Baca dalam 3 menit

Menteri Luar Negeri Tiongkok, Wang Yi, Bertemu dengan Utusan Negara-negara ASEAN di China

Waktu Publish : 15 Nov 2021, 10:31 WIB
SHARE ARTIKEL

Wang Yi Bertemu dengan Utusan Negara-negara ASEAN - Gambar diambil dari Internet, jika ada keluhan hak cipta silakan hubungi kami.

Beijing, Bolong.id – Anggota Dewan Negara dan Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi bertemu dengan utusan diplomatik negara-negara Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) pada Minggu di Beijing.

Dilansir dari 外交部网站 pada Minggu (14/11/21), Wang mengatakan bahwa sejak pecahnya pandemi COVID-19, Presiden Tiongkok Xi Jinping telah memelihara komunikasi yang erat dan saling mendukung dengan para pemimpin ASEAN untuk lebih mengkonsolidasikan dan memperdalam kerja sama persahabatan bilateral.

Kedua belah pihak akan segera bersama-sama mengadakan pertemuan puncak memperingati 30 tahun terjalinnya hubungan dialog antara Tiongkok dan negara-negara ASEAN. Ini akan menjadi pertemuan tonggak untuk memetakan arah pengembangan hubungan bilateral dalam 30 tahun ke depan.

Wang mengatakan Tiongkok akan terus memberikan dukungan vaksin ke negara-negara ASEAN sampai pandemi benar-benar dikalahkan, dan Tiongkok siap bekerja sama dengan negara-negara ASEAN untuk fokus pada pembangunan dan memberikan kontribusi positif untuk tujuan ini.

Tiongkok dan negara-negara ASEAN selalu menempatkan masalah Laut Tiongkok Selatan pada posisi yang tepat dalam hubungan bilateral dan mendorong pendalaman dan pengembangan kerja sama bilateral, tambah Wang.

Memperhatikan bahwa tahun depan menandai peringatan 20 tahun Deklarasi tentang Perilaku Para Pihak di Laut Tiongkok Selatan (DOC), Wang menyatakan harapan bahwa kedua pihak akan mengambil kesempatan ini untuk memajukan konsultasi tentang Kode Etik di Laut Tiongkok Selatan atas dasar implementasi DOC yang komprehensif dan efektif, bersama-sama menegakkan perdamaian dan stabilitas di Laut Tiongkok Selatan dan mengupayakan kerja sama yang saling menguntungkan.

Utusan diplomatik negara-negara ASEAN di Tiongkok mengucapkan selamat atas keberhasilan sidang pleno keenam Komite Sentral ke-19 Partai Komunis Tiongkok, dan menyatakan harapan mereka untuk bekerja sama dengan Tiongkok untuk bersama-sama menyelenggarakan pertemuan puncak yang sukses dalam memperingati ulang tahun ke-30 dialog hubungan menangkap peluang dan bekerja sama untuk menghadapi tantangan. (*)


Informasi Seputar Tiongkok

Terkait

technology

China Bikin Robot Penyortir Paket, Banyak Diekspor Ke Luar N...

  • Lupita
  • 29 Nov 2021

lifestyle

Rekomendasi 4 Drama China Bertema Keluarga Terbaru, Harus No...

  • Lupita
  • 29 Nov 2021

culture

Bangsawan China yang Melepas Status Bangsawan Mereka

  • Djono W. Oesman
  • 29 Nov 2021

lifestyle

Kelezatan Sup Siput Khas Liuzhou

  • Djono W. Oesman
  • 29 Nov 2021

culture

SEJARAH: 1998 Beijing Ajukan Tawaran Jadi Tuan Rumah World U...

  • Lupita
  • 29 Nov 2021

news

Lulusan Universitas "Barat" Tidak Lagi Jadi Favorit Perusaha...

  • Lupita
  • 29 Nov 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong