Baca dalam 5 menit

Temuan Situs Budaya Yangshao di Taiyuan, Shanxi

Waktu Publish : 15 Nov 2021, 13:55 WIB
SHARE ARTIKEL

Penemuan Situs Budaya Yangshao - Gambar diambil dari Internet, jika ada keluhan hak cipta silakan hubungi kami.

Beijing, Bolong.id – Beberapa waktu lalu, Institut Peninggalan dan Arkeologi Budaya Taiyuan mengumumkan hasil temuan arkeologi terbaru. Di area Sekolah Bahan Energi Universitas Nasional Sains dan Teknologi Taiyuan, sebuah peninggalan periode Yangshao tengah dan akhir ditemukan dari hasil galian.

Penemuan paling berharga adalah "situs rumah pentagonal", yang merupakan peninggalan Neolitik paling awal di Taiyuan.

Dilansir dari 山西日报 pada Senin (15/11/21), situs ini terletak 900 meter barat daya Desa Zhencheng, Kotapraja Baiban, Distrik Jiancaoping, Kota Taiyuan. Itu terletak di kipas aluvial di dekat Gunung Changliangbei. Area tingginya di barat laut dan rendah di tenggara. Ketinggiannya adalah 860 meter. 1,6 km dari sungai.

Dipaparkan, dari Mei hingga Juli tahun ini, di lokasi itu digali, karena ada proyek pembangunan. Setelah ditemukan benda arkeologi, penggalian ditingkatkan.

Hasil penggalian arkeologi, total 98 lubang abu, 11 tungku tembikar, 2 situs rumah, dan 6 makam Ming dan Qing digali di situs tersebut. Sejumlah besar potongan tembikar, perkakas batu, perkakas tulang, dan tulang binatang digaliditemukan.

Di antara mereka, potongan tembikar terutama tembikar merah tanah liat dan tembikar abu-abu berisi pasir. Hanya satu potong tembikar putih. Tembikar merah sebagian besar polos, dan beberapa memiliki warna hitam.

Saat ini, artefak restorasi termasuk guci tembikar yang dicat, mangkuk polos tembikar merah, mangkuk tembikar abu-abu, pot tembikar abu-abu, tempat tembikar putih, dll. Peralatan batu termasuk pisau batu lubang tunggal dan kapak batu. Tulang hewan terutama termasuk anjing, babi, rusa, dll.

Dalam penggalian arkeologi ini, penemuan yang paling berharga adalah "situs rumah segi lima". Meski luasnya tidak besar, tata ruang dalam rumah ini menunjukkan "spesifikasi" tertentu. Permukaan sinter abu-abu, tekstur keras.

Di bagian tanah terdapat tiga baris lubang kolom yang tersusun teratur di bagian utara, tengah, dan selatan, yang seharusnya menjadi tempat berdirinya tiang-tiang kayu bangunan dulu. Ada juga lubang tungku berbentuk lingkaran dengan diameter sekitar 1 meter dan kedalaman 0,5 meter.

Dinding lubang tungku terbuat dari tanah keras yang terbakar merah. Ada 6 lubang di sekitar dinding, pada dasarnya dipasangkan satu sama lain. Lubang dinding berdiameter 10cm-12cm dan kedalaman 7cm. -10cm. Tanah penimbunan di lubang tungku berwarna putih keabu-abuan, diduga abu tanaman, bercampur dengan partikel tanah yang terbakar merah, dan potongan tembikar merah digali.

Terdapat cerobong asap berdiameter 30cm di sebelah tenggara lubang kompor, dan bagian bawah lubang kompor dihubungkan dengan cerobong asap. Dinding cerobong terbuat dari tanah yang terbakar merah, dan bagian dalamnya diisi dengan tanah abu-abu-coklat. Potongan tembikar merah digali. Bentuk yang dapat dikenali adalah mangkuk tembikar merah dan botol dengan dasar yang tajam, pot tembikar abu-abu lengkap digali di dekat lubang kompor di cerobong asap.

Pei Jingrong, wakil direktur Institut Peninggalan Budaya dan Arkeologi Taiyuan, mengatakan bahwa situs tersebut memiliki satu wajah budaya, terutama sisa-sisa periode Yangshao tengah dan akhir. Peninggalan yang ditemukan di daerah ini sebagian besar adalah lubang abu, dan jumlah rumah dan tempat pembakaran sedikit.

Secara komprehensif dinilai bahwa kawasan ini hanya merupakan bagian dari pemukiman prasejarah ini. Ini adalah situs budaya Yangshao langka yang saat ini digali di daerah Taiyuan. Pandangan budaya pada masa itu, konstruksi rangkaian budaya prasejarah di wilayah tersebut, dan diskusi tentang pertukaran budaya prasejarah di Taiyuan dan sekitarnya merupakan nilai akademis yang penting. (*)

Terkait

business

Forum Merek China 2021 Diadakan di Beijing

  • Djono W. Oesman
  • 03 Dec 2021

culture

SEJARAH: 1997 Kota Kuno Pingyao Masuk Dalam Daftar Warisan B...

  • Lupita
  • 03 Dec 2021

news

Jembatan KA Cepat Lintas Laut Pertama China Selesai Dibangun

  • Djono W. Oesman
  • 03 Dec 2021

news

China Bentuk Pendidikan Bermutu dan Seimbang di Semua Kabupa...

  • Djono W. Oesman
  • 03 Dec 2021

news

Olimpiade-Paralimpiade Musim Dingin Beijing 2022, Siap

  • Djono W. Oesman
  • 03 Dec 2021

news

Rumah Sakit Rakyat Universitas Peking di Distrik Tongzhou Di...

  • Edwin Adriaansz
  • 03 Dec 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong