Peneliti China Uji Lab Teliti Jilatan Sinar Matahari

27 January 2023, 12:28 WIB

Peneliti China Uji Lab Teliti Jilatan Sinar Matahari-Image-1
Ilustrasi penelitian Tiongkok

Beijing, Bolong.id - Peneliti Tiongkok membikin rekoneksi magnetik bergolak oleh laser di laboratorium. Itu untuk mempelajari jilatan api matahari.

Dilansir dari 人民网, Rabu (11/01/23), sebuah makalah menyebutkan, itu mereproduksi jilatan api matahari. Makalah diterbitkan di Nature Physics, jurnal internasional tentang fisika.

Suar matahari adalah pelepasan energi yang intens dan tiba-tiba, yang terjadi di atmosfer matahari. Suar matahari secara serius mempengaruhi lingkungan luar angkasa matahari dan bumi, dan bahkan kehidupan manusia.

"Rekoneksi magnetik turbulen diyakini terjadi pada plasma astrofisika, dan diduga menjadi pemicu jilatan api matahari," baca abstrak makalah.

Karena kondisi dalam percobaan laboratorium dapat diskalakan dengan plasma astrofisika, hasilnya berlaku untuk studi jilatan api matahari, tambah abstrak tersebut.

Demonstrasi dilakukan dengan bantuan fasilitas laser berdaya tinggi Shenguang-II di laboratorium nasional yang berbasis di Shanghai.

“Dengan menggunakan sistem laser berenergi tinggi yang disediakan oleh laboratorium nasional, para ilmuwan dapat memperoleh kondisi percobaan fisik yang ekstrem di laboratorium dan mensimulasikan berbagai fenomena astrofisika dengan kepadatan energi tinggi,” kata Zhong Jiayong, penulis koresponden makalah dan a profesor di departemen astronomi Universitas Normal Beijing.

Metode tersebut dapat memverifikasi model teoretis pengamatan astronomi dan menawarkan solusi untuk mengungkap proses fisik baru, kata Zhong. (*)