Baca dalam 3 menit

Spesies Baru Nemoura di China Diberi Nama Sama Dengan Aktor

Waktu Publish : 14 Feb 2021, 10:02 WIB
Sumber : CGTN
SHARE ARTIKEL


Nemouridae - Image from Wikipedia

Sichuan, Bolong.id - Spesies baru Nemouridae yang ditemukan di barat daya China dinamai berdasarkan nama aktor China Hu Ge dan Louis Koo Tin-lok atas kontribusi mereka terhadap pendidikan dan perlindungan lingkungan, menurut sebuah artikel akademis yang diterbitkan dalam International Journal of Ecology.

Dalam artikel berjudul "A New Species of Nemoura (Plecoptera: Nemouridae) from Sichuan Province, China," yang diterbitkan pada tanggal 5 Februari 2021, spesies tersebut secara resmi diberi nama Nemoura hugekootinlokorum. Nama spesifik diperlakukan sebagai kata benda dalam kasus jamak genitif mengikuti Pasal 31.1.2 dari Kode Internasional Nomenklatur Zoologi (edisi ke-4), katanya.

Terungkap bahwa spesies ini dinamai untuk menghormati dua aktor terkenal itu "sebagai apresiasi atas kontribusi mereka terhadap pendidikan dasar dan pelestarian lingkungan di daerah pegunungan di China barat."

Hu Ge, 38, terkenal karena perannya dalam drama televisi seperti "Chinese Paladin" dan "Nirvana in Fire," dan film "The Wild Goose Lake." Menurut laporan media, sejak 2005, ia tetap terlibat dalam kegiatan amal, memberikan sumbangan kepada Wenchuan yang dilanda gempa bumi, di Provinsi Sichuan, China barat daya, dan pendirian sekolah dasar harapan di Provinsi Yunnan, China barat daya.

Pada bulan Juni 2013, ia diundang menjadi duta citra dan perwakilan sukarelawan untuk perlindungan angsa berkepala botak oleh Greenriver, sebuah organisasi perlindungan lingkungan non-pemerintah, dan melakukan tur advokasi lingkungan mulai dari Kota Golmud ke sumber Sungai Yangtze di barat laut Provinsi Qinghai, Tiongkok. Kemudian sebagai sukarelawan biasa, ia mengunjungi Qinghai beberapa kali untuk meningkatka kesadaran tentang perlindungan lingkungan.

Dia mengunjungi Wenchuan yang dilanda gempa sebagai Duta UNICEF pada tahun 2008 dan 2009 dan mendirikan yayasan amal. Meskipun dia jarang berbicara tentang kegiatan amalnya di depan umum, laporan mengatakan bahwa dia telah menyumbang pembangunan sejumlah sekolah dasar, klinik, dan sumur di Guizhou, provinsi Gansu, dan Daerah Otonomi Guangxi Zhuang, China barat.

Penamaan spesies baru berdasarkan seseorang yang populer bukanlah praktik yang tidak konvensional secara internasional. Grouvellinus leonardodicaprioi, spesies kumbang riffle, dan Spintharus leonardodicaprioi, spesies laba-laba theridiid, keduanya dinamai menurut aktor Amerika dan ahli lingkungan Leonardo DiCaprio; Agra katewinsletae, spesies kumbang carabid, dinamai sesuai nama aktris Inggris Kate Winslet.

International Journal of Ecology didirikan pada tahun 2012 dan disponsori oleh Hans Publishers. Ini adalah jurnal internasional Cina yang berfokus pada perkembangan terbaru di bidang ekologi, dan termasuk dalam daftar inti publikasi jurnal yang diliput oleh Pusat Penelitian untuk Evaluasi Sains Cina atau Research Center for Chinese Science Evaluation (RCCSE). (*)

Terkait

news

Lima Spesies Hewan Baru Ditemukan di Tiongkok Yunnan Xinhua....

  • Edwin Adriaansz
  • 17 May 2020

culture

Fosil Spesies Dinosaurus Baru Ditemukan di Tiongkok Timur

  • Isna Fauziah
  • 14 Aug 2020

culture

Kebun Binatang Shanghai Cari Nama untuk Bayi Harimau

  • Isna Fauziah
  • 27 Aug 2020

culture

Fosil Sejenis Monyet Berumur 6,4 Juta Tahun Ditemukan di Yun...

  • Isna Fauziah
  • 06 Sep 2020

culture

363 Sekuens Genom Burung Diterbitkan, Sajikan Penelitian Kea...

  • Isna Fauziah
  • 19 Nov 2020

technology

Evolusi Unik Terdeteksi pada Spesies Ikan di Dataran Tinggi ...

  • Isna Fauziah
  • 21 Nov 2020
Banner Kanan
Logo follow bolong