Baca dalam 3 menit

Kurang Air Putih Bisa Sebabkan Asam Urat?

Waktu Publish : 13 Nov 2021, 17:55 WIB
Sumber : Wang Ping
SHARE ARTIKEL

Ilustrasi Minum Air Putih - Image from PJimage

Bolong.id - Berbicara tentang asam urat, orang yang pernah mengalami asam urat akan merasakan sakitnya sendiri. Asam urat adalah peradangan yang disebabkan oleh pengendapan kristal urat di rongga sendi. Karena peradangan, pasien akan merasakan nyeri, kemerahan dan bengkak. Asam urat berkaitan dengan gaya hidup, termasuk makan, minum, dan kebiasaan gaya hidup normal.

Asam urat darah yang meningkat merupakan faktor kunci yang menyebabkan timbulnya asam urat, dan asam urat adalah produk metabolisme purin, yang merupakan bagian penting dari DNA dan RNA yang membentuk materi genetik manusia. Oleh karena itu, selama ada metabolisme sel, dihasilkan purin. Tetapi purin yang dihasilkan oleh metabolisme tubuh sendiri menyumbang 70% dari asam urat harian, yang merupakan bagian utama, sedangkan makanan yang mengandung purin hanya menyumbang 30%.

Oleh karena itu, sulit untuk mengontrol kandungan purin dari mengurangi makanan penyebab asam urat. Sebagian besar daging yang dimakan setiap hari memiliki purin sedang dan tinggi, purin jeroan lebih tinggi dari daging, dan purin makanan laut secara keseluruhan lebih tinggi. Kandungan purin jamur dan rumput laut relatif tinggi, terutama jamur kering, rumput laut kering atau sup rumput laut.

Sebagian besar sayuran rendah purin, tetapi parsley (sejenis ketumbar) memiliki kandungan purin tinggi. Sayuran taoge dan bayam memiliki kandungan purin sedang-tinggi. Namun, penelitian saat ini belum menemukan bahwa asupan sayuran tinggi purin akan meningkatkan risiko asam urat.

Dilansir dari Wang Ping, asam urat tidak hanya disebabkan oleh makanan, tetapi juga oleh minuman. Terjadinya asam urat jelas berkaitan dengan minuman manis dan bir yang sering Anda minum. Penelitian telah menemukan bahwa minum minuman manis memiliki dampak yang lebih serius terhadap asam urat daripada makan daging dan makanan laut.

Perhatikan kurang minum air putih, terlalu banyak minum sup, dan terlalu sedikit minum susu akan menyebabkan asam urat. Oleh karena itu, disarankan agar pasien asam urat atau orang dengan kandungan asam urat tinggi mengatur asupan nutrisinya. (*)


Informasi Seputar Tiongkok


Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong