Baca dalam 3 menit

Shanghai Kembali Gelar Pertunjukan Drama Anak Internasional

Waktu Publish : 25 Apr 2021, 14:28 WIB
Sumber : Sohu
SHARE ARTIKEL

Pertunjukan Twelve Months - Image from Sohu

Shanghai, Bolong.id - Pada Jumat 23 April 2021, Pameran Drama Anak Internasional Shanghai ke-12 diadakan kembali. Dibuka dengan drama klasik Twelve Month dari Teater Seni Anak-anak dari China Fortune Fair, industri drama anak-anak global dan festival drama internasional seakan kembali bergerak setelah sempat menghadapi stagnasi akibat dampak pandemi tahun lalu. Pertunjukan Drama Anak Internasional Shanghai ke-11 yang sekarang sedang berlangsung itu pertama kali dipertunjukan pada tahun 2004. Selama 17 tahun terakhir, pertunjukan ini telah membuka jendela bagi anak-anak untuk menonton drama anak-anak dari seluruh dunia.

Dilansir dari sohu.com pada Sabtu (24/4/2021), dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, pertunjukan tahun ini telah diubah latarnya dari musim panas ke musim semi, dan pertunjukan satu bulan telah dipersingkat menjadi setengah bulan. Dari tanggal 23 April hingga 10 Mei, akan ada enam drama panggung dengan tema yang berbeda. Termasuk dalam pertunjukan itu adalah drama pembukaan Twelve Month dan drama penutup The Road of the Teacher yang diciptakan oleh Zhongfu Huieryi, Qimeng Railway Station, Not Afraid of the Storm (versi Tiongkok), Clap Your Hands Be Friends, dan Baby Loves China-Li Nationality Special. Keenam drama tersebut akan tayang di Teater Eryi Malanhua, Teater Mikro Eryi dan Teater Seni Anak Shanghai dengan jumlah pertunjukan total 20 kali.

The Road of the Teacher - Image from Sohu

Mengingat pertunjukan terjadi di masa pandemi, karya-karya luar negeri yang hadir akan dibawakan dengan cara yang berbeda tahun ini. Karena tim pertunjukan asing tidak dapat masuk ke negara tersebut, panitia penyelenggara pameran mengusulkan cara pertunjukan kooperatif kepada tim luar negeri yang tertarik untuk berpartisipasi dalam pertunjukan. Hasilnya, Qimeng Railway Station dari Rusia dan Clap Your Hands Be Friends dari Irlandia akan dipentaskan dalam pemutaran video dengan aktor lokal. Perusahaan Teater Irlandia itu juga secara khusus merancang paket permainan interaktif untuk pertunjukan ini untuk para penonton di Shanghai.

Cai Jinping, Dekan China Fortune Fair, mengatakan metode penggabungan pertunjukan dengan rombongan teater asing dan aktor lokal ini merupakan upaya pertama. Ia mengaku penyelenggara butuh waktu dan tenaga lebih banyak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya untuk sekadar mengundang rombongan teater asing. Diharapkan, melalui upaya ini, anak-anak tetap dapat melihat karya-karya asing di tahun istimewa ini.

Qimeng Railway Station - Image from Sohu

Selain pertunjukan teater, pertunjukan tahun ini juga diadakan Kompetisi Pertunjukan Seni Panggung Remaja dan Anak-anak Pertama serta Forum Teater Anak Internasional. Acara ini disponsori oleh Biro Kebudayaan dan Pariwisata Kota Shanghai, China Fortune Fair, Federasi Sastra dan Lingkaran Seni Shanghai, serta dilaksanakan oleh Teater Seni China Fortune fair dan Asosiasi Pelakon Drama Shanghai.

Adapun kompetisi dan forum ini merupakan salah satu bentuk perayaan seratus tahun berdirinya Partai Komunis Tiongkok. Kompetisi yang akan mencapai final pada 4 Mei nanti ini berhasil memikat 140 pendaftar. Upacara penghargaan dan pertunjukan dari beberapa program pemenang penghargaan terpilih juga akan dipertunjukan di Teater Seni Anak Shanghai pada tanggal 5 Mei.

Clap Your Hands, Be Friends - Image from Sohu

Sementara itu, Forum Drama Anak Internasional akan mengambil tema "Eksplorasi dan Inovasi dalam Perkembangan Drama Anak-anak dalam Latar Belakang Era Baru" dan akan diadakan pada sore hari tanggal 10 Mei di Teater Mikro Seni Anak-Anak. Forum yang terbuka untuk umum ini dilaksanakan dalam bentuk dialog dan sharing. Ahli drama anak-anak dalam negeri yang terkenal maupun pecinta drama dan edukasi anak-anak diundang untuk berpartisipasi dalam seminar ini. (*)


Informasi Seputar Tiongkok



Banner Kanan
Logo follow bolong