Baca dalam 6 menit

Dapat Meningkatkan Imun, ini Kandungan dan Manfaat Bengkoang

Waktu Publish : 26 Oct 2021, 17:00 WIB
SHARE ARTIKEL

Ilustrasi Bengkoang - Image from cdn0-production-images-kly.akamaized.net

Bolong.id - Makanan yang memiliki rasa manis serta tekstur yang crunchy, sering jadi favorit banyak orang. Siapa sangka, makanan ini memiliki banyak manfaat yang tentu saja baik untuk kesehatan tubuh, Aapa saja manfaat dan khasiat dari bengkoang, dan kandungan gizi apa saja yang tersimpan dalam makanan ini?

Kandungan gizi dalam bengkoang

Bengkoang atau bengkuang, di Indonesia seringkali menjadi bahan masakan atau sebagai camilan harian. Di balik kegunaannya, bengkoang juga memiliki kandungan gizi atau nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Berikut adalah kandungan gizi yang terkandung dalam 100 gram bengkuang mentah, berdasarkan Data Komposisi Pangan Indonesia:

- Air: 85,1 gram
- Energi: 59 kal
- Protein: 1,4 gram
- Lemak: 0,2 gram
- Karbohidrat: 12,8 gram
- Serat: 1 gram
- Abu: 0,5 gram
- Kalsium: 15 mg
- Fosfor: 18 mg
- Zat besi: 0,6 mg
- Natrium: 2 mg
- Kalium: 244,3 mg
- Tembaga: 0,1 mg
- Seng (zinc): 0,3 mg
- Thiamin (Vit. B1): 0,04 mg
- Riboflavin (Vit. B2): 0,1 mg
- Niasin: 0,2 mg
- Vitamin C: 20 mg

Selain itu, bengkuang juga mengandung jenis vitamin dan mineral lain, seperti folat, magnesium, selenium, mangan, vitamin B5, vitamin B6, dan vitamin E.

Berdasarkan kandungan gizi di atas, berikut adalah manfaat dan khasiat dari bengkuang yang bisa kamu dapatkan:

1. Meningkatkan sistem imun tubuh

Terkandung sekitar 40 persen kebutuhan vitamin C harian untuk tubuh dalam 100 gram buah bengkoang. Adapun asupan vitamin C dalam tubuh yang memainkan peran penting dalam menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jika kekebalan tubuh meningkat, tubuh tidak akan mudah terserang bakteri, virus, ataupun jamur yang dapat menyebabkan penyakit.

Selain itu, vitamin C yang terdapat pada bengkoang mengandung zat antioksidan alami yang mampu memerangi radikal bebas, yang merupakan akar dari berbagai penyakit kronis.

2. Menjaga kesehatan jantung

Bengkoang memberi manfaat untuk kesehatan jantung dalam berbagai cara. Pertama, kandungan antioksidan yang ada dalam jenis umbi ini dapat melawan radikal bebas dan mengurangi peradangan, termasuk pada jantung. Selain itu, serat di dalamnya pun dapat membantu menurunkan peradangan, kadar kolesterol jahat (LDL), dan tekanan darah.

Sejalan dengan hal itu, tekanan darah juga dapat terkontrol karena kandungan kalium yang tersimpan di dalam bengkuang. Adapun berbagai khasiat tersebut dapat membantu Anda terhindar dari penyakit jantung.

3. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Memakan bengkoang bisa membantu kamu memenuhi kebutuhan gizi akan serat. Karena, kandungan serat pada bengkoang tergolong cukup tinggi. Bahkan, Food revolution Network menyebut, mengonsumsi satu cangkir bengkoang bisa membantu memenuhi seperempat kebutuhan serat harian.

Kandungan serat sangat baik untuk membantu proses pencernaan tubuh. Kandungan ini bisa meningkatkan massa feses dan melembutkannya, sehingga Anda bisa terhindar dari sembelit.

4. Meningkatkan kepadatan tulang

Kalsium, magnesium, tembaga, fosfor, dan zat besi yang ada pada bengkoang juga penting untuk tubuh. Berbagai jenis mineral ini diketahui bermanfaat bagi tubuh untuk meningkatkan kepadatan tulang serta membantu menyembuhkan dan memicu pertumbuhan tulang baru yang rusak.

Tetapi tak hanya mineral tersebut yang berperan. Bengkuang juga diketahui mengandung inulin, yaitu salah satu jenis prebiotik yang dapat membantu mempertahankan mineral di tulang, meningkatkan penyerapan kalsium, dan mengurangi risiko pengeroposan tulang (osteoporosis).

5. Menjaga kesehatan otak

Khasiat yang tidak kalah penting dari bengkoang adalah menjaga otak menjadi lebih sehat. Hal ini didukung dengan adanya kandungan vitamin B6 atau piridoksin yang penting untuk perkembangan otak secara normal, termasuk fungsi kognitif, serta menjaga kesehatan sistem saraf dan sistem kekebalan.

Selain itu, vitamin B6 juga berperan dalam mengubah asam protein menjadi asam amino, yang digunakan tubuh untuk membantu memperbaiki proses metabolisme dan kerja organ tubuh.

6. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat bengkoang untuk menjaga kesehatan kulit tentu sudah sering terdengar. Khasiat ini bisa kamu peroleh karena kandungan vitamin C yang ada dalam bengkoang. Vitamin C merupakan antioksidan yang dapat membantu memproduksi kolagen agar kulit tetap sehat.

Jenis vitamin ini dapat menghilangkan tanda-tanda penuaan kulit karena berperan dalam sintesis kolagen dalam tubuh. Selain itu, vitamin C juga dapat membantu memperbaiki dan mencegah kulit kering, serta melindungi kulit dari sinar matahari. (*)

Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong