Pertama di Dunia, Satelit LT-1 China Sukses Citrakan Orbit

15 February 2022, 16:28 WIB

Pertama di Dunia, Satelit LT-1 China Sukses Citrakan Orbit-Image-1

Satelit SAR Land Exploration-1 - Image from zghy.org.cn

Beijing, Bolong.id - Institut Aeronautika dan Astronautika Tiongkok berhasil meluncurkan Eksplorasi Darat No. 1 Satelit Grup 01 A (LT-1A) 26 Januari 2022. Pencitraan di orbit dicapai pertama kalinya di dunia oleh radar aperture sintetis (LT-1 SAR) 9 Februari 2022, dan kualitas gambarnya bagus sekali.

Dilansir dari zghy.org.cn pada Sabtu (12/2/2022), Dilaporkan bahwa satelit LT-1 adalah misi tipe satelit pertama yang diluncurkan dalam "Rencana Pembangunan Jangka Menengah dan Jangka Panjang Infrastruktur Ruang Sipil Nasional (2015-2025)", termasuk dua L-band terpolarisasi penuh LT-1A dan LT Satelit -1B. 

Satelit Interferometric Synthetic Aperture Radar (SAR). SAR adalah sistem radar pencitraan gelombang mikro. Bersama dengan sistem pencitraan optik, ini merupakan dua beban penting bagi satelit penginderaan jauh untuk mencapai pengamatan bumi resolusi tinggi. 

Ia dapat mengambil foto gelombang mikro resolusi tinggi sepanjang hari dan sepanjang hari, terlepas dari cahaya dan kondisi iklim, serta bahkan informasi terselubung dapat diperoleh melalui permukaan dangkal atau vegetasi jarang, yang tak tergantikan dan unik di bidang pengamatan bumi.

Payload LT-1 SAR adalah sistem pengamatan bumi pertama di Tiongkok dengan interferometri diferensial sebagai tugas utamanya. Bintang LT-1A akan membentuk konstelasi dengan bintang "saudara kembar" LT-1B yang akan datang. 

Bintang kembar akan terbang bersama pada jarak satu kilometer, dan akan menggunakan sistem interferensi SAR basis ganda untuk mencitrakan bumi secara sinergis untuk mendapatkan informasi elevasi permukaan.

Pertama di Dunia, Satelit LT-1 China Sukses Citrakan Orbit-Image-2

  Image from zghy.org.cn

Pakar terkait dari Akademi Dirgantara mengatakan bahwa LT-1A memperoleh gambar berkualitas tinggi dari orbit pertama kali ini, yang telah meletakkan dasar yang baik untuk operasi pembentukan satelit LT-1 berikutnya. 

Menggabungkan interferometri SAR dual-base dan sistem pencitraan polarimetri multi-mode, sistem satelit LT-1 akan menjadi satelit SAR pertama di dunia yang mampu melakukan pencitraan interferometri polarimetri multi-orbit satu-orbit. 

Salah satu aplikasi tipikalnya adalah mengukur biomassa hutan Menyediakan sarana teknis yang efektif untuk mewujudkan pemantauan siklus karbon. (*)