Baca dalam 3 menit

Coba Panasin Masker Dengan Rice Cooker, Bisa Bunuh Kuman, Lho!

Waktu Publish : 24 Mar 2020, 12:52 WIB
SHARE ARTIKEL

Coba Panasin Masker Dengan Rice Cooker, Bisa Bunuh Kuman, Lho!

COVID-19 kian merebak dan stok masker dalam negeri menipis. Lai Quanyu, seorang asisten profesor di Departemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Fakultas Kedokteran Universitas Sun Yat Sen, mengatakan bahwa "Metode Memanaskan Masker dengan Rice Cooker" ini telah diuji secara klinis. Namun, setelah masker dikeringkan berulang-ulang selama 5 kali, efektivitas penyaringannya akan hilang sehingga masker harus dibuang.

Masker sendiri telah menjadi alat preventif yang penting dan diperlukan dalam menghadapi virus corona. Setiap hari, masyarakat mengantri di apotek untuk membeli masker. Percobaan Lai Quanyu telah membuktikan bahwa “Metode Pemanasan dengan Rice Cooker” dapat membuat masker bisa digunakan kembali. Menurut Lai Quanyu, untuk menggunakan metode ini, diperlukan rice cooker, rak rice cooker, serta panci rice cooker. Langkah pertama, letakkanlah rak rice cooker dan panci sesuai urutan ke dalam rice cooker. Letakkan masker yang belum terkena cairan tubuh, darah maupun lendir hidung. Hindari masker yang sudah menyentuh langsung bagian bawah panci rice cooker, tidak perlu isi air ke dalam panci, langsung saja tekan tombol masak. Panaskan selama sekitar 2 hingga 3 menit. Tunggu sampai tombol memasak melonjak, kemudian biarkan hangat selama sekitar 5 menit, angkat dan gunakan.

Menurut Lai Quanyu, masker bedah berkualitas umumnya memiliki tingkat efektivitas penyaringan hingga 80%. Setelah dipanaskan sebanyak 5 kali, tingkat efektivitas penyaringan masker dapat menurun hingga 70%. Nah, saat itu, masker harus dibuang dan jangan digunakan lagi. Selain itu, pemanasan masker berulang-ulang dapat menyebabkan elastisitas karet pengait telinga masker mengendur. Meskipun metode pemanasan masker dengan rice cooker.

ini telah terbukti ampuh, Lai Quanyu tetap mengingatkan bahwa ini adalah tindakan yang hanya dapat dilakukan saat situasi mendesak, yaitu saat persediaan masker kian menipis. Sangat tidak disarankan untuk menggunakan masker dalam waktu yang lama. Lebih baik, gantilah masker secara teratur dengan cara yang tepat untuk mencegah COVID 19, yaitu dengan mencuci tangan sesering mungkin serta hindari menyentuh mulut, hidung, dan mata dengan tangan.

Editor: Olivia Dian

Chief Editor: Edwin Adriaansz

Terkait

Health

Apakah Masker Masih Aman Digunakan Saat Basah?

  • Matsnaa
  • 30 Jan 2021

news

Taiwan Perketat Aturan untuk Turis Guna Cegah Lonjakan Kasus...

  • Lupita
  • 19 Nov 2020

news

Usai ke China, Luhut Cerita: Kita Jadi Kayak Alien, Pakai Ma...

  • Maureen
  • 27 Oct 2020

health

Inilah Cara Agar Tetap Sehat Saat Bepergian

  • Isna Fauziah
  • 02 Oct 2020

technology

Robocop COVID-19: Robot yang Mengingatkan untuk Memakai Mask...

  • Della Shafira Putri
  • 10 Sep 2020

health

Diperlukan 450 Tahun Urai Sampah Masker di Laut

  • Yohana Intan
  • 19 Aug 2020
Banner Kanan
Logo follow bolong