Baca dalam 3 menit

Stasiun Kereta Api Bebas Kontak Untuk Perjalanan Liburan Yang Lebih Aman di China

Waktu Publish : 10 Feb 2021, 13:36 WIB
Sumber : Chinadaily
SHARE ARTIKEL

Salah Satu Fasilitas Nirkontak - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami

Beijing, Bolong.id - Otoritas perkeretaapian seluruh China menggandakan upaya untuk meningkatkan layanan nirsentuh mereka selama liburan imlek, atau dikenal sebagai festival musim semi di China, untuk memastikan penumpang melakukan perjalanan dengan aman dan nyaman.

Mengingat pemerintah mendorong masyarakat untuk tetap tinggal di rumah di musim libur, diharapkan terjadi penurunan besar dalam volume penumpang kereta api selama hari raya tersebut. Angka dari China State Railway Group atau operator kereta api nasional mencatat, tiga hari pertama libur imlek tahun ini memiliki hanya seperempat perjalanan kereta api jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Meskipun arus penumpang relatif rendah, otoritas perkeretaapian tidak lengah dalam menerapkan langkah-langkah pencegahan pandemi yang ketat. Tindakan pencegahan yang dilakukan termasuk memeriksa suhu tubuh penumpang, memandu penumpang untuk memakai masker selama seluruh perjalanan, dan memperkuat desinfeksi dan ventilasi di stasiun dan gerbong kereta.

Meningkatkan layanan nirsentuh untuk mengurangi risiko penyebaran epidemi pun menjadi fokus pekerjaan otoritas perkeretaapian China. Penumpang yang memenuhi syarat untuk bepergian dipandu untuk menggunakan gerbang self-service check-in melalui kartu identitas saat memasuki stasiun kereta api dan naik kereta untuk menghindari keharusan menunjukkan tiket kereta. Di ruang tunggu, penumpang dipandu untuk duduk terpisah satu sama lain. Penumpang disarankan untuk tetap duduk di kursi mereka dan memesan makanan secara online atau dengan memindai kode QR selama perjalanan. Pekerja staf juga akan memastikan penumpang menjaga jarak saat meninggalkan stasiun.

Beberapa stasiun kereta api telah melangkah lebih jauh dalam aspek ini. Stasiun Kereta Yinchuan, misalnya, telah menambahkan beberapa loker pengiriman bagasi ke ruang tunggu, memungkinkan penumpang yang butuh menitipkan bagasi mereka untuk mengurangi kontak dan meringankan beban yang dibawa. Selain itu, Stasiun Kereta Api Selatan Nanjing telah memasang konter pengambilan makanan pintar, yang memungkinkan penumpang untuk mengambil makanan yang telah mereka pesan sebelumnya melalui smartphone. (*)

Matsnaa Chumairo/Penerjemah

Esy Gracia/Penulis

Banner Kanan
Logo follow bolong