Wuxi. Area pamerannya memiliki luas kurang lebih 14.000 meter persegi.

Desain bangunannya sangat unik dan mencerminkan budaya perairan Wuxi dan jaringan kanal yang diperluas di bawah konsep "air dan batu".

Museum yang kaya akan lukisan dan kaligrafi dari dinasti Ming (1369-1644) dan Qing (1644-1911), Galeri Seni Wuxi Xu Beihong juga terdapat di museum ini. Dalam museum tersebut juga memamerkan lukisan otentik dari Xu Beihong.

Museum ini terbuka untuk umum tanpa dipungut biaya, kecuali pameran khusus dan pemutaran film. Untuk kunjungan bersama rombongan, harus melakukan pemesanan ke museum tiga hari sebelumnya. Pensiunan kader (dengan sertifikat pensiun) atau lansia yang berusia 70 tahun ke atas dan orang disabilitas akan diprioritaskan.

4. Museum Hongshan

Museum Hongshan, di Wuxi, dianggap sebagai tempat lahirnya budaya Wu dan memiliki kompleks makam dari Periode Musim Semi dan Musim Gugur (770-476 SM) dan Periode Negara-Negara Berperang (475-221 SM) di sepanjang bagian hilir Sungai Sungai Yangtze, yang merupakan salah satu dari 10 Penemuan Arkeologi Terbaik Tiongkok pada tahun 2004.

Museum Arkeologi Hongshan adalah Objek Wisata Nasional, di Jalan Feifeng No 200, distrik Xinwu. Museum ini memamerkan budaya Wu dan Yue di sepanjang Sungai Yangtze.

Koleksi reliknya, yang digali dari Kompleks Makam Hongshan, memiliki berbagai jenis dan bentuk dan karakteristik yang unik dari tiap daerah. Di museum itu juga dipajang ukiran giok mini, sistem pemakaman, dan musik khas dari daerah Wu dan Yue yang terjadi selama Periode Musim Semi dan Musim Gugur di Periode Negara-Negara Berperang.

Sejak dibuka pada bulan April 2008, museum ini telah mendapat banyak perhatian dan banyak turis dari seluruh Tiongkok dan luar negeri. Para pengunjung datang untuk melihat budaya dan sejarah menarik dari kota sejarah yaitu Wuxi. (*)

Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong