Baca dalam 7 menit

Mitologi China: 唇亡齿寒 Gigi Tidak Akan Bertahan Tanpa Bibir

Waktu Publish : 18 Nov 2021, 10:19 WIB
Sumber : 百度
SHARE ARTIKEL

Mitologi China: 唇亡齿寒 Gigi Tidak Akan Bertahan Tanpa Bibir - Image from 百度

Beijing, Bolong.id Mitologi Tiongkok yang diperkirakan muncul di periode awal Dinasti Jin Zhou (1066 SM - 221 SM) yaitu “唇亡齿寒 gigi tidak akan bertahan tanpa bibirhttps://bolong.id/eg/0721/berikut-cara-cara-agar-bibir-cerah-secara-alami”.

Dilansir dalam 百度 pada (18/11/2021) Dinasti Jin Zhou di awal Periode Musim Semi dan Musim Gugur. Terdapat saudara laki-laki Zhou Wang, di rumah paman paman Yu.

Jin memiliki dua negara kecil di selatan. Kedua negara ini dihubungkan oleh gunung dan sungai. Selain itu, didalamnya juga terdapat seorang pria bernama Yu, seorang raja bernama Guo. dan nenek moyang mereka bernama Ji, sehingga mereka hidup rukun selama beberapa generasi.

Namun, raja Guo adalah orang yang sombong, sering pergi ke perbatasan Jin untuk membuat masalah dan mengganggu Jin. Jin Xiangong merasa Guo adalah orang kepercayaannya, tetapi dia tidak pernah menemukan kesempatan untuk menyelesaikannya.

Suatu hari, Jin Xiangong bertanya kepada dokter Xun Xi : “Bisakah kita menyerang Guo sekarang?”

Xun Xi berkata, “Tidak sekarang. Sekarang hubungan Yu dan Guo sangat baik. Jika kita menyerang Guo, Yu pasti akan datang untuk membantu. Mereka kuat, aku tidak yakin kita akan menang.”

Xiangong berkata, “Menurutmu, aku harus melihat kita selalu diganggu oleh Guo.”

Xun Xi berkata, “Itu tidak benar. Guo suka bersenang-senang. Beri dia wanita cantik ini, biarkan dia mengabaikan urusan politik dan bersenang-senang, jadi kita bisa mengambil kesempatan untuk menyerang Guo."

Jin Xiangong melakukannya sesuai rencana. Guo melihat keindahan wanita cantik yang dikirim oleh Jin, dan dia benar-benar kecanduan. Melihat waktunya yang tepat, Jin Xiangong bersiap untuk mengumpulkan pasukan untuk menyerang Negara Bagian Guo.

Menteri Xun Xi juga menawarkan sebuah rencana dan berkata: "Mari kita serang Guo, dan yang terbaik adalah mencegah Yu menyelamatkannya. Yu Guojun adalah orang yang picik dan serakah untuk keuntungan kecil. Pasukan dapat mengiriminya batu giok dan harta lain yang tak ternilai harganya ke Dia, hal ini tidak akan gagal sebagai cara untuk menyerang Guo. Dengan cara ini, Guo akan curiga terhadap Yu Guo, dan Yu tidak akan membantu Guo."

Xian Gong berkata: "Kami baru saja mengirim wanita cantik ke Guo. Sekarang kita akan menyerangnya lagi, mengapa raja Yu mempercayai kita?"

Xun Xi berkata: "Ini mudah, Anda mengirim beberapa orang ke perbatasan utara Guo untuk membuat masalah, negara Guo pasti akan mengirim orang untuk menyalahkan kita, mari kita tidak mengakui, tidakkah kamu menemukan alasan perang melawan Guoguo?"

Jin Xiangong bertindak sesuai rencana, dan pejabat penjaga perbatasan Guo mengirim orang ke Xingshi untuk menanyakan tentang kejahatan itu.

Melihat langkah pertama berhasil, Jin Xiangong mengirim dokter Xun Xi ke negara Yu.

Xun Xi bertemu dengan Yu Guojun, dan pertama-tama mempersembahkan kuda seribu mil dan sepasang giok yang sangat berharga.

Raja Yu sangat serakah, dia tersenyum ketika melihat hadiah itu, bermain dengan giok di tangannya, dan menatap, karena takut Xun Xi harus kembali. Dia bertanya kepada Xun Xi: "Hal-hal ini adalah harta nasional negaramu, dan dunia tidak ada bandingannya. Bagaimana rajamu bersedia memberikannya kepadaku?"

Xun Xi berkata, "Raja selalu mengagumi namamu, dan aku benar-benar ingin berteman denganmu. Bo Li hanya sedikit hati. Ngomong-ngomong, aku mohon bantuanmu. Raja Guo telah berulang kali melanggar perbatasan kita. Kami berencana untuk menghukum mereka. Bisakah negaramu meminjam jalan dan biarkan kami lewat? Jika menang karena keberuntungan, semua yang disita akan diberikan kepada Anda. "

Pada saat ini, Dr. Yu Gongzhi berhenti dan berkata: "Ini sama sekali tidak mungkin. Hubungan antara Guo dan Yu seperti bibir dan gigi Seperti kata pepatah, "bibirnya mati dan giginya dingin." Jika Anda tidak memiliki bibir, gigi Anda tidak akan disimpan. Negara telah dihancurkan, bisakah kita masih bertahan di Kerajaan Yu?"

Yu Guojun berkata: "Kerajaan Jin bahkan memberiku harta yang sangat berharga. Kami bahkan tidak tahan untuk meminjamkannya. Itu terlalu tidak masuk akal dan Jin Negara sepuluh kali lebih kuat dari negara Guo. Bahkan jika kamu kehilangan Negara Guo memiliki negara Jin yang lebih kuat sebagai temanmu, apa yang tidak baik?”

Gong Zhiqi ingin membujuknya, tetapi Kerajaan Yu tidak bisa mendengarkan sama sekali. Tunggu Xun sebagai tamu terakhir. Mengantisipasi bahwa Negara Yu pasti akan binasa, Gong Zhiqi melarikan diri dari Negara Yu secara diam-diam bersama seluruh keluarganya.

Pada tahun ke-19 Raja Zhou Hui (658 SM), Jin Xiangong mengirim Li Ke dan Xun Xi untuk berperang melawan Negara Guo.

Guo akhirnya dihancurkan pada tahun ke-22 Raja Zhou Hui (655 SM).

Kerajaan Jin membagi beberapa harta dan keindahan yang telah dia tangkap kepada Raja Yu, dan kemudian Kerajaan Jin menempatkan pasukan di luar ibu kota Kerajaan Yu, mengatakan bahwa dia akan kembali setelah istirahat beberapa hari, tetapi Raja Yu tidak peduli.

Tiba-tiba, suatu hari orang-orang yang menjaga gerbang istana masuk dan melaporkan: “Tentara Kerajaan Jin telah tiba.” Yu Guojun baru saja terbangun seperti mimpi. Pada akhirnya, raja Negara Bagian Yu ditangkap, dan Negara Bagian Yu dihancurkan. (*)

Terkait

culture

Mitologi China: 女娲造人 Asal Usul Pembentukan Manusia

  • Djono W. Oesman
  • 02 Dec 2021

culture

Mitologi: 纸上谈兵 Bahas Seni Perang di Atas Kertas

  • Djono W. Oesman
  • 25 Nov 2021

culture

Mitologi: 鱼目混珠 Palsukan Mutiara dengan Mata Ikan

  • Djono W. Oesman
  • 25 Nov 2021

culture

Mitologi China: 掩耳盗铃 Menipu Diri Sendiri

  • Lupita
  • 17 Nov 2021

culture

Mitologi China: 望梅止渴 Menghilangkan Dahaga dengan Mem...

  • Visco Joostensz
  • 11 Nov 2021

culture

Mitologi China: 自食其果 Tanggung Risiko Perbuatan Buruk

  • Djono W. Oesman
  • 02 Nov 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong