Baca dalam 4 menit

3 Kuil Shaoli di Fujian, Pernah Jadi Tempat Shooting Jet Li?

Waktu Publish : 26 Sep 2021, 06:49 WIB
SHARE ARTIKEL

Jet Li dalam Shaolin Temple - Image from Kung-fu Kingdom

Bolong.id - Pada tahun 1982, Jet Li membintangi film Shaolin Temple, dan kemudian Shaolin Temple 3: Martial Arts of Shaolin (南北少林), jika diartikan secara literal dari bahasa Mandarin adalah Southern and Northern Shaolin atau Kuil Shaolin Utara dan Selatan. Kuil Shaolin Songshan Henan umumnya dikenal sebagai Kuil Shaolin Utara.

Kuil ini dibuat setelah ayah Bodhidharma datang ke Tiongkok. Lalu, dimanakah Kuil Shaolin Selatan? Ada tiga kuil Shaolin di Fujian yang bersaing memperebutkan gelar Shaolin Selatan. Ketiga kuil Shaolin ini terletak di Putian, Fuqing dan Quanzhou.

Kuil Shaolin di Putian

Kuil Shaolin di Putian - Image from fo-ifeng.com

Dilansir dari 无风却起念 pada Jumat (24/9/2021), Kuil Shaolin di Putian dibangun selama periode Zhenguan dari Dinasti Tang (577 M) dan awalnya bernama Kuil Linquan. Selama Dinasti Tang, tiga belas biksu dari Songshan Shaolin membantu dalam menyelamatkan Li Shimin.

Setelah Li Shimin naik takhta, ia secara khusus memerintahkan kepala biara tanzong dari Kuil Songshan Shaolin untuk membangun kembali kuil Linquan di Putian, Fujian. Pada Dinasti Qing, Kuil Shaolin Putian mencakup area seluas lebih dari 20.000 meter persegi.

Sayangnya, Kuil ini dihancurkan oleh pemerintah Qing. Para arkeolog menemukan situs Kuil Putian Shaolin pada tahun 1986 dan membangun kembali Kuil Putian Shaolin di situs tersebut, di Provinsi Fujian pada tahun 1992.

Kuil Shaolin di Quanzhou

Kuil Shaolin di Quanzhou - Image from 中国侨联

Pendiri Kuil Shaolin Quanzhou juga terkait dengan tiga belas biksu dari Dinasti Tang, dan merupakan master Zhikong Zen di antara tiga belas biksu tongkat. Nasib Kuil Shaolin di Quanzhou lebih menyedihkan daripada Kuil Shaolin di Putian. Kuil ini telah dihancurkan 3 kali dan dibangun kembali 3 kali karena berbagai alasan selama ribuan tahun.

Sejak Kuil Shaolin di Quanzhou ini melangkah keluar dari Hong Xi Guan, pendiri Hongquan, dan kemudian melatih generasi ahli seni bela diri termasuk Huang Feihong dari Hongmen, Kuil Shaolin Quanzhou memiliki pengaruh besar di luar negeri.

Shi Changding, kepala biara Kuil Shaolin Quanzhou, percaya bahwa Kuil Putian Linquan adalah cabang atau halaman bawah Kuil Shaolin Selatan di Yongchun setelah dibakar. Kuil ini berulang kali dibakar dan dibangun kembali pada masa Dinasti Song, Yuan, dan Ming.

Kuil Shaolin di Fuqing

Kuil Shaolin di Fuqing - Image from fo.ifeng.com

Kuil Shaolin di Fuqing juga berkaitan dengan tiga belas biksu tongkat Shaolin. Selama ribuan tahun, tidak luput dari nasib dihancurkan oleh perang, dan hanya tinggal satu yang tersisa. Pada tahun 1993, para arkeolog menemukan situs Kuil Shaolin di Fuqing dan menemukan ribuan peninggalan budaya, yang mengkonfirmasi keberadaan Kuil Fuqing Shaolin.

Prasasti batu bertuliskan “Akademi Shaolin" dan "Shaolin" ditemukan di sini. Ada banyak tangga, kandang kuda, lapangan latihan, dan makam biksu Shaolin. (*)



Informasi Seputar Tiongkok

Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong