Baca dalam 3 menit

Sudah Tahu Apa Saja Persiapan untuk Tahun Baru Imlek? Simak Tradisi-tradisi Berikut Ini!

Waktu Publish : 10 Feb 2021, 07:00 WIB
Sumber : CGTN
SHARE ARTIKEL

Persiapan Tahun Baru Imlek - Gambar diambil dari Internet, jika ada keluhan hak cipta silakan hubungi kami.

China, Bolong.id - Dalam minggu-minggu menjelang Tahun Baru Imlek, masyarakat Tionghoa di seluruh dunia sibuk menjalankan berbagai tradisi atau adat istiadat penyambutan Tahun Baru Imlek. Tradisi-tradisi ini umumnya dirancang untuk menarik energi positif dan keberuntungan di tahun yang akan datang. Simak aneka tradisi persiapan Tahun Baru Imlek masyarakat Tionghoa berikut ini!

Merapikan

Dengan membersihkan rumah, menyapu debu, dan memastikan tempat sampah kosong, seseorang dapat memulai tahun baru dengan kondisi yang tertata. Lemari berantakan? Saatnya mengatur semua itu. Kotak berlabel "untuk disumbangkan" di ruang penyimpanan? Kirimkan mereka ke pusat donasi. Nah, tapi perlu Anda ingat untuk tidak melakukan pembersihan apa pun selama beberapa hari pertama tahun baru untuk menghindari "menyapu keluar" keberuntungan dan energi positif yang masuk.

Mendekorasi Rumah

Merah dianggap sebagai warna yang keberuntungan di Tiongkok dan tanda kertas merah sering digantung di sekitar rumah untuk menarik keberuntungan dan berkah. Ini termasuk chunlian, atau spanduk merah dengan kaligrafi emas yang sering digantung berpasangan di sisi kusen pintu. Masyarakat Tionghoa juga akan memasang tanda merah yang menampilkan karakter "福" yang dapat diartikan "keberuntungan". Secara tradisional, karakter tersebut digantung terbalik karena kata untuk "terbalik" memiliki pelafalan yang mirip dengan kata "kedatangan".

Potong Rambut

Budaya potong rambut memiliki makna lebih dari sekedar mempersiapkan diri dengan baik sebelum waktunya foto keluarga saja. Lebih dari itu, masyarakat Tionghoa percaya bahwa memotong rambut terlalu cepat setelah Tahun Baru Imlek mengundang kesialan. Maka, buatlah janji ke salon rambut lebih awal atau mungkin mintalah anggota keluarga untuk membantu Anda merapikan rambut jika Anda sedang melakukan karantina di rumah. Meskipun merupakan kebiasaan untuk menghindari potong rambut di minggu pertama Tahun Baru, banyak orang memilih untuk menghindari tukang cukur selama satu bulan penuh.

Memberi Hadiah Amplop Merah (Angpao)

Amplop merah berisi uang biasanya diberikan kepada teman dan keluarga saat perayaan Tahun Baru Imlek. Penting untuk memberikan uang kertas yang baru dari bank, yang ditempatkan di dalam amplop berwarna merah. Saat ini, aplikasi komunikasi seperti WeChat atau pembayaran online memudahkan pengiriman amplop merah secara virtual. Akan tetapi, generasi yang lebih tua masih lebih suka membagikan yang fisik.

Membeli Makanan

Makan malam yang meriah dan jamuan seperti reuni adalah acara rutin selama liburan Tahun Baru Imlek. Karenanya, jangan lupa untuk merencanakan dari jauh hari hingga Anda tidak kehabisan bahan makanan yang Anda ingin nikmati ketika hari raya. Beberapa hidangan favorit musim ini di Tiongkok antara lain ikan utuh, pangsit, kue beras ketan “nian gao”, dan lumpia. Banyak dari makanan tradisional ini memiliki makna simbolis yang terkait dengan membawa keberuntungan selama liburan dan kemakmuran di rumah. Nian gao, misalnya, adalah homonim untuk "lebih tinggi setiap tahun," menandakan bahwa tahun yang akan datang akan lebih baik dari tahun sebelumnya. (*)

Megawati Putri/Penerjemah

Esy Gracia/Penulis

Terkait

news

Luhut : Indonesia akan Dibantu oleh Tiongkok Menangani Virus...

  • Bryant
  • 18 Mar 2020

health

Tiongkok Beri Bantuan Medis, Miris, Saat Warga Jakarta Remeh...

  • Isfatu Fadhilatul
  • 19 Mar 2020

health

Penderita Ringan COVID 19 Tidak Akan Kenapa-napa

  • Edwin Adriaansz
  • 21 Mar 2020

news

80% Pasien COVID-19 Belum Didiagnosis Sebelum Wuhan Lockdown...

  • Edwin Adriaansz
  • 21 Mar 2020

news

Tidak Ada Pasien Baru COVID-19 di Guangxi, Namun Ada 34 Kasu...

  • Edwin Adriaansz
  • 21 Mar 2020

news

Beberapa Tipe Orang Yang Harus Dikarantina

  • Edwin Adriaansz
  • 22 Mar 2020
Banner Kanan
Logo follow bolong