Baca dalam 4 menit

5 Penyebab Mata Kering dan Solusinya

Waktu Publish : 05 Jun 2021, 12:35 WIB
Sumber : 99 Baojian
SHARE ARTIKEL

Pencegahan yang Bisa Dilakukan untuk Mengurangi Risiko Mata KeringMata kering - Image from Halodoc

Jakarta, Bolong.id - Mata kering, adalah kondisi ketika mata Anda tidak menghasilkan air mata seperti seharusnya, atau air mata tidak mampu melumasi mata. Penyebabnya, antara lain:

1. Penggunaan komputer dalam jangka panjang

Memandang komputer untuk waktu yang lama, tanpa kedipan normal, membuat mata tidak terbasahi. Menatapa komputer selama lebih dari tiga jam sehari bisa bermasalah dengan mata. .

2. Mata menua

Mata orang tua lebih rentan terhadap astringen. Produksi air mata pada orang tua menurun seiring bertambahnya usia. Ketika sekresi air mata berkurang, mata akan teriritasi, yang dapat menyebabkan reaksi sobek yang hebat. Usia 65 tahun. Lebih dari setengah dari populasi memiliki sindrom mata kering.

3. Pakai lensa kontak contact

Beberapa penderita miopia memakai lensa kontak dalam waktu lama. Lensa kontak mempercepat penguapan air mata. Ketidaknyamanan memakai lensa kontak terutama disebabkan oleh mata kering, terutama lensa kontak lunak. Cairan air mata menguap, menciptakan sensasi benda asing, dan protein disimpan pada lensa.

4. Lingkungan yang buruk

Standar hidup masyarakat telah meningkat. Orang suka menggunakan AC di musim panas atau musim dingin. Penggunaan AC dalam jangka panjang membuat udara dalam ruangan menjadi sangat kering dan salah satu penyebab mata astringen. Pengaruh asap atau sinar ultraviolet membuat mata kering Gejalanya menjadi lebih jelas.

5. Penurunan fungsi lakrimal

Berkurangnya fungsi kelenjar lakrimal seseorang adalah penyebab paling umum dari sindrom mata kering, tidak adanya kelenjar lakrimal bawaan, penurunan fungsi kelenjar lakrimal lansia atau beberapa penyakit autoimun yang disebabkan oleh peradangan kelenjar lakrimal, trauma, infeksi, dan gangguan saraf otonom yang ditimbulkan.

Apa yang harus dilakukan jika mata kering?

1. Jangan sentuh mata dengan tangan

Ketika mata seseorang kering, reaksi pertama banyak orang adalah menggosok mata dengan tangan untuk menghilangkan rasa tidak nyaman akibat gatal-gatal kering. Padahal, hal itu kontraproduktif. Meski untuk sementara bisa meredakan mata kering, mereka menyentuh mata. mata dengan tangan mereka Pada saat ini, sejumlah besar kuman juga akan dibawa ke mata, menyebabkan keratitis dan peradangan mata lainnya.

2. Pilih ramuan yang tepat

Saat mata kering sebaiknya menggunakan obat tetes mata khusus untuk menghilangkan rasa lelah untuk melembapkan mata, namun bahan yang terkandung dalam obat tetes mata berbeda, sehingga gejala yang Anda targetkan juga berbeda.

3. Pekerjaan pencegahan yang baik

Mata kering berhubungan dengan banyak alasan. Melakukan pekerjaan pencegahan dengan baik adalah hal yang paling penting. Misalnya, kebersihan mata. Jaga jarak tertentu antara mata Anda dan komputer atau buku. Orang yang memakai lensa kontak Yang terbaik adalah memakai bingkai kacamata ketika Anda berada di kantor untuk menjaga mata Anda tetap lembab gerakan mengedipkan mata yang sering untuk melembabkan bola mata Anda dapat meredakan kekeringan. Selain itu, makan lebih banyak buah antioksidan atau makanan yang mengandung vitamin A, C dan E dapat membantu sekresi normal kelenjar sebaceous pada mata. (*)

Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong