Baca dalam 3 menit

China Ambil 68 Peninggalan Sejarah yang Diselundupkan ke Inggris

SHARE ARTIKEL

benda peninggalan - Image from CGTN

Beijing, Bolong.id - Sebanyak 68 peninggalan budaya telah dikembalikan ke Tiongkok dari Inggris, Administrasi Warisan Budaya Nasional (National Cultural Heritage Administration; NCHA) mengatakan pada konferensi pers pada hari Rabu (18/11).

Peninggalan budaya, yang diselundupkan ke luar negeri, diambil melalui upaya pemerintah urusan luar negeri dan otoritas bea cukai sejak Januari, menurut Kantor Berita Xinhua.

Peninggalan budaya termasuk tembikar tiga warna dari Dinasti Tang (618-907), tembikar biru dan putih dari Dinasti Song (960-1279), kuda batu dari Dinasti Yuan (1271-1368) dan benda bersejarah lainnya.

Peninggalan - Image from CGTN

Tekstur peninggalannya meliputi porselen, tembikar, perkakas batu, peralatan perunggu, dan rentang waktu dari Periode Negara Berperang hingga Dinasti Qing (1636-1912).

Guan Qiang, wakil kepala administrasi, mengatakan dengan material dan kualitasnya, beberapa benda budaya memiliki nilai sejarah, seni, dan ilmiah yang signifikan.

Ia mengatakan, pengembalian peninggalan budaya Tionghoa merupakan contoh keberhasilan kerja sama antara Tiongkok dan Inggris dalam memerangi penyelundupan peninggalan budaya.

Peninggalan budaya yang dikembalikan akan dipamerkan di situs resmi NCHA. Dilansir dari Xinhuanet, Rabu (18/11). (*)

Terkait

culture

China Ambil 68 Peninggalan Sejarah yang Diselundupka

  • Lupita
  • 19 Nov 2020
Logo follow bolong