Baca dalam 4 menit

Tak Boleh Makan Buah Kesemek Terlalu Banyak, Kenapa?

Waktu Publish : 19 Sep 2021, 09:09 WIB
SHARE ARTIKEL

Buah Kesemek - Image from toutiao

Bolong.id - Buah kesemek mungkin sudah tidak asing lagibagi masyarakat Indonesia. Buah kesemek banyak dijumpai di berbagai wilayah di Indonesia.

Buah yang memiliki nama lain persimmon ini rasanya manis segar dengan kandungan banyak air di dalamnya. Bentuk buah kesemek bulat seperti tomat, daging buahnya padat, renyah saat digigit tapi lembut, hampir mirip seperti apel.

Kulit luar buah kesemek yang sudah matang berwarna oranye segar seperti jeruk, dan dilumuri bedak warna putih. Rasanya yang manis membuat banyak masyarakat Indonesia gemar makan buah manis satu ini.

Namun ternyata buah kesemek tidak boleh dimakan terlalu banyak lho, mengapa begitu?

1. Mengandung gula tinggi

Pertama-tama, kesemek biasanya mengandung gula yang tinggi. Jika Anda makan terlalu banyak, Anda akan merasa kenyang. Ini tidak hanya akan memengaruhi nafsu makan Anda, tetapi juga memengaruhi asupan makanan Anda dan ini sangat tidak sehat.

Dilansir dari 康宁之道 pada Sabtu (18/9/2021), selain itu, karena kandungan gula kesemek yang relatif tinggi, makan kesemek akan mempengaruhi gula darah, sehingga penderita gula darah tinggi tidak cocok untuk makan kesemek.

2. Bahan makanan dingin

Kesemek merupakan bahan makanan yang dingin, sehingga tidak bisa dimakan dengan kepiting, ikan atau udang. Selain itu, setelah minum alkohol, kesemek tidak cocok untuk dimakan, karena dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

Buah Kesemek - Image from toutiao

Poin lainnya adalah bahwa ada banyak nutrisi dalam kesemek, termasuk pektin dan asam tanat, dan sebagian besar ada di kulit kesemek. Makan kesemek dengan kulitnya rentan terhadap masalah pencernaan, jadi cobalah memakannya tanpa kulitnya.

Meskipun ada begitu banyak pantangan saat makan kesemek, kesemek juga memiliki nilai obat yang luar biasa.

1. Kesemek segar juga memiliki efek mendinginkan darah dan hemostasis. Musim kesemek ada di pasaran sekarang. Di musim gugur, cuacanya kering, dan banyak orang mengalami tenggorokan yang tidak nyaman. Makan kesemek dapat membantu orang melembabkan paru-paru dan mengatasi dahak dan membersihkan kekeringan dan panas dengan baik.

2. Makan beberapa kesemek dengan tepat dalam hidup juga memiliki efek meningkatkan sirkulasi darah dan anti-inflamasi, dan pada saat yang sama meningkatkan fungsi kardiovaskular. Selain itu, makan beberapa kesemek dengan tepat baik untuk tekanan darah. Meremas kesemek hijau menjadi jus dapat mengobati tekanan darah tinggi.

3. Kesemek mengandung sejumlah besar pektin. Setelah kita memakannya, kita tidak hanya bisa menghilangkan rasa lapar kita, tetapi juga membuang sampah di usus. Makan kesemek memiliki efek melembabkan usus dan membersihkan usus, sehingga mengurangi sembelit, tetapi harus tepat.

4. Kesemek mengandung banyak zat berserat dan mineral, dll. Pada saat yang sama, kesemek juga mengandung antioksidan. Makan kesemek tidak hanya dapat memberikan nutrisi yang baik untuk tubuh, tetapi juga memiliki efek anti penuaan dan perlindungan jantung yang kuat.

Ada cara lain untuk makan kesemek. Kesemek tersebar di atas lempengan batu. Setelah lama terkena sinar matahari dan embun malam, lapisan es putih akan tumbuh di bagian luar kesemek, yang disebut es kesemek. Kesemek beku dapat mengobati disentri dan penyakit tenggorokan. Kesemek kering juga memiliki efek astringen usus, menyehatkan paru-paru, hemostasis dan menyehatkan perut. (*)


Informasi Seputar Tiongkok

Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong