Baca dalam 3 menit

China-CEEC Sepakati Daftar Kerja Sama 2021

Waktu Publish : 13 Feb 2021, 15:11 WIB
Sumber : Xinhuanet
SHARE ARTIKEL

China-Central and Eastern European Countries (CEEC) Summit - Image from Xinhua

Beijing, Bolong.id - Peserta China-CEEC Summit telah merumuskan skema Kerja Sama 2021 antara China dan CEEC serta dokumen Daftar Kegiatan CEEC Beijing yang mencakup bidang-bidang utama seperti perdagangan dan investasi, kesehatan, teknologi, energi, budaya, pembangunan hijau, dan pendidikan.

Dilansir dari Xinhuanet (9/2/2021), dokumen kegiatan dan kerja sama ini diformulasikan untuk mempromosikan pengembangan kerja sama yang berkelanjutan dan stabil antara Tiongkok dan Negara-negara Eropa Tengah dan Timur (CEEC).

Dalam pertemuan virtual tersebut, para peserta menyatakan sepakat untuk melanjutkan koordinasi dengan mengadakan lebih banyak rapat kerja di berbagai tingkatan untuk melakukan konsultasi mengenai prosedur perluasan kerjasama China-CEEC dan isu-isu terkait lainnya.

Pada bidang perdagangan dan investasi, mereka mendukung pertukaran yang lebih relevan pada tahun 2021, termasuk penyelenggaraan Konferensi Tingkat Menteri China-CEEC ke-4 tentang Promosi Ekonomi dan Perdagangan, Pameran China-CEEC ke-2 di Ningbo, Tiongkok, Pameran Impor Internasional Tiongkok ke-4, serta Pameran Tekstil China-CEEC di Rumania.

Mengenai kerjasama kesehatan, mereka setuju untuk mengadakan pertemuan antara menteri kesehatan dan ahli dari Tiongkok dan negara-negara Eropa Tengah dan Timur tersebut, dan kegiatan lainnya secara fleksibel.

Terkait bidang sains dan teknologi, mereka mendukung China dalam menyelenggarakan China-CEEC Conference on Innovation Cooperation ke-5 tahun ini. Beberapa peserta yang tertarik juga akan menjajaki kemungkinan pertukaran bakat muda dan pembangunan bersama kota pintar.

Selain itu, para peserta juga menetapkan tahun 2021 sebagai Tahun Pembangunan Hijau dan Perlindungan Lingkungan Kerja Sama China-CEE, dan setuju untuk melakukan upaya aktif demi meningkatnya pembangunan hijau.

Dokumen daftar kegiatan tersebut pun menyebutkan kerja sama perdagangan pertanian dan kehutanan antara Cina dan negara-negara CEE juga akan menjadi fokus sepanjang tahun.

Berkenaan dengan daftar ini, mereka setuju untuk memperkuat kerja sama di bidang pariwisata dan meningkatkan pertukaran antara perpustakaan, penerbit, produser film, jurnalis, dan lembaga pemikir di China dan negara-negara CEE. Lebih lanjut, disebutkan bahwa pertukaran personil memang akan memainkan peran yang besar mengingat seluruh peserta mendukung penyelenggaraan Forum Pakar Perlindungan Warisan Budaya Tak-Benda di Republik Hellenic (Yunani) dan Forum Kerjasama Seni di Republik Serbia.

Sejalan dengan ini, pendidikan, olahraga, pemuda dan kerja sama lokal kemudian dicantumkan sebagai bidang yang akan mengalami pertukaran dan kerja sama yang lebih intensif di tahun 2021. Untuk mendukungnya, akan diadakan konsultasi tentang kebijakan pendidikan dan pembentukan bersama Mekanisme Koordinasi Olahraga China-CEEC dan forum pertemuan walikota China-CEEC di tahun 2021.

Adapun karena ketidakpastian situasi pandemi pada tahun 2021, partisipasi peserta dalam program China-CEEC tidak diwajibkan secara fisik namun dapat dilaksanakan secara daring sesuai dengan kesediaan masing-masing. (*)

Alifa Asnia/Penerjemah

Esy Gracia/Penulis


Terkait

news

Indeks Perdagangan China-CEEC Dirilis Untuk Pertama Kalinya

  • Lupita
  • 08 Jun 2021

news

Xi Jinping Tekankan Kerjasama Pembangunan Hijau Dengan CEEC

  • Esy Gracia
  • 16 Feb 2021
Banner Kanan
Logo follow bolong