Baca dalam 5 menit

Tips Cara Hilangkan Rasa Sakit di Perut Saat Menstruasi

Waktu Publish : 06 Jun 2021, 16:01 WIB
SHARE ARTIKEL

Nyeri haid - Image from Alodokter

Bolong.id - Menstruasi adalah periode waktu yang sangat penting dan khusus bagi wanita. Dalam keadaan normal, wanita sehat memiliki periode menstruasi setiap bulan. Beberapa wanita tidak ingin mengalami menstruasi. Karena setiap kali menstruasi, mereka akan merasakan sakit perut bagian bawah. Inilah yang sering disebut orang tentang dismenore.

Dilansir dari 99Jaringan Kesehatan, sebagian kecil wanita mengalami dismenore ringan dan bisa menoleransinya.

Namun, ketika beberapa wanita mengalami dismenore, rasa sakitnya sangat menyakitkan sehingga mereka berguling di tempat tidur, dan periode menstruasi sangat menyakitkan. Jadi, demi kesehatan, kita harus berusaha meringankan.

Lantas bagaimana cara meredakan nyeri perut bagian bawah setelah haid? Berikut beberapa cara perawatan kesehatan yang dianjurkan. Wanita dengan dismenore parah bisa mencoba menggunakannya.

1. Perbanyak minum air putih

Jika sakit perut bagian bawah Anda tak tertahankan saat menstruasi, Anda bisa minum banyak air. Dengan cara ini, panas dengan cepat menyebar ke seluruh tubuh, memungkinkan tubuh untuk melakukan pemanasan dengan cepat.

Ini dapat membuat sirkulasi darah lebih cepat. Karena sirkulasi darah dipercepat, dapat mempercepat keluarnya stasis darah, dan kemudian memiliki efek mengurangi rasa sakit. Perhatikan bahwa Anda harus minum air panas, jangan minum air dingin, jika tidak, masalah dismenore akan parah.

2. Berbaring dan istirahat

Setiap kali sakit perut bagian bawah tak tertahankan saat menstruasi, wanita disarankan untuk beristirahat di rumah selama satu atau dua hari. Karena ketika Anda mengalami dismenore, seluruh tubuh Anda akan merasa lelah, hampir tidak mendukung pekerjaan Anda, itu hanya akan membuat tubuh Anda semakin lemah. Jika Anda terlalu banyak bekerja saat ini, kecelakaan seperti pingsan rentan terjadi.

Ketika orang biasa terlalu banyak bekerja, daya tahan tubuh mereka akan menurun, meningkatkan kemungkinan penyakit. Menstruasi adalah masa yang istimewa, dan tubuh wanita pada dasarnya lemah, pada saat ini, jika mereka melakukan pekerjaan fisik untuk waktu yang lama, mereka akan semakin memakan kekuatan fisik wanita dan menyebabkan tubuh mereka menjadi lebih lemah. Masalah dismenore juga akan menjadi lebih serius dan membawa lebih banyak rasa sakit pada wanita.

3. Lakukan tindakan untuk menjaga perut Anda tetap hangat

Selama periode menstruasi, wanita menjadi sangat takut dingin, jika tubuh dirangsang oleh dingin, dismenore akan meningkat. Setelah udara dingin masuk ke dalam tubuh, akan menyebabkan stasis darah, yang tidak kondusif untuk keluarnya darah menstruasi.

Oleh karena itu, untuk meringankan masalah sakit perut bagian bawah, wanita yang sedang menstruasi harus mengambil tindakan untuk menjaga perut mereka tetap hangat.

Misalnya, lapisan pakaian diletakkan di perut dan beberapa botol air hangat dilekatkan. Misalnya, letakkan botol air hangat dan letakkan di perut. Misalnya, jika Anda berbaring, gosok kedua tangan Anda dan gosokkan telapak tangan Anda.

Setelah telapak tangan Anda menjadi panas, letakkan telapak tangan Anda di kulit perut Anda dan gosokkan ke atas dan ke bawah untuk menyebabkan kulit perut Anda menjadi panas. Melakukannya dapat menghangatkan perut, meningkatkan sirkulasi darah di rongga panggul, dan membantu mengeluarkan darah menstruasi dengan lebih baik.

Selain poin-poin tersebut, jika dismenore tidak bisa dihilangkan dan Anda tidak ingin ke dokter, Anda bisa mengonsumsi obat penghilang rasa sakit dengan tepat. Tapi ini adalah pilihan terakhir, yang terbaik adalah tidak minum obat penghilang rasa sakit sendiri, kecuali jika tidak nyaman untuk mencari perawatan medis.

Karena efek obat penghilang rasa sakit akan melemah setelah minum terlalu banyak, satu pil bisa menghilangkan rasa sakit, tetapi harus minum tiga atau empat pil untuk menghilangkan rasa sakit. Disarankan agar wanita dengan dismenore berat mencari pemeriksaan medis sesegera mungkin untuk mengetahui penyebabnya dan meresepkan obat yang tepat. (*)


Informasi Seputar Tiongkok

Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong