Baca dalam 3 menit

Bank Central: China akan Pertahankan Rasio Leverage Makro di Level Stabil

Waktu Publish : 09 Jan 2021, 07:05 WIB
SHARE ARTIKEL

Bank of China - Image from javafx.news

Beijing, Bolong.id - Tiongkok akan menjaga rasio leverage makro di level stabil pada 2021, kata gubernur bank sentral negara itu.

Pukulan COVID-19 terhadap ekonomi Tiongkok menyebabkan kenaikan rasio total kewajiban negara terhadap PDB tahun lalu, menurut Yi Gang, Gubernur Bank Rakyat Tiongkok, dalam sebuah wawancara dengan Xinhua.

Karena laju pertumbuhan rasio telah melambat sejak kuartal ketiga tahun 2020, diperkirakan rasio tersebut akan kembali ke zona stabilitas dasar, kata Yi. Dilansir dari Xinhuanet pada Jumat (08/01/2021).

Karena itu, bank sentral perlu mengungkap langkah-langkah untuk mencegah akumulasi risiko keuangan sekaligus mendukung ekonomi riil, kata gubernur, menyerukan penanganan risiko yang tepat terkait dengan masing-masing lembaga keuangan dan bidang utama.

Lebih banyak upaya harus dilakukan untuk mendukung sistem peraturan untuk sektor keuangan, dan memastikan risiko ditangani sesuai dengan hukum dan peraturan, kata Yi.

Bank sentral juga harus mencari pendekatan baru untuk menambah modal bagi bank kecil dan menengah, dan mengintensifkan tindakan keras terhadap perilaku ilegal, tambahnya. (*)

Terkait

news

China Berharap Pemerintah Baru AS Akan Bersikap Rasional Dal...

  • Bolong team
  • 28 Jan 2021
Banner Kanan
Logo follow bolong