Baca dalam 3 menit

Kopi Hitam Bisa Turunkan Berat Badan? Cek Faktanya

Waktu Publish : 24 Jan 2021, 10:10 WIB
SHARE ARTIKEL

Kopi Hitam - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami 

Jakarta, Bolong.id - Tampaknya menurunkan berat badan selalu menjadi topik yang selalu gemar dibicarakan. Minum kopi hitam juga menjadi pilihan banyak orang yang ingin menurunkan berat badan. Lantas, apakah kopi hitam benar-benar bisa menurunkan berat badan?

Kopi memiliki nilai kesehatan tertentu. Kopi kaya akan kafein dan antioksidan polifenol, yang memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk mengurangi peradangan dan kerusakan akibat radikal bebas. Sedangkan, untuk menurunkan berat badan, kopi tampaknya memiliki dua manfaat potensial yaitu meningkatkan metabolisme dan mengurangi nafsu makan. 

Meningkatka metabolisme, terutama karena peran kafein. Sejumlah penelitian telah mengonfirmasi bahwa kafein dapat meningkatkan metabolism tubuh, sehingga  tubuh manusia dapat mengonsumsi lebih banyak energi dalam waktu bersamaan.

Dalam survei terhadap lebih dari 600 orang, ditemukan bahwa lebih banyak asupan kafein dikaitkan dengan penurunan berat badan, indeks massa tubuh (BMI), dan massa lemak. Ketika peserta menggandakan asupan kafein mereka, berat badan, BMI, dan massa lemak mereka turun 17% -28%. 

Kopi juga bisa membuat saat olahraga dapat membakar lebih banyak lemak. Sebuah penelitian mengamati efek dari 7 pria sehat yang minum sekitar 1 cangkir (250 ml) air atau kopi berkafein setelah 30 menit berolahraga. Mereka yang minum kopi membakar lebih banyak lemak dibandingkan mereka yang minum air. Namun, penelitian tersebut masih belum cukup untuk menunjukkan bahwa kopi memiliki efek penurunan berat badan yang pasti

Sedangkan, untuk mengurangi nafsu makan, penelitian menunjukkan bahwa minum kopi sebelum makan akan mengurangi jumlah asupan makan. Namun, jika jarak minum kopi dan makan terlalu jauh, misalnya Anda minum kopi tiga atau empat jam sebelum makan, maka asupan makanan untuk makan berikutnya tidak akan terpengaruh. Sebuah penelitian terhadap 33 orang yang kelebihan berat badan dan berat badan normal menemukan bahwa minum kopi dapat mengurangi asupan kalori orang yang kelebihan berat badan. 

Namun dalam penelitian lain, kopi tidak menunjukkan efek yang begitu baik. Karena itu, apakah kopi bisa membantu mengurangi asupan kalori membutuhkan lebih banyak penelitian.

Beberapa kopi penurun berat badan yang dijual secara online adalah kopi hitam murni atau kopi hitam instan. Beberapa, hal yang dapat membantu menurunkan berat badan ditambahkan ke dalam kopi, seperti L-karnitin. Apakah L-karnitin benar-benar dapat membantu menurunkan berat badan masih belum pasti. 

Oleh karena itu, saat membeli "kopi penurun berat badan", sebaiknya perhatikan apakah kopi tersebut murni kopi hitam atau hal lain yang ditambahkan. Jika bahan lain ditambahkan, perhatikan apakah pabriknya resmi, apakah produk tersebut memiliki nomor batch resmi, dll. Sebab, kopi hanyalah sebagian kecil dari pengendalian berat badan. 

Mengenai apakah kopi itu baik untuk kesehatan Anda, yang terpenting adalah masalah kuantitas, selama Anda minum dalam jumlah yang tepat, maka itu baik untuk kesehatan Anda, minum terlalu banyak dapat berbahaya bagi kesehatan Anda. Untuk orang dewasa yang sehat, aman mengonsumsi kopi dengan tidak lebih dari 400 mg kafein per hari. Wanita hamil sebaiknya tidak mengonsumsi lebih dari 200 mg kafein per hari.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah ketika kita membahas masalah kesehatan dari kopi, kita berbicara tentang kopi hitam, yaitu kopi tanpa gula atau krim. Setelah menambahkan produk susu dan gula, kopi atau teh susu tidak hanya akan membuat Anda gemuk, tetapi juga akan membuat kulit Anda berminyak dan berjerawat.

[Matsnaa Chumairo/Penerjemah]

[Lupita/Penulis]

Terkait

health

Ini Dia 3 Hal yang Buat Diet Tidak Sukses

  • Della Shafira Putri
  • 28 Aug 2020

Health

7 Menu Ini untuk Penuhi Kebutuhan Kalsium Harianmu

  • Matsnaa
  • 24 Jan 2021

Health

Kopi Hitam Bisa Turunkan Berat Badan? Cek Faktanya

  • Matsnaa
  • 24 Jan 2021
Banner Kanan
Logo follow bolong