Lima Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Menyeduh Teh

logo clock 4 Menit logo clock 11-10-2020, 10:01

Ilustrasi Teh - Image from Kompas Lifestyle

Jakarta, Bolong.id - Minum teh telah menjadi ritual bagi jutaan orang di dunia. Bahkan  di Tiongkok dan Inggris ada waktu tersendiri untuk minum teh berserta cara menyeduh dan menyantapnya. Bagi penggemar teh, ritual menyeduh teh merupakan momen penting untuk relaksasi. Kesalahan dalam cara menyeduh teh ternyata dapat mempengaruhi rasa dari teh itu sendiri. Berikut ini adalah kesalahan umum yang sering dilakukan orang saat menyeduh teh, dilansir dari Detik Food, Sabtu (10/10/2020). 

Memakai air keran

Ternyata air putih memiliki peran besar dalam cita rasa teh. Air minum dibagi menjadi dua tipe, yaitu air pekat yang mengandung sejumlah mineral dan air ringan yang mengandung sedikit mineral atau tidak sama sekali. Air keran termasuk golongan air pekat, di mana kandungan mineralnya dapat mempengaruhi rasa dan aroma teh. 

Air keran juga bisa mengandung bahan kimia  yang dapat merusak rasa teh. Oleh karena itu, sebaiknya jangan menggunakan air keran agar rasa dan aroma teh tetap terjaga. 

Waktu menyeduh teh yang terlalu singkat atau lama

Durasi waktu penyeduhan daun teh berperan penting dalam menghasilkan air teh yang enak. Terlalu lama merendam daun teh akan memberikan rasa pahit dan teh yang lebih pekat. 

Setiap jenis teh memerlukan waktu penyeduhan yang berbeda. Misalnya, menyeduh teh hitam memerlukan waktu 5 menit. Oleh karena itu, sebaiknya perhatikan jenis teh sebelum menyeduhnya dan sesuaikan dengan durasi waktu yang disarankan agar rasa teh tidak rusak. 

Tidak menakar daun teh 

Menyeduh teh akan lebih praktis jika menggunakan kantung teh, tetapi di pasaran juga dijual daun teh yang tidak dikemas dalam kantung. Untuk menyeduh teh, biasanya daun teh diletakkan dalam poci, lalu dituangi air panas dan didiamkan beberapa menit barulah teh dapat dinikmati. Namun, faktanya takaran daun teh sangat penting untuk mendapatkan air teh yang enak. 

Anda harus tahu jenis teh yang akan diseduh, ukuran, dan beratnya. Takaran satu sendok daun teh akan berbeda hasilnya pada teh yang juga berbeda jenisnya. Ada baiknya jika Anda membuat catatan di kemasan teh tentang takaran yang tepat untuk menyeduhnya, agar setiap kali anda menyeduh teh akan mendapatkan hasil air teh yang sama enaknya. 

Memakai daun teh murah

Tiap jenis daun teh mengalami proses fermentasi, pengeringan, dan pengemasan yang berbeda, oleh karena itu harga teh juga sangat beragam. Jika Anda asal memakai daun teh yang murah, lalu diseduh dengan air berkualitas dan suhu yang tetap, hasilnya akan tetap kurang enak. 

Agar rasa teh enak dan beraroma harum, sebaiknya Anda pilih teh yang berkualitas. Hindari memakai teh yang terlalu lama disimpan, apalagi yang disimpan di wadah tak tertutup rapat. 

Suhu air kurang tepat

Meskipun sama-sama air panas, tetapi suhunya bisa berbeda. Salah satu kesalahan yang sering dilakukan adalah menuangkan air yang suhunya kurang tepat. Umumnya orang hanya menggunakan ‘feeling’ dalam merebus air. 

Perlu diketahui bahwa jenis teh tertentu memerlukan suhu air tertentu. Misalnya teh hitam memerlukan air bersuhu 100 derajat celsius, teh hijau memerlukan air bersuhu 80-90 derajat celsius. (*)


Penulis : Maureen
Editor : Nurul Diah

Terkait

2021: Tahun Kerbau Logam, Apa yang Perlu Diperhatikan?

 

logo clock 22-10-2020, 06:18
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Museum Istana China Bawa Pengunjung Rasakan Sensasi VR

 

logo clock 21-10-2020, 15:08
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Seniman Tafsirkan Ulang 'Decameron' untuk Zaman Modern

 

logo clock 21-10-2020, 14:34
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Seniman Tafsirkan Ulang 'Decameron' untuk Zaman Modern

 

logo clock 21-10-2020, 13:45
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Pegunungan Putih Abadi China Jadi Subjek Favorit Para Pelukis

 

logo clock 21-10-2020, 13:27
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Viral