Baca dalam 3 menit

Jangan Cuma Pakai Masker, Beberes Rumah Juga, Dong.

SHARE ARTIKEL

Jangan Cuma Pakai Masker, Beberes Rumah Juga, Dong.

Di tengah merebaknya epidemi Virus Corona (Covid-19), para ahli mengingatkan, Anda harus mengganti pakaian Anda setiap hari. Setiba di rumah, Anda harus segera menaruh pakaian Anda di mesin cuci dan mencucinya. Namun, untuk pakaian-pakaian seperti jaket yang tidak dapat dicuci setiap hari, Anda dapat menyemprotkan cairan desinfektan dan mengeringkannya di tempat berventilasi.

Karena virus corona jenis baru (Covid-19) dapat ditularkan melalui tetesan cairan yang berasal dari batuk atau bersin, maka melindungi mulut dan hidung sangat penting. Namun jangan lupa bahwa virus corona jenis baru ini juga dapat ditularkan melalui kontak fisik pada benda-benda yang ada di sekitar Anda. Ketika tangan Anda menyentuh virus yang tersisa di permukaan benda kemudian Anda menyentuh mata, mulut, hidung, atau bagian wajah lain, maka Anda akan memiliki risiko terinfeksi. Selain itu, pakaian yang Anda kenakan saat keluar rumah juga memiliki kemungkinan tertempel oleh virus yang juga dapat menjadi salah satu akses masuknya virus ke dalam tubuh.

Menjaga ventilasi rumah juga merupakan salah satu kunci untuk tercegah dari virus corona jenis baru. Menurut "Life Times", Profesor Wu Anhua dari Rumah Sakit Xiangya, Central South University di Wuhan, yang mendukung perang melawan pandemi ini, jendela dan pintu harus dibuka sebanyak 2 hingga 3 kali sehari selama 30 menit setiap kali.

Meskipun tidak perlu berganti pakaian setiap hari saat pergi keluar, Zhang Liubo mengingatkan Anda bahwa jika Anda masuk atau meninggalkan tempat yang berpotensi terkena virus, seperti pergi ke rumah sakit untuk mengunjungi dokter, jika Anda tidak yakin apakah Anda akan membawa virus kembali dari rumah sakit, yang terbaik adalah mendesinfeksi pakaian Anda. Dia menyarankan desinfeksi fisik, yaitu memanfaatkan kerentanan virus akan suhu tinggi,  seperti mencuci pakaian dengan air panas di atas 56 ℃ selama 30 menit atau gunakan pengering dan atur ke suhu 80 ℃ kemudian keringkan selama 20 menit.

Editor: Olivia Dian

Chief Editor: Edwin Adriaansz

Terkait

kesehatan

Jangan Cuma Pakai Masker, Beberes Rumah Juga, Dong.

  • Bolong team
  • 22 Mar 2020

culture

Fashion China Bawa Desain ke Level Berikutnya

  • Isna Fauziah
  • 20 Sep 2020

business

Daur Ulang Pakaian Bekas Jadi Tren di China

  • Isna Fauziah
  • 22 Oct 2020
Logo follow bolong