Baca dalam 4 menit

4 Tips Dalam Mencegah Kanker Paru-paru

Waktu Publish : 29 Aug 2021, 15:51 WIB
Sumber : Sohu Health
SHARE ARTIKEL

Kesehatan paru-paru - Image from sohu

Bolong.id - Tidak pernah terpikirkan oleh Liu, 45 tahun, saat ia hanya ingin memeriksa tenggorokannya karena batuk kering yang mengganggu tanpa sebab yang jelas, justru berakhir dengan diagnosa dari dokter bahwa Ia telah mengidap kanker paru-paru stadium lanjut.

Liu tidak ingin percaya bahwa menderita kanker paru-paru stadium lanjut pada usia 45 tahun. Dokter bertanya kepada Liu tentang kebiasaan hidupnya dan mengatakan kepadanya bahwa ada alasan mengapa Ia bisa menderita kanker paru-paru di umur yang masih muda.

Dilansir dari Sohu Health pada Jumat (27/8/2021), Liu, adalah seorang perokok senior. Dia mulai merokok pada usia 17 yang berarti memiliki riwayat merokok hingga 28 tahun. Rokok kaya akan berbagai karsinogen. Bagi orang yang merokok dalam waktu lama, mereka rentan terhadap kanker paru-paru. Bagaimana caranya agar kita terhindar dari kanker paru-paru? Sebagai seorang dokter, penting untuk menjaga kebiasaan hidup sehat.

Pemeriksaan kanker paru-paru - Image from Sohu

Pertama, jangan merokok di pagi hari. Hal pertama yang dilakukan banyak orang di pagi hari adalah merokok, jika hal pertama di pagi hari yang anda lakukan adalah merokok maka itu berarti tingkat kecanduan anda sudah sangat parah. Jika Anda merokok dalam jumlah yang banyak dan jangka waktu yang panjang, risiko kanker paru-paru tentunya akan semakin tinggi. Merokok adalah faktor utama penyebab kanker paru-paru, yang tidak bisa diabaikan.

Kedua, jangan terlalu banyak makan makanan tinggi lemak di pagi hari. Terjadinya kanker paru-paru memiliki hubungan tertentu dengan pola makan. Setelah bangun di pagi hari, lalu sarapan dan makan siang dengan ikan dan daging yang berlemak tinggi, dan tidak pernah makan sayuran dan buah-buahan segar. Pola makan seperti ini dapat dengan mudah menyebabkan asupan karoten yang tidak mencukupi, kurangnya antioksidan dalam tubuh, dan risiko kanker paru-paru yang lebih tinggi.

Ketiga, jangan begadang. Begadang dalam waktu lama dapat dengan mudah menurunkan kekebalan tubuh. Dengan berlalunya waktu, risiko kanker paru-paru semakin tinggi.

Keempat, perbanyak olahraga di malam hari. Hidup sehat bergantung pada olahraga. Hanya dengan berolahraga kita dapat meningkatkan kekebalan dan mencegah kanker dengan lebih baik.

Paru-paru kita terdiri dari paru-paru kiri dan kanan. Selain menghirup oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida, paru-paru juga berperan dalam penyaringan. Oleh karena itu, sangat penting untuk melindungi paru-paru kita.

Di Tiongkok, kasus dan kematian kanker paru menempati urutan pertama di antara penyakit kanker dan tumor ganas. Jika kita tidak bisa menjaga kebiasaan hidup sehat, bahkan terus melakukan sesuatu yang merugikan paru-paru kita, maka risiko kanker paru-paru secara alami akan meningkat pesat dari waktu ke waktu. (*)


Informasi Seputar Tiongkok

Terkait

health

Risiko Kanker Antara Wanita dan Pria Berbeda, Bagaimana Bisa...

  • Lupita
  • 09 Oct 2021

health

Kisah Bibi Chen, Meninggal Karena Kanker Hati Gara-gara Kant...

  • Visco Joostensz
  • 08 Oct 2021

health

Apakah Vaginitis Penyebab Kanker Serviks?

  • Djono W. Oesman
  • 04 Oct 2021

health

Satu Suap Daging Berlemak Tinggi Sebabkan Kanker?

  • Lupita
  • 03 Oct 2021

health

Turunkan Berat Badan? Cobain 4 Manfaat Buah Apel

  • Lupita
  • 28 Sep 2021

health

Sering Minum Teh, Cegah Kanker atau Sebabkan Kanker?

  • Lupita
  • 19 Sep 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong