Peneliti Hong Kong Temukan Ubur Ubur Jenis Baru

20 April 2023, 14:57 WIB

Peneliti Hong Kong Temukan Ubur Ubur Jenis Baru-Image-1
Ubur-ubur kotak

Hong Kong, Bolong.id - Ilmuwan Hong Kong menemukan spesies baru ubur ubur kotak di Cagar Alam Mai Po di Hong Kong, kata pihak Universitas Baptis Hong Kong (HKBU), Selasa (18/4).

Dilansir dari 人民网 Rabu (19/04/23), itu adalah penemuan pertama spesies ubur-ubur kotak baru dari perairan Tiongkok.

Sebuah makalah yang menjelaskan spesies baru tersebut diterbitkan dalam jurnal akademik internasional Zoological Studies pada bulan Maret.

Spesies ubur-ubur baru itu diberi nama Tripedalia maipoensis, atau Mai Po Tripedalia, oleh tim peneliti yang dipimpin oleh Qiu Jianwen, profesor dari Departemen Biologi HKBU.

Menurut Qiu, spesies baru itu diberi nama untuk mencerminkan lokalitas jenisnya, di mana spesies baru itu pertama kali ditemukan.

Dari tahun 2020 hingga musim panas 2022, tim peneliti mengumpulkan sampel ubur-ubur dari tambak udang payau di Cagar Alam Mai Po, dan menemukan bahwa sampel tersebut mengandung spesies baru.

Peneliti Hong Kong Temukan Ubur Ubur Jenis Baru-Image-2
Ubur-ubur kotak

“Meskipun spesies baru saat ini hanya diketahui di Mai Po, kami percaya bahwa itu juga didistribusikan di perairan yang berdekatan dari Muara Sungai Mutiara (di provinsi Guangdong Tiongkok selatan), karena tambak udang payau terhubung ke muara melalui pasang surut.  saluran," kata Qiu.

Ubur-ubur kotak adalah kelompok kecil dengan hanya 49 spesies yang dilaporkan di seluruh dunia, dan bahkan kurang dikenal di perairan laut Tiongkok, kata Qiu.

"Penemuan kami atas Tripedalia maipoensis di Mai Po, yang merupakan area yang relatif dipelajari dengan baik di Hong Kong, menyoroti kekayaan keanekaragaman kehidupan laut di Hong Kong dan bahkan seluruh Tiongkok," kata Qiu.

Spesies baru, seperti kebanyakan spesies ubur-ubur kotak lainnya, memiliki tubuh transparan, tidak berwarna, dan tiga tentakel di masing-masing keempat sudutnya.  Struktur berbentuk pedal datar di dasar setiap tentakel yang terlihat seperti dayung perahu, memungkinkan ubur-ubur kotak menghasilkan dorongan yang kuat saat berkontraksi, sehingga membuat mereka berenang lebih cepat daripada jenis ubur-ubur lainnya.

Dinamakan karena tubuhnya yang berbentuk kubus, ubur-ubur kotak, atau secara ilmiah dikenal sebagai kelas Cubozoa, termasuk beberapa hewan laut berbisa yang dikenal luas di perairan tropis.

Tripedalia maipoensis yang baru ditemukan milik keluarga Tripedaliidae dari kelas Cubozoa dan merupakan spesies Tripedaliidae keempat yang dideskripsikan di seluruh dunia. (*)