Lama Baca5 Menit

Resep Kerang Kering Saus XO Khas Hong Kong

25 January 2023, 10:18 WIB

Resep Kerang Kering Saus XO Khas Hong Kong-Image-1
Resep Kerang Kering Saus Khas Hong Kong yang Mewah

Jakarta, Bolong.Id - Saus XO penyedap masakan kelas atas Kantonis diciptakan di Hong Kong tahun 1980-an. Dengan saus itu, masakan jadi khas Hong Kong. 

Dilansir dari SCMP, tapi sesusai namanya, tidak terkait dengan minuman keras cognac XO. Ini khusus masakan, termasuk untuk kerang kering saus Hong Kong.

Berikut resep dan cara masaknya.

Bahan:

- 500g (18 ons) kerang kering
- 300g (10½ ons) bawang merah, kupas
- 12 siung bawang putih besar, kupas
- 6-8, atau lebih sesuai selera cabai rawit merah
- 75g (2¾ ons) Ham kering China (opsional)
- 100g (3½ ons) udang kering kecil
- sekitar 10g (⅓ ons) serpihan cabai halus
- 60ml (¼cangkir) kecap ikan atau kecap
- 1 sdm timbunan telur udang kering (opsional)
- 1 liter (4 cangkir), ditambah lagi sesuai kebutuhan minyak kanola atau jagung


Cara Membuat:

1. Bilas kerang kering sebentar di bawah air mengalir. Jika menggunakan panci presto, masukkan scallop ke dalam panci dan tambahkan 180ml (¾ gelas) air. 

Panaskan panci presto hingga tekanan maksimum dan masak selama 15 menit. Matikan api dan dinginkan panci presto hingga dapat dibuka dengan aman.

2. Buka tutupnya dan ambil sepertiga dari kerang dan masukkan ke dalam mangkuk pengolah makanan yang dilengkapi dengan sambungan pisau adonan plastik; segera tutupi sisa scallop di dalam kompor dengan tutupnya, untuk mempertahankan panasnya. 

Hancurkan food processor sampai kerang tercabik-cabik halus, lalu masukkan ke dalam mangkuk. Proses sisa scallop dalam dua batch lagi dengan cara yang sama.

Catatan:  Jika kerang menjadi dingin dan keras, masukkan kembali ke dalam panci presto dengan sedikit air lagi dan masak lagi untuk melembutkannya sebelum disuwir.

3. Jika Anda tidak memiliki panci presto atau pengolah makanan dengan sambungan bilah adonan, bilas kerang dan masukkan ke dalam mangkuk tahan panas dengan 180ml (¾ gelas) air. 

Tempatkan mangkuk di steamer bertingkat (atau di wajan dengan rak berkaki rendah). Pasang tutup pengukus (atau wajan) dan kukus di atas api besar selama sekitar satu jam, sering-seringlah memeriksa untuk memastikan ada cukup air di bagian bawah pengukus.

4. Setelah satu jam, keluarkan sebagian kerang (biarkan sisanya terus menguap) dan masukkan ke dalam lesung, lalu tumbuk dengan alu sampai tercabik-cabik halus. 

Jika kerang menjadi keras saat ditumbuk, masukkan kembali ke dalam kukusan untuk dipanaskan kembali. Tumbuk semua scallop dengan cara yang sama.

5. Cincang halus bawang merah dan bawang putih. Cincang cabai rawit, jika toleransi bumbu Anda rendah, buang dan buang bijinya saat Anda memotong cabai. Potong ham kering (jika menggunakan) menjadi kubus kecil.

6. Masukkan kerang kering, bawang merah, bawang putih, cabai segar, ham, dan udang ke dalam wajan (atau panci besar) dan campurkan dalam 1 liter (4 cangkir) minyak. 

Tempatkan wajan di atas api sedang-kecil, lalu tambahkan serpihan cabai, ikan atau kecap, dan telur udang (jika menggunakan). 

Campurannya harus kental dan berminyak, jika terlihat kering, tambahkan lebih banyak minyak. Panaskan bahan sampai mulai mendesis, sering diaduk. 

Kecilkan api serendah mungkin dan masak, sering diaduk, setidaknya selama tiga jam. Campuran harus mendesis dengan sangat lembut, bukan menggoreng. 

Jika perlu, gunakan penyebar panas untuk meredakan panas kompor. Saat sudah siap, saus XO akan menjadi gelap, kaya, dan berminyak.

7. Biarkan saus XO mendingin hingga suhu kamar. Saat saus XO mendingin, cuci stoples atau wadah besar dan bilas dengan air yang sangat panas sebelum dibiarkan mengering. 

Masukkan saus XO ke dalam stoples, tekan padatan. Padatan harus terendam dalam minyak sekitar 1cm (7/16 inch). 

Jika perlu, tambahkan lebih banyak minyak. Simpan di lemari es, dan tuang ke dalam stoples yang lebih kecil bila diperlukan. 

Selama padatan tetap terendam dalam minyak, saus XO dapat disimpan selama beberapa bulan di lemari es.(*)

<<