Baca dalam 3 menit

Awas! 5 Kebiasaan Ini Bisa Buat Anda Idap Penyakit Ginjal

Waktu Publish : 06 Jun 2021, 16:03 WIB
SHARE ARTIKEL

Sakit Ginjal - Image from KordaNews

Bolong.id - Jika ginjal tidak sehat, tidak hanya mudah mendatangkan penyakit ginjal, tetapi juga mempengaruhi kesehatan organ tubuh lainnya. Akhirnya menimbulkan penyakit sistemik, dan terus membebani kesehatan fisik.

Dilansir dari 99 Jaringan Kesehatan pada (04/06/2021) banyak orang mengalami masalah ginjal karena terlalu banyak kebiasaan buruk. Untuk menyehatkan ginjal, kebiasaan buruk yang merusak ginjal ini harus diperbaiki pada hari kerja.

Apa kebiasaan buruk yang disebabkan oleh ginjal yang buruk?

1. Makan terlalu asin

Orang dengan ginjal yang buruk biasanya ada hubungannya dengan diet mereka, misalnya mereka suka makan makanan asin. Karena kandungan garam yang terlalu tinggi akan menyebabkan lebih banyak natrium dalam darah, yang akan mempengaruhi kemampuan ginjal untuk mengalirkan air.

Dalam jangka panjang, beban ginjal akan menjadi semakin berat, jika tidak ditangani tepat waktu dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan bahkan menyebabkan penyakit ginjal kronis, yang menyebabkan penuaan organ ginjal dan penurunan fungsi yang berkelanjutan.

2. Minum kopi terlalu banyak

Kopi mengandung kafein yang dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal, karena setelah kafein masuk ke dalam tubuh akan meningkatkan aliran darah dan meningkatkan tekanan pada organ ginjal.

Selain itu, kafein juga dikenal sebagai diuretik, jika dikonsumsi terlalu banyak dapat dengan mudah menyebabkan dehidrasi, yang tidak kondusif untuk detoksifikasi hati dan ginjal. Karena itu, untuk menyehatkan ginjal, Anda tidak boleh minum kopi terlalu banyak.

3. Tidak suka minum air

Dalam hidup, beberapa orang mendapatkan batu ginjal, yang merupakan penyakit ginjal, dan penyebabnya adalah mereka minum terlalu sedikit air. Karena minum air putih yang cukup dapat membantu ginjal untuk mengeluarkan racun dan sodium, sehingga menjaga kesehatan. Oleh karena itu, untuk melindungi ginjal, Anda perlu minum banyak air, setidaknya untuk memenuhi kebutuhan tubuh Anda.

4. Overdosis

Pada hari kerja, ketika orang sakit atau tidak nyaman, mereka selalu suka membeli obat untuk diri mereka sendiri, daripada pergi ke dokter untuk pemeriksaan untuk menemukan sumber ketidaknyamanan. Salah melakukan hal ini, karena perlu meresepkan obat yang tepat untuk menyelesaikan masalah secara tuntas. Jika Anda membeli obat sendiri, mudah untuk membeli obat yang salah.

Pada saat yang sama, ada banyak obat yang tidak bisa dikonsumsi sembarangan, seperti obat penghilang rasa sakit. Meski obat ini bisa meredakan rasa sakit, makan terlalu banyak bisa merusak organ ginjal dan menyebabkan tekanan darah naik.

Selain itu, minum terlalu banyak obat penghilang rasa sakit akan menyebabkan resistensi, satu pil dapat menghilangkan rasa sakit, tetapi setelah meminumnya lebih banyak, efek penghilang rasa sakit semakin buruk. Penggunaan jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan permanen pada ginjal.

5. Minum berlebihan

Ada banyak orang yang suka minum di hari biasa, dan ada juga yang minum tanpa menahan diri, keadaan ini sangat merugikan kesehatan. Karena alkohol merupakan zat yang berbahaya, maka akan berdampak tidak sehat bagi kesehatan ginjal setelah masuk ke dalam tubuh. Selain itu, setelah alkohol dalam jumlah besar masuk ke dalam tubuh, juga akan mempengaruhi fungsi ginjal.

Bagaimana melindungi ginjal setiap hari

1. Buang air kecil tepat waktu

Apakah seorang pria atau seorang wanita ingin buang air kecil, dia harus buang air kecil pada waktunya. Karena menahan kencing akan membuat air seni kembali ke kandung kemih, mudah menyebabkan bakteri berkembang biak. Begitu bakteri naik, mereka dapat dengan mudah masuk ke ginjal dan merusak kesehatan ginjal. Hal ini terjadi karena ada bakteri dalam urin.

Karena itu, untuk kesehatan ginjal, kita harus buang air kecil tepat waktu di hari kerja. Setiap kali saya ingin buang air kecil, saya harus pergi ke toilet untuk pertama kalinya, dan saya tidak bisa menahannya untuk kedua kalinya.

2. Kurangi minum minuman

Banyak orang suka minum minuman pada hari kerja, dan mereka merasa bahwa minuman lebih baik daripada air putih. Namun nyatanya, meminum minuman setiap hari akan mengubah pH tubuh. Organ utama yang mengatur pH tubuh manusia adalah ginjal. Oleh karena itu, minum minuman secara teratur akan membebani ginjal.Jika Anda perlu minum lebih sedikit, jika Anda merasa haus, lebih baik minum air putih.

3. Pijat telapak kaki

Telapak kaki ditutupi dengan titik akupunktur. Di antaranya, Yongquan adalah titik akupunktur besar di meridian ginjal. Pijat telapak kaki selama beberapa menit sebelum tidur setiap malam untuk menyehatkan ginjal dan memperkuat esensinya.(*)


Informasi Seputar Tiongkok

Terkait

health

Minum Terlalu Banyak Air Apakah Bisa Melukai Ginjal?

  • Danang
  • 10 Apr 2021

health

Berapa Takaran dan Cara Minum Air?

  • Djono W. Oesman
  • 08 Apr 2021

health

Berapa Lama Buang Air Kecil Setelah Minum Air, Yang Menandak...

  • Visco Joostensz
  • 04 Apr 2021

health

Perhatikan 3 Ciri Ini, Apakah Ginjalmu Sehat atau Tidak?

  • Lupita
  • 28 Mar 2021

health

Waspada! 4 Kebiasaan Ini Bisa Merusak Ginjal

  • Lupita
  • 28 Mar 2021

health

Jangan Minum 3 Obat China Ini Dalam Jangka Panjang, Bisa Mer...

  • Danang
  • 28 Mar 2021
Banner Kanan
Logo follow bolong