Baca dalam 3 menit

Peninggalan di Liangzhu, Bukti Sejarah Panjang Tiongkok

SHARE ARTIKEL

Peninggalan budaya Liangzhu - Image from orientalceramics.org

Zhejiang, Bolong.id - Tiongkok sering disebut sebagai salah satu negara dengan sejarah tertua di dunia. Namun, tahukah kalian kapan peradaban ini di mulai?

Ada beberapa kontroversi tentang awal mula dan asal mula peradaban Tiongkok. Namun, sisa peninggalan dari kota Liangzhu ini memperkuat adanya sejarah panjang Tiongkok.

Sisa bangunan yang dulunya merupakan ibu kota Liangzhu yang berkembang pesat dimasukkan dalam Daftar Warisan Dunia pada sesi ke-43 UNESCO di Azerbaijan, ini adalah situs ke-55 Tiongkok dalam daftar tersebut.

Liangzhu - Image from CGTN

Situs Arkeologi Liangzhu telah dibangun kembali sebagai objek wisata, dengan melestarikan sisa bangunan yang tersisa.

Orang-orang pernah menggambarkan situs ini sebagai "peradaban 5.000 tahun yang ditunjukkan oleh giok" karena ribuan artefak giok digali dari Pemakaman Fanshan di situs tersebut. Ada 11 makam yang ditemukan di pemakaman tersebut.

Kuburan Fanshan merupakan kuburan kelas atas di Kota Liangzhu, mengingat spesifikasi yang tinggi dan pengerjaan batu giok yang sempurna, disimpulkan bahwa kuburan ini adalah milik keluarga kerajaan saat itu.

Peninggalan peradaban Liangzhu - Image from wikimedia.org

Sistem hidrologi yang baru-baru ini digali menulis ulang sejarah teknik Tiongkok. Karena kota ini terletak di Cekungan Sungai Yangtze, para peneliti menemukan sistem bendungan dengan tanggul tinggi dan rendah yang dapat menjadi salah satu proyek sistem hidrologi tertua dan terbesar di dunia.

Proyek nasional sebesar itu menunjukkan kemampuan pengorganisasian sosial masyarakat Liangzhu yang kuat dan produktif.

Di museum, banyak peninggalan dan jejak penggunaan sehari-hari. Mereka memiliki sistem pertanian yang matang dan hidangan yang kaya nutrisi seperti nasi, daging babi, dan buah-buahan.

Museum  Liangzhu - Image from CGTN

Fasilitas tersebut menggambarkan pencapaian besar peradaban budidaya padi prasejarah Tiongkok lebih dari 5.000 tahun yang lalu dan merupakan contoh luar biasa dari peradaban awal perkotaan.

Benda-benda galian yang berupa artefak giok melambangkan sistem kepercayaan serta usia peradaban Tiongkok; proyek pemeliharaan air mengungkapkan kemampuan pengorganisasian dan kekuatan sosial mereka dalam sebuah proyek nasional.

Budaya kuno juga menunjukkan pentingnya lembah Sungai Yangtze di awal mula peradaban Tiongkok. (*)

Terkait

berita

Krisis Kepedulian Tanggapi Corona, Anggap Remeh hing

  • Bolong team
  • 19 Mar 2020

bisnis

Dampak Covid-19, Ekonomi Tiongkok "Goyang", Bikin In

  • Bolong team
  • 21 Mar 2020

kesehatan

Bisa Indonesia Contoh, Kisah-kisah Pasien Sembuh dar

  • Bolong team
  • 21 Mar 2020

berita

Beberapa Tipe Orang Yang Harus Dikarantina

  • Bolong team
  • 22 Mar 2020

kesehatan

Virus Corona Kebal Lho, Sama Obat Biasa.

  • Bolong team
  • 22 Mar 2020

berita

Prabowo Subianto Menyambut Senjata Perang Ampuh Mela

  • Bolong team
  • 23 Mar 2020
Logo follow bolong