Baca dalam 3 menit

Keren! Perusahaan Pengiriman di China Berikan Pelatihan bagi Kesejahteraan Kurirnya

Waktu Publish : 08 Sep 2021, 12:08 WIB
SHARE ARTIKEL

Pegawai kurir SF Express dalam pelatihan - Image from SHINE

Bolong.id - Sebuah perusahaan kurir domestik terkemuka telah merilis sebuah program untuk mendukung secara finansial pelatihan akademik dan vokasi karyawannya.

Dilansir dari 鲁南资讯 pada Selasa (07/09/2021), SF Express yang berbasis di Shenzhen telah menjadi perusahaan kurir Tiongkok pertama yang meluncurkan "rencana pendukung pembangunan berkelanjutan bagi karyawan."

Program ini dimulai setelah tujuh kementerian dan badan pemerintah Tiongkok merilis pedoman pada bulan Juli untuk memastikan kesejahteraan yang sah dari kelompok besar pekerja kurir negara oleh pasar e-commerce terbesar di dunia.

SF berencana untuk menginvestasikan lebih dari 500 juta yuan (sekitar Rp1,1 triliun) untuk lebih dari 200.000 pekerja pengiriman untuk menerima pendidikan tinggi atau pelatihan kejuruan untuk posisi baru. Anggota keluarga mereka juga akan mendapat manfaat dari program ini.

"Pegawai garda depan dengan gelar sekolah menengah akan disubsidi untuk belajar dan memperoleh gelar sarjana, sementara mereka yang memiliki gelar sarjana didorong untuk kuliah dan mendapatkan beasiswa," kata seorang pejabat SF kepada Shanghai Daily, Selasa (7/9).

Dua kategori rencana pembangunan berkelanjutan telah diluncurkan untuk menumbuhkan spesialis dan manajemen profesional di antara para pekerja kurir.

Pengiriman dan penyortiran karyawan juga akan diatur untuk menerima identifikasi keterampilan dan evaluasi gelar profesional untuk lebih meningkatkan keterampilan mereka.

Para pekerja kurir juga akan dibimbing untuk menerima pelatihan kejuruan lintas industri, seperti di bidang perpipaan, operasi toko dan pertanian, untuk memperluas kemungkinan karir mereka di masa depan.

Karyawan kurir senior akan didukung untuk dipindahkan ke posisi lain di dalam perusahaan, seperti asisten toko, pengantar paket kecil, atau pekerja penyimpanan.

Perusahaan juga akan mengalokasikan sumber daya untuk membantu beberapa karyawan menjadi wirausaha.

Anak-anak pekerja kurir dapat menikmati prioritas untuk dipekerjakan di perusahaan. Perusahaan juga akan membeli berbagai polis asuransi, termasuk untuk penyakit kritis, kecelakaan dan pembayaran medis, untuk keluarga karyawannya.

Hampir 70.000 anggota keluarga dari karyawan kurir yang berkinerja baik telah ditanggung oleh asuransi kesejahteraan, menurut perusahaan.

Lebih dari 300 juta paket dikirim ke seluruh negeri setiap hari, menurut statistik terbaru dari Biro Pos Negara Tiongkok.

Jumlah pengiriman diperkirakan mencapai 95 miliar buah sepanjang 2021, kata biro itu.

Selain SF, beberapa perusahaan kurir terkemuka telah meningkatkan pembayaran kepada pekerja pengiriman untuk menerapkan pedoman pemerintah. (*)


Informasi Seputar Tiongkok

Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong