Lama Baca5 Menit

China Port Visas Dikeluarkan di Pelabuhan Masuk

23 January 2023, 16:31 WIB

China Port Visas Dikeluarkan di Pelabuhan Masuk-Image-1
Ilustrasi foto Visa China. Sumber: NH Global Partners

Beijing, Bolong.Id - Orang asing bisa mengajukan visa pendaratan setelah tiba di pelabuhan masuk Tiongkok tertentu. Kecuali, warga negara AS dan Prancis.

Dilansir dari China Highlights, berikut adalah penjelasan China Port Visas.

Cara Kerja Visa Pendaratan

Visa pendaratan tersedia di pelabuhan di Shenzhen, Zhuhai dan Hainan, namun tidak ada jaminan bahwa visa pendaratan akan dikeluarkan untuk setiap turis. 

Dianjurkan untuk mendapatkan visa di Kedutaan Besar Tiongkok di negara asal, sebelum keberangkatan.

Jumlah hari yang diperbolehkan di kota bervariasi antara pelabuhan masuk, seperti halnya biaya dan kondisi. Zhuhai mengizinkan tiga hari di kota tetapi Shenzhen dan Hainan lebih fleksibel dengan tinggal hingga tiga bulan menggabungkan kota-kota lain.

Turis dari Amerika dan Prancis tidak diberikan visa pendaratan. Biaya visa hanya akan dibebankan dalam Yuan, cash on the spot. Turis Inggris diharapkan membayar hampir dua kali lipat untuk visa.


Port yang Valid

Orang asing, baik secara individu maupun kelompok, yang memegang visa yang dikeluarkan oleh administrasi visa pelabuhan, diizinkan masuk ke Tiongkok dari semua pelabuhan terbuka di Tiongkok.

Pelabuhan masuk Tiongkok yang menawarkan visa pelabuhan termasuk Beijing, Chengdu, Chongqing, Dalian, Fuzhou, Guangzhou, Guilin, Haikou, Hangzhou, Heihe, Jinan, Kunming, Machuria, Nanjing, Qingdao, Sanya, Shanghai, Shenyang, Shenzhen, Suifenhe, Tianjin, Wuhan, Xiamen, Xi'an, Weihai, Yantai, dan Zhuhai.


Siapa yang Bisa Mengajukan?

- Orang asing yang diundang dalam waktu singkat untuk menghadiri pameran perdagangan oleh tuan rumah Tiongkok mereka.

- Orang asing yang diundang ke Tiongkok untuk mengajukan tender atau menandatangani kontrak ekonomi dan komersial.

- Orang asing yang datang ke Tiongkok di bawah kontrak untuk pengawasan pengapalan ekspor, pemeriksaan komoditas impor, atau pemeriksaan barang pada saat penyelesaian kontrak.

- Orang asing yang diundang untuk instalasi darurat/perbaikan peralatan atau proyek teknik. Orang asing yang diundang untuk menyelesaikan masalah klaim atas permintaan tuan rumah Tiongkok.

- Orang asing yang diundang ke Tiongkok untuk memberikan layanan konsultasi teknis.

- Orang asing yang memiliki perubahan status visa pada menit-menit terakhir setelah visa mereka diberikan, dengan persetujuan dari otoritas Tiongkok yang memimpin.

- Orang asing yang datang ke Tiongkok untuk mengunjungi pasien yang sakit parah atau menangani masalah pemakaman.

- Orang asing yang tidak dapat meninggalkan Tiongkok melalui udara dalam waktu 24 jam karena force majeure dan yang perlu menggunakan alat transportasi lain.

- Orang asing yang diundang, yang tidak punya waktu untuk mengajukan visa dari otoritas visa luar negeri Tiongkok, dan memegang surat dari otoritas yang ditunjuk yang menyetujui aplikasi visa di pelabuhan masuk.


Dokumen yang Diperlukan:

1. Paspor yang sah.
2. Aplikasi Visa atau Izin Tinggal yang telah selesai.
3. Baru-baru ini diambil foto 45x35 mm, tidak buram, dengan wajah penuh.
4. Surat undangan dan dokumen pendukung tentang masuk mendesak ke Tiongkok, ditulis oleh organisasi / individu pengundang kompeten yang relevan.

Administrasi Port Visa akan mengeluarkan visa pelabuhan dengan masa masuk tidak lebih dari 5 hari untuk individu dan 15 hari untuk kelompok, dan masa tinggal tidak lebih dari 30 hari.

Namun, ada juga untuk perjalanan zona khusus. Administrasi visa pelabuhan di Shenzhen, Zhuhai, dan Xiamen dapat menerbitkan Visa Perjalanan Zona Khusus dengan masa berlaku 3 sampai 5 hari. Orang Asing pemegang Visa Perjalanan Zona Khusus tidak diperbolehkan keluar dari wilayah administrasi pelabuhan masuk.

Bagi Visa Perjalanan Zona Ekonomi Khusus Shenzhen hanya berlaku untuk sekali masuk, dan masa tinggal di Shenzhen selama 5 hari (dihitung sejak tanggal penerbitan). Pemegang tidak diizinkan meninggalkan Shenzhen ke tempat lain di China.(*)

<<