Baca dalam 3 menit

Arti Ganda yang Menakjubkan dari Angka China

SHARE ARTIKEL

Angka - Image from pikiran rakyat

Beijing, Bolong.id - Dalam budaya Tiongkok, angka-angka tertentu dianggap "beruntung" karena pengucapannya mirip dengan kata-kata yang memiliki makna positif.

Faktanya, angka keberuntungan memiliki arti yang sangat penting. Di Tiongkok sering kali angka keberuntungan digunakan untuk menentukan pilihan seperti nomor telepon, alamat bisnis, tempat tempat tinggal, tanggal pernikahan, dan sebagainya.

Angka paling populer di Tiongkok adalah delapan, sedangkan angka empat dianggap angka terburuk. Hal ini berkaitan dengan pengucapan dalam bahasa Mandarin "facai" yang berarti kaya. Fa terdengar sangat mirip dengan ba (bahasa mandarin angka delapan). Jadi, diyakini bahwa angka delapan membawa kekayaan dan kemakmuran.

angka delapan - Image from CGTN

Sebaliknya, angka empat diucapkan sebagai si, yang hampir identik dengan pengucapan kata dalam bahasa mandarin untuk kematian. Meskipun karakter bahasa mandarin dan nadanya berbeda, kedua kata Tiongkok tersebut terlalu mirip untuk diucapkan. Oleh karena itu, nomor empat dihindari sebisa mungkin.

Angka-angka lain memiliki makna tersendiri dalam budaya Tionghoa, misalnya angka tiga, san, dianggap beruntung karena karakternya mirip dengan angka kelahiran - sheng. Angka ini juga mewakili tiga tahapan dalam kehidupan seseorang - kelahiran, perkawinan, dan kematian.

Angka keberuntungan lainnya adalah lima, wu. Dalam kosmologi dan filosofi Tiongkok, angka ini terkait dengan lima elemen, kayu, air, api, logam dan bumi, dan lima titik mata angin, utara, selatan, timur, barat dan tengah. Dilansir dari CGTN pada Kamis (07/01/2021).

Angka sembilan, jiu, memiliki hubungan sejarah dengan kaisar, yang jubahnya sering kali disulam dengan sembilan naga, serta dengan mitos Tiongkok tentang naga dengan sembilan anak.

Lift - Image from CGTN

Selain angka keberuntungan, ada juga angka yang dianggap sial atau pertanda buruk. Seperti angka 4,14 atau 34 seringkali tidak digunakan dalam lantai bangunan bertingkat tinggi di Tiongkok.

Takhayul orang Tionghoa seputar angka mungkin tampak sedikit berlebihan bagi orang Barat, tetapi mereka adalah prinsip pedoman kehidupan sehari-hari di Tiongkok.

Jadi, bijaksana untuk memperhitungkan kepekaan ini dalam aktivitas bisnis Anda. Misalnya, jangan memilih tanggal yang mengandung angka empat untuk acara perusahaan, seperti penandatanganan kontrak atau pembukaan perusahaan. (*)

Terkait

berita

Tips Sukses Nanjing, Tiongkok Turunkan Kasus Covid-19 Hingga...

  • Bolong team
  • 21 Mar 2020

bisnis

Harga Minyak Kok Bisa Minus?

  • Bolong team
  • 22 Apr 2020

teknologi

Langkah Besar Umat Manusia: Tiongkok Siap Ekspedisi ke Mars

  • Bolong team
  • 25 Apr 2020

berita

Fokus Berbagi Saat Covid 19, Kaesang dengan HEBATnya Ta...

  • Bolong team
  • 01 May 2020

teknologi

Satu-satunya, Peluncuran Pertama Roket Long March 5B Tiongko...

  • Bolong team
  • 08 May 2020

kesehatan

Vitamin D Mungkin Dapat Mencegah Pasien COVID-19 Dari Kemati...

  • Bolong team
  • 11 May 2020
Logo follow bolong