Baca dalam 3 menit

Cara Jaga Aroma Tubuh Agar Tetap Segar

Waktu Publish : 10 Jul 2021, 09:36 WIB
Sumber : wikohow.com
SHARE ARTIKEL

Bau badan - Image from suara.com

Jakarta, Bolong.id - Bau badan yang baik membuat orang percaya diri dan bahkan lebih menawan. Untuk melakukan ini, pertama-tama Anda harus merawat tubuh Anda dengan baik dan mengenakan pakaian yang baru dicuci. Kemudian, semprotkan parfum dengan lembut dan biarkan orang menebak mengapa Anda begitu harum.

Dilansir dari wikihow.com, dari langkah 1, belajar menggunakan wewangian dan bau badan yang menawan untuk meningkatkan rasa percaya diri, berikut langkah-langkah agar menjaga keharuman tubuh:

1. Mandi

Jika aroma tubuh Anda ingin tetap harum, mulailah dengan membersihkan tubuh Anda. Frekuensi mandi tergantung pada aktivitas harian dan cuaca tempat tinggal Anda.

Jika Anda tinggal di daerah dengan cuaca yang panas Anda harus lebih rajin mandi. Jika cuaca agak kering bisa mandi dua kali sehari.

Saat mandi, bersihkan kulit dengan sabun dan air hangat untuk membersihkan kotoran, keringat, dan bakteri yang menyebabkan tubuh mengeluarkan bau aneh.

Tidak yakin apakah tubuh Anda bau? Jangan pikirkan itu, pergilah mandi. Deodoran atau parfum tidak bisa menyembunyikan bau badan.

Jika Anda tidak ingin keramas setiap hari (banyak orang mengatakan ini akan mengeringkan dan merusak rambut), Anda bisa menggunakan shampo kering saat tidak keramas agar rambut tetap segar.

2. Gunakan deodoran

Sebanyak 2% orang di dunia membawa gen yang mencegah bau badan dari ketiak. Mereka beruntung, bukan? Sisanya dari kita hanya bisa mengandalkan deodoran untuk mencegah bau badan sepanjang hari. Setelah mandi, oleskan deodoran, keesokan harinya, jika perlu, Anda bisa mengaplikasikannya lagi.

Jika Anda cenderung berkeringat, pertimbangkan untuk memilih produk yang memiliki efek deodoran dan antiperspiran.

Ada stik, stik gel atau semprotan untuk deodoran, atau bahkan membuatnya sendiri dengan soda kue dan minyak kelapa. Cobalah berbagai produk untuk menemukan deodoran yang membuat Anda merasa paling nyaman dan wanginya paling enak.

Jika Anda berencana untuk menyemprotkan parfum atau cologne, Anda tidak perlu menggunakan deodoran yang kuat. Jangan biarkan tubuh berbau terlalu banyak pada saat yang bersamaan.

3. Gunakan bedak tabur

Setelah mandi, menaburkan bedak adalah cara yang baik untuk menjaga tubuh Anda tetap segar. Bersihkan tubuh Anda dan taburkan bedak pada ketiak, kaki, dan area lainnya. Ini membantu menjaga kulit tetap kering dan sangat nyaman dalam cuaca panas dan lembab.

Anda dapat membeli bedak untuk orang dewasa, dan bedak bayi sama efektifnya. Namun, bedak bayi memiliki aroma yang unik, dan Anda mungkin harus memilih produk yang tidak berbau.

Tidak ingin membeli bedak? Kemudian buat sendiri, yang Anda butuhkan hanyalah tepung maizena. Jika Anda ingin menambahkan wewangian, Anda bisa mencelupkan bola kapas ke dalam parfum atau minyak esensial favorit Anda. Masukkan bola kapas ke dalam stoples dan tutupi dengan tepung maizena. Gosokkan bedak pada tubuh Anda dengan puff.

4. Kenakan pakaian yang wangi

Mengenakan pakaian yang sama selama beberapa hari akan mempengaruhi bau badan Anda, jadi ingatlah untuk sering mencucinya. Tidak peduli apakah deterjen itu wangi atau tidak, yang terpenting pakaiannya bersih.

Jika Anda harus keluar sepanjang hari, Anda mungkin juga membawa beberapa pakaian ganti. Beberapa orang suka membawa satu set pakaian dalam, celana ketat, kaus kaki, atau kaus dalam yang baru jika diperlukan.

Jika tempat Anda bekerja memiliki bau yang menyengat atau sering terpapar asap rokok, Anda harus merawat pakaian Anda dengan sangat hati-hati untuk memastikannya mengeluarkan bau yang harum. Cuci pakaian Anda lebih sering, dan gunakan aroma deterjen dan pelembut pakaian yang kuat sudah cukup untuk bekerja.

Bicara soal pakaian, jangan lupa untuk mengecek tas, ransel, topi, dan aksesoris lainnya. Cucilah sesekali (terutama jika Anda menggunakannya setiap hari).

5. Pastikan kaki Anda berbau harum

Jika Anda khawatir dengan bau kaki Anda, Anda dapat fokus pada menggosok kaki Anda selama mandi, mengeringkan air secara menyeluruh, dan menaburkan bedak kaki sebelum mengenakan kaus kaki dan sepatu. Bawalah sepasang kaus kaki tambahan, yang bisa diganti nanti. Pastikan sepatu Anda dalam kondisi baik, karena sepatu bekas juga bisa menjadi sumber bau.

Siapkan sepasang sepatu olahraga khusus, jangan memakai sepatu lari ke sekolah atau bekerja.

Bawalah sebotol kecil bedak kaki ke mana pun Anda membutuhkannya sepanjang hari.

Jika Anda bisa, kenakan sepatu dan kaus kaki. Tanpa kaus kaki, kaki Anda akan lebih banyak berkeringat dan mengeluarkan bau yang tidak sedap.

6. Jaga napas Anda tetap segar

Menjaga kebersihan mulut yang baik adalah cara utama untuk menyegarkan napas Anda. Menyikat dan membersihkan gigi setiap hari, mengunjungi dokter gigi secara teratur, dan memperhatikan masalah seperti pembentukan plak dapat mencegah bau mulut kronis. Selain memperhatikan kebersihan dasar, cara-cara berikut ini juga bisa membuat nafas Anda tetap segar sepanjang hari:

Minum lebih banyak air. Terutama selama dan setelah makan, bersihkan partikel makanan dan bersihkan mulut Anda.

Gunakan obat kumur non-alkohol. Alkohol dalam obat kumur dapat mengeringkan mulut dan menyebabkan bau mulut. Pilih obat kumur bebas alkohol yang menyegarkan napas, bila ingin cepat menghilangkan bau mulut, Anda bisa berkumur.

Pada hari-hari penting ketika Anda perlu menjaga napas tetap segar, hindari bawang putih, bawang merah, dan makanan yang sangat pedas. Obat kumur hampir tidak bisa menyembunyikan bau makanan yang kuat. Bahkan menyikat gigi atau menggunakan obat kumur, bau ini tetap ada.

Bawalah mint, dan makanlah satu jika Anda ingin napas segar dalam keadaan darurat.(*)

Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong
32
21
16
1
1
3