Baca dalam 3 menit

Sering Susah Tidur di Malam Hari? Mungkin Ini Penyebabnya!

SHARE ARTIKEL

Susah Tidur - Image from detik.net

Jakarta, Bolong.id - Sama seperti makan, tidur adalah hal yang sangat diperlukan manusia. Namun, bagi sebagian orang, akan mudah menentukan makan kapanpun, tetapi tidak dapat menentukan kapan harus tidur.

Ini adalah orang yang menderita insomnia. Ada banyak penyebab insomnia di malam hari, dilansir dari Toutiao.com, berikut beberapa penyebab yang umum.

1. Tidak membiasakan tidur malam secara teratur.

Ini adalah salah satu alasan paling umum dari sulit tidur di malam hari. Semua orang tahu bahwa tubuh manusia memiliki jam biologis, yang sebenarnya merupakan adaptasi tubuh terhadap kebiasaan kita sehari-hari.
Misalnya, jika Anda mengembangkan kebiasaan tidur siang, secara alami Anda akan merasa mengantuk ketika tiba waktunya untuk tidur siang. Ini merupakan adaptasi jam biologis dengan kebiasaan tidur siang Anda. 

Jika Anda bekerja, beristirahat, dan tidur secaa tidak teratur, maka jam biologis anda akan mudah terganggu dan menyebabkan insomnia. Jika Anda membiasakan tidur secara teratur di malam hari dan menyesuaikan jam biologis Anda dengan baik, Anda secara alami dapat memperbaiki insomnia anda.

2. Ada banyak pikiran

Stres yang tinggi juga menjadi alasan utama mengapa banyak orang menderita insomnia. Ini adalah fakta yang diakui bahwa tekanan kehidupan modern sangat tinggi, terutama di bawah sistem budaya lembur, banyak orang memiliki tugas dan pekerjaan tanpa akhir setiap hari. 

Di bawah tekanan internal, mudah untuk menyebabkan tidur teratur di malam hari. Berbicara dengan kerabat atau teman adalah cara yang baik untuk menghilangkan stres. Jika tidak bisa, Anda dapat mendengarkan musik yang menenangkan sebelum tidur untuk merilekskan emosi, menghilangkan stres, dan mengatasi masalah insomnia di malam hari.

3. Adanya rangsangan emosional sebelum tidur

Rangsangan sebelum tidur juga menjadi salah satu penyebab umum sulit tidur di malam hari. Yang paling umum adalah menonton film yang mengasyikkan sebelum tidur, dan bermain game yang menyebabkan rangsangan emosional. 

Bahkan setelah tidur, Anda masih tidak bisa tenang untuk waktu yang lama, dan menyebabkan Anda sulit tertidur. Solusi untuk masalah ini sederhana, hindari kegiatan yang menstimulasi atau merangsang emosi sebelum tidur.

Selain itu, orang dengan tingkat neurotik tinggi lebih responsive terhadap rangsangan sebelum tidur. Apa itu neuroticism? Neuroticism mengacu pada respons emosional seseorang terhadap rangsangan eksternal. Misalnya, saat menonton film hantu atau film horor, ada orang yang sangat gugup, berteriak-teriak, bahkan tidak bisa tenang dalam waktu lama setelah menonton. 

Pada kasus yang parah, mungkin ada terbayang selama beberapa hari; namun beberapa orang tidak bereaksi demikian setelah menonton, namun terus menerus memikirkannya. Yang pertama termasuk dalam neurotisme tingkat tinggi, dan yang kedua termasuk ke dalam neurotisme tingkat rendah. Hal ini sebagian besar wajar dan sulit untuk sepenuhnya diubah. Jika Anda adalah orang dengan tingkat neurotisme tinggi, harap hindari kontak dengan hal-hal memacu respon emosional Anda sebelum tidur di malam hari.

Ada banyak alasan mengapa kita tidak bisa tidur sepanjang waktu di malam hari, dan di atas hanyalah beberapa kemungkinan alasannya. Selain itu, banyak faktor seperti neurasthenia, obat-obatan, lingkungan, dll juga dapat menyebabkan insomnia, tetapi selama Anda menemukan penyebab sebenarnya, Anda akan mampu menemukan solusi yang sesuai. (*)

[Matsnaa Chumairo/Penerjemah]

Terkait

kesehatan

HOAKS: Tidur Berbaring ke Kiri Tidak Baik Untuk Jantung

  • Bolong team
  • 19 May 2020

kesehatan

Tidur Menyamping Mempunyai Efek Baik Untuk Penyakit Ini

  • Bolong team
  • 22 May 2020

kesehatan

Banyak Kesamaan, Siapa Sangka Ikan Mungil Ini Ungkap Rahasia...

  • Bolong team
  • 27 May 2020

kesehatan

Ahli Neurologi Tiongkok: Waspada, Insomnia Bukan Hal Sepele

  • Bolong team
  • 30 May 2020

health

Inilah Posisi Tidur Ideal versi Fengsui

  • Della Shafira Putri
  • 11 Jul 2020

health

Ternyata Makanan juga Berdampak pada Kualitas Tidur, Lho!

  • Della Shafira Putri
  • 17 Jul 2020
Logo follow bolong