China Pimpin Dunia dalam Koneksi IoT

21 January 2023, 14:26 WIB

China Pimpin Dunia dalam Koneksi IoT-Image-1
Orang-orang mengunjungi Pameran Internet of Things (IoT) Dunia 2022 yang diadakan di Wuxi, provinsi Jiangsu, Tiongkok Timur, 25 November.- China Daily

Beijing, Bolong.id - Koneksi mobile internet of things (IoT) di Tiongkok tercatat 1,84 miliar pada 2022. Tiongkok jadi negara pertama di dunia pengguna "koneksi IoT melebihi pengguna seluler", kata Tian Yulong, Chief Engineer di Kementerian Industri dan Teknologi Informasi Tiongkok, Rabu (18/1/2023).

Dilansir dari China Daily (19/01/2023) Koneksi IoT seluler Tiongkok menyumbang 70 persen dari total dunia dan telah mencakup 45 kategori utama ekonomi nasional negara itu, kata Zhao Zhiguo, juru bicara Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi.

"Koneksi IoT melebihi pengguna seluler" menandakan bahwa jaringan seluler telah berkembang untuk melayani ribuan industri lebih dari sekadar melayani orang dan konsumsi informasi seperti di masa lalu, kata Yu Xiaohui, direktur Akademi Teknologi Informasi dan Komunikasi Tiongkok.

Yu menambahkan, "koneksi IoT melebihi pengguna seluler" menandai bahwa Tiongkok memimpin dalam pengembangan ekologi IoT seluler global. Skala koneksi dan tingkat dalam hal "koneksi IoT melebihi pengguna seluler" jauh lebih tinggi daripada di negara-negara maju utama termasuk AS, Jepang, Korea Selatan, dan Jerman.

Sejak 2015, Tiongkok telah menjadi kontributor inovatif utama dalam NB-IoT, LTE-Cat1, dan 5G. Selain itu, pengiriman chip, modul, dan produk terminal untuk IoT seluler telah menjadi yang terdepan di dunia, kata Yu.

Pengembangan mobile Internet of Things memberikan konektivitas yang lebih kuat dan skala yang lebih besar untuk digitalisasi industri dan tata kelola digital, serta menjadikan data bernilai lebih besar, tambah Yu.

Sebagai infrastruktur penting IoT, 2,31 juta BTS 5G telah didirikan di Tiongkok dan memiliki kemampuan untuk menghubungkan lebih dari 500 juta rumah tangga dengan jaringan optik gigabit, kata Zhao Zhiguo.(*)

Informasi Seputar Tiongkok

<<