Lama Baca3 Menit

Lampion dalam Rumah versi Fengshui

14 January 2023, 12:11 WIB

Lampion dalam Rumah versi Fengshui-Image-1
Gambar hiasan lampion menggantung menghiasi Tahun Baru Imlek.

Beijing, Bolong.id - Tahun Baru Imlek identik dengan lampion. Digantung di tempat terbuka dan di dalam ruangan. Bagaimana versi fengshui?

Dilansir dari 第一星座网, menurut fengshui, lampion di rumah tidak boleh digantung sesuka hati. Berikut deksripsinya:

1. Simetris, digantung ke selatan bukan ke utara
Saat menggantung lampion di rumah, harus simetris, dan tinggi gantung serta jarak lampion harus dalam keadaan imbang. 

Mengesampingkan fengshui, asimetri tidak menyenangkan secara estetika. 

Lampion merah yang digantung umumnya perlu digantung di selatan, timur atau barat, tetapi dilarang digantung di utara, karena air di utara akan merusak keberuntungan, yang merupakan implikasi sial. 

Apalagi rumah-rumah saat ini pada dasarnya menghadap ke selatan, begitu memasuki musim dingin, cuaca akan sangat mendung. Gantungkan lentera di kedua sisi gerbang yang menghadap ke selatan, dapat berperan dalam mengisi kembali Yang.

2. Harus berjumlah bilangan genap
Sejak dahulu kala, ada pepatah yang mengatakan bahwa hal-hal baik datang berpasangan. Oleh karena itu, menggantung lampion saat tahun baru juga harus memperhatikan jumlah lampion.

Entah itu lampion yang digantung di pintu gerbang atau lampion yang digantung di balkon, itu harus dihitung dengan bilangan genap. Beberapa orang tua mengatakan bahwa jika hanya beberapa lampion yang ditempatkan, itu akan mempengaruhi perasaan anggota keluarga. 

Lentera merah harus digantung di kedua sisi gerbang, jika digantung di tengah akan menghalangi bukaan udara, yang tidak kondusif bagi aliran kekayaan ke dalam rumah, dan juga mencegah keluarnya roh jahat. 

Posisi gantung tidak boleh terlalu rendah untuk mempengaruhi pandangan dan lalu lintas. Jika pintunya relatif besar, 

Anda bisa memilih lampion yang relatif besar, sedangkan untuk tinggi lampion bisa digantung di bagian atas pintu, dan tidak boleh terlalu rendah.

3. Buang lampion setelah Tahun Baru Imlek
Penting juga untuk memilih waktu yang tepat untuk menggantung lampion Tahun Baru. 

Biasanya, disarankan untuk menggantung lampion pada hari ke-30 Tahun Baru, dan lampion tidak boleh digantung sepanjang waktu setelah Festival Lampion, dan lampion harus dimusnahkan setelah tanggal 15 bulan pertama. 

Pada zaman dulu, lilin dinyalakan di dalam lampion dan setelah hari ke-15 di bulan pertama, kedua lampion akan bertabrakan dan dihancurkan. 

Sekarang ini, semua lampion sudah menggunakan listrik, jadi tidak perlu menyentuh lampion, asalkan lampion tersebut dimasukkan ke dalam kantong yang bersih dan kemudian dibuang. (*)

<<