Baca dalam 4 menit

Kosmetik Berlabel "Food Grade" Lebih Aman? BPOM China: Ini Menyesatkan Konsumen

Waktu Publish : 19 Oct 2021, 17:26 WIB
SHARE ARTIKEL

Lipstik - Image from Fruitful Kitchen

Bolong.id - Saat ini, promosi kosmetik berlabel food grade membanjiri pasar dan diklaim aman dikonsumsi seperti Lipstik jelly yang dapat dimakan, dan tabir surya berlabel food grade untuk anak-anak. Dalam hal ini, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Tiongkok mengumumkan pada tanggal 18 Oktober 2021 bahwa berlabel food grade menyesatkan konsumen.

Sebelumnya, Peraturan tentang Pengawasan Kosmetik Anak yang dikeluarkan oleh BPOM Tiongkok secara jelas mengatur bahwa label kosmetik anak tidak boleh ditandai dengan kata-kata seperti "food grade", "aman dikonsumsi" atau yang berhubungan dengan makanan. Tian Yan, wakil kepala dokter Departemen Dermatologi di Pusat Medis Khusus Angkatan Udara Tiongkok, secara khusus mengingatkan bahwa tidak ada kosmetik yang aman dikonsumsi.

Dilansir dari 科技日报 pada Selasa (19/10/2021), Tian Yan menjelaskan bahwa beberapa produsen menggunakan bahan baku tertentu yang aman untuk dimakan ketika memproduksi kosmetik. Beberapa bisnis mengambil kesempatan untuk melabeli kosmetik tersebut sebagai "food grade" kosmetik untuk menunjukkan bahwa kosmetik yang mereka jual lebih aman, terutama itu menyiratkan orang tua bahwa lebih aman bagi anak-anak untuk menggunakan kosmetik seperti itu, bahkan jika anak-anak memakannya, tidak ada risiko.

"Faktanya, kosmetik dan makanan adalah dua jenis produk yang berbeda. Undang-undang dan peraturannya berbeda, standar produknya berbeda, juga persyaratan bahan baku, kondisi produksi, dll. Tidak ada yang disebut kosmetik 'food grade'," Tian Yan menekankan.

Tian Yan mengatakan bahwa untuk mengevaluasi apakah suatu kosmetik aman, perlu untuk mengevaluasi keamanan bahan bakunya, serta formula produknya, proses produksi, mode penggunaan, kondisi penyimpanan, dll. Keamanan kosmetik tidak ada hubungannya dengan apakah kosmetik itu dapat dimakan.

Itu dapat digunakan sebagai bahan baku kosmetik hanya jika dianggap aman setelah penilaian komprehensif dan telah terdaftar atau diajukan ke BPOM Tiongkok sebagai bahan baku kosmetik baru. Selain itu, menurut "Spesifikasi Teknis Keamanan Kosmetik", beberapa zat yang dapat dimakan atau yang banyak terdapat dalam makanan termasuk sebagai bahan baku kosmetik yang dilarang dan dilarang ditambahkan ke kosmetik, seperti konjak, vitamin K-1, dll.

Menurut Badan Pengawas Obat Negara, menurut Peraturan Pengawasan Kosmetika, kosmetik adalah produk industri kimia sehari-hari yang diaplikasikan pada permukaan tubuh manusia seperti kulit, rambut, kuku, bibir, dll dengan cara menggosok, penyemprotan, atau metode serupa lainnya. Oleh karena itu, kosmetik bukanlah produk yang dirancang untuk dikonsumsi.

Dalam penggunaan sehari-hari, seperti sesekali menelan sedikit kosmetik, seperti lipstick dari mulut dan bibir, jangan terlalu khawatir, karena asupan ini kecil dan masih dalam kisaran aman yang diperbolehkan. Namun, jika anak salah mengira kosmetik sebagai makanan dan berinisiatif untuk mengonsumsi dalam jumlah banyak, hal itu dapat menyebabkan risiko kesehatan. Jika gejala muncul, mereka juga harus segera mencari perawatan medis. (*)


Informasi Seputar Tiongkok

Terkait

news

China Perkuat Pengawasan Kosmetik Anak

  • Lupita
  • 27 Jul 2021

news

Berbahaya, Tren Pakai Kosmetik pada Anak-anak di China

  • Lupita
  • 18 Jul 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong