Baca dalam 2 menit

China Bertanggung Jawab Atas 95% Peningkatan Hutan APEC

Waktu Publish : 20 Nov 2021, 10:45 WIB
SHARE ARTIKEL

Foto udara yang diambil pada 13 November 2021 menunjukkan pemandangan hutan redwood fajar di Waduk Zhanghe kota Jingmen, provinsi Hubei, China Tengah. - Image from People Daily China

Bolong.id - Tutupan hutan di Tiongkok meningkat 26,5 juta hektar dari 2007 hingga 2020, berkontribusi sekitar 95 persen dari total peningkatan di antara 21 anggota APEC, Administrasi Kehutanan dan Padang Rumput Nasional mengatakan pada hari Rabu.

Dilansir dari People Daily China pada Jumat (19/11/2021), pemerintah juga mengatakan tutupan hutan di kawasan Asia-Pasifik tumbuh dengan total 27,9 juta hektar selama periode yang sama, mencapai tujuan meningkatkan tutupan hutan di kawasan itu setidaknya 20 juta hektar dari semua jenis hutan pada tahun 2020.

Tujuan tersebut ditetapkan selama Pertemuan Pemimpin Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik ke-15 di Sydney, ibu kota Australia, pada tahun 2007.

"Sebagai anggota APEC, Tiongkok telah mempromosikan rehabilitasi tutupan hutan di kawasan itu, dan telah memberikan kontribusi besar untuk mencapai tujuan yang ditetapkan di Sydney," kata pemerintah.

Untuk melakukan itu, Tiongkok telah merevisi kebijakan dan peraturan tentang kehutanan dan padang rumput dan mengusulkan pembentukan Jaringan Asia-Pasifik untuk Pengelolaan dan Rehabilitasi Hutan Berkelanjutan (APFNet) pada tahun 2008, sebuah organisasi internasional nirlaba yang didedikasikan untuk meningkatkan pengelolaan dan rehabilitasi hutan di wilayah.

Sampai tahun lalu, APFNet telah melaksanakan 50 program pengelolaan dan rehabilitasi hutan lestari, menjalin kemitraan kerjasama dengan 11 organisasi internasional dan menawarkan pelatihan profesional kepada staf dari 26 ekonomi. (*)


Informasi Seputar Tiongkok

Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong