Baca dalam 4 menit

Tiga Jenis Buah dari Taiwan Dilarang Masuk China

Waktu Publish : 05 Nov 2021, 13:16 WIB
SHARE ARTIKEL

Tiga jenis buah dilarang masuk ke Tiongkok, Taiwan angkat kekhawatiran perdagangan di WTO - Image from epochtimes.com

Beijing, Bolong.id - Tiga jenis buah dari Taiwan, nanas, apel custard dan kabut teratai, dilarang masuk ke Tiongkok, Pihak Taiwan pun protes ke World Trade Organization (WTO).

Dilansir dari epochtimes.com pada (05/11/2021), pengumuman oleh Komite Pertanian Taiwan pada Kamis (4 November 2021), Taiwan menyatakan kekhawatiran ke WTO atas larangan tersebut.

Hubungan Taiwan - Tiongkok Daratan kini pada titik terendah dalam beberapa dekade. Taiwan mengangkat masalah ini pada awal September 2021 dan mengajukan gugatan ke WTO pada pertengahan Oktober 2021.

Menurut sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh Komite Pertanian Taiwan pada hari Kamis (4/11/2021), Duta Besar Luo Changfa dari delegasi Taiwan untuk WTO mengangkat keprihatinan perdagangan khusus pada pertemuan reguler ke-81 dari Inspeksi Keamanan Pangan WTO.

Pihak Komite Tindakan Karantina Hewan dan Tumbuhan (Komite SPS) pada ke-4, meminta Tiongkok meninjau Perjanjian SPS WTO dan standar internasional yang relevan, agar impor tiga buah segar dari Taiwan dilanjutkan.

Setelah Tiongkok menangguhkan impor nanas Taiwan pada bulan Maret, pada 19 September, Tiongkok memberi tahu Taiwan bahwa apel custard dan kabut teratai telah berulang kali mendeteksi serangga skala biologis yang berbahaya, dan menangguhkan impor ketiga jenis buah ini dari Taiwan.

Dewan Pertanian Taiwan meminta Beijing untuk memberikan bukti, jika tidak maka akan diajukan ke mekanisme arbitrase WTO, tetapi pihak China tidak menanggapi.

Pernyataan dari Dewan Pertanian pada hari Kamis menyatakan bahwa Taiwan telah menerapkan tahap kedua dari penguatan manajemen sumber dan tindakan karantina ekspor setelah secara tidak langsung menerima laporan ketidaksesuaian Tiongkok dari Maret hingga April 2020; dan pihak China mengatakan bahwa custard yang diimpor apel dan kabut teratai dari Taiwan Tiga jenis serangga atau jamur, seperti serangga skala tepung Pasifik gluteal, telah ditemukan di Tiongkok, dan serangga ini juga terjadi di Tiongkok.

Pernyataan itu juga mengatakan bahwa, merujuk pada praktik negara lain, ketika cacing ditemukan dalam buah-buahan impor, dapat dibersihkan setelah perawatan karantina, dan Tiongkok tidak perlu menghentikan perdagangan.

Dilaporkan bahwa custard apple dan lotus mist Taiwan dapat langsung diekspor ke Hong Kong dan Malaysia tanpa karantina.Nanas beku dan custard apple dapat dijual ke Jepang.

Oleh karena itu, Taiwan mensyaratkan dalam WTO, "Tiongkok harus segera menghapus kontrol impor yang relevan." Kekhawatiran perdagangan khusus Taiwan yang diangkat oleh Komite WTO pada hari Kamis hanyalah langkah pertama, dan pengaduan semacam itu dapat menjadi penuntutan sengketa WTO formal.

Reuters mengutip sebuah sumber pada hari Kamis yang mengatakan bahwa dalam pertemuan tertutup WTO, Taiwan menyatakan bahwa ketika hama terjadi, prosedur tipikal adalah pengasapan dan karantina, daripada menangguhkan semua impor produk karena sebagian kecil darinya terinfeksi.

Sumber tersebut menambahkan bahwa perwakilan dari Tiongkok daratan menanggapi bahwa mereka sering menemukan hama pada buah-buahan Taiwan dan menyatakan bahwa ini merupakan ancaman bagi pertanian daratan.

Seorang juru bicara WTO tidak segera menanggapi permintaan email untuk mengomentari masalah tersebut. Kementerian Perdagangan Partai Komunis China tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Beijing baru-baru ini semakin menggunakan tekanan politik dan militernya untuk menekan Taiwan. (*)

Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong