China Temukan Fosil Ikan Purba Periode Jurassic

20 April 2022, 09:37 WIB

China Temukan Fosil Ikan Purba Periode Jurassic-Image-1

Ichthyosaurus - Image from sinaimg.cn

Beijing, Bolong.id - Profesor Han Fenglu (韩凤禄), guru besar China University of Geosciences (Wuhan), melaporkan temuan fosil ikan purba, Ichthyosaurus Trias awal di Zhebao, Kabupaten Longlin, Provinsi Guangxi, Tiongkok. Ikan itu diperkirakan punah sejak 90 juta tahun silam, di zaman Dinosaurus, atau periode Jurrasic.

Dilansir dari 新浪科技综合 pada Rabu (15/4/2022), temuan baru mendunia ini diberi nama Ichthyosaurus Stout. Ichthyosaurus memiliki panjang 3 meter. Penampilannya cupu. Kemampuan berenang sangat kuat.

Ini adalah fosil Ichthyosaurus awal Trias terbesar yang ditemukan di Tiongkok. Hasil penelitiannya baru-baru ini dipublikasikan di jurnal akses terbuka PeerJ di bidang biologi dan kedokteran.

Pada tahun 2017, Survei Geologi Provinsi Guizhou menemukan badan vertebra dan tulang rusuk yang dicurigai sebagai vertebrata dalam survei lapangan di Longlin, Guangxi.

Atas undangan, Jiang Haishui (江海水), Han Fenglu (韩凤禄) dan Chen Yan (陈龑) dari Departemen Geobiologi, Sekolah Ilmu Bumi, Universitas Geosains Tiongkok, pergi untuk menyelidiki dan menggali, dan selanjutnya menegaskan bahwa mereka adalah tubuh vertebral dan fosil tulang rusuk.

China Temukan Fosil Ikan Purba Periode Jurassic-Image-2

Tim peneliti - Image from sinaimg.cn

Tim peneliti menggunakan alat penggalian seperti gergaji mesin untuk mengambil batu di sekitarnya yang berisi fosil, dan memperbaikinya selama tiga bulan di Pusat Survei Geologi Wuhan dari Survei Geologi Tiongkok.

Studi telah menunjukkan bahwa fosil terutama berisi bagian depan batang tubuh, termasuk vertebra dorsal depan (badan vertebral dan lengkungan vertebral), tulang rusuk, tulang rusuk peritoneal dan tulang tungkai. Fosil ditemukan di strata laut, dan memiliki ciri khas reptil laut seperti badan vertebra bikonkaf.

Namun, karena fosil tersebut tidak mempertahankan karakteristik bagian-bagian penting seperti tengkorak dan sebagian besar tulang anggota badan, hal itu menimbulkan kesulitan tertentu dalam identifikasi.

Setelah beberapa studi perbandingan, mereka akhirnya mengidentifikasi beberapa fitur utama, seperti tulang rusuk yang ramping dan tidak menebal di ujung proksimal, dan tulang rusuk peritoneal dengan tonjolan panjang dan tipis di tengah.

"Meskipun spesimen ini tidak sepenuhnya diawetkan, ia memiliki beberapa karakteristik unik dari ichthyosaurus, yang berbeda dari reptil laut lainnya seperti finfish," kata Han Fenglu (韩凤禄) kepada Science of China.

Dilaporkan bahwa ichthyosaurus adalah reptil laut yang makmur pada periode Trias dan Jurassic.

Mereka pertama kali muncul sekitar 250 juta tahun yang lalu dan punah 90 juta tahun yang lalu, kira-kira pada periode yang sama dengan dinosaurus. Mereka sangat terspesialisasi, dengan bentuk tubuh ramping seperti ikan dengan mata besar dan sirip ekor yang kuat.

Ichthyosaurus mungkin telah berevolusi dari reptil darat, tetapi asal usul dan evolusi awal mereka tetap menjadi misteri. Ichthyosaurus yang ditemukan sejauh ini pertama kali muncul pada Trias Awal, dan telah dilaporkan secara resmi di Jepang, Kanada, Eropa Utara, Hubei, Anhui dan tempat-tempat lain di Tiongkok.

China Temukan Fosil Ikan Purba Periode Jurassic-Image-3

Image from sinaimg.cn

Kebanyakan dari mereka adalah individu kecil dengan panjang tidak lebih dari 1,5 meter, dan bahan fosil serta jangkauan distribusinya relatif kecil.

Ichthyosaurus Trias Awal yang ditemukan di Tiongkok sebagian besar diwakili oleh naga Chaohu. Ichthyosaurus awal ini semuanya kecil, kebanyakan di bawah 1 meter, dan didistribusikan sebagai hewan dengan distribusi regional yang kuat. Kemampuan berenang dan migrasi mereka dianggap lebih lemah.

Spesimen yang ditemukan kali ini relatif besar, dengan perkiraan panjang total hingga 3 meter, jauh lebih besar dari ichthyosaurus Trias Awal yang sebelumnya ditemukan di Tiongkok.

Pada saat yang sama, tulang tungkai (diidentifikasi sebagai jari-jari) yang diawetkan dalam spesimen ini panjang dan kokoh, dengan bentuk yang sangat teratur dan simetri tinggi ke segala arah.

Permukaan artikular proksimal sedikit cembung, dan ujung distal memiliki dua bentuk yang mirip, ukuran Permukaan artikular diratakan, dan penampilan yang dipulihkan mirip dengan lumba-lumba modern.

Dalam beberapa dekade terakhir, fosil ichthyosaurus Trias Awal Tiongkok hanya ditemukan di provinsi Anhui dan Hubei.

Ichthyosaurus putih adalah penemuan pertama fosil Ichthyosaurus Trias Awal di Guangxi, yang memperluas distribusi geografis Ichthyosaurus Trias Awal di Tiongkok dan meningkatkan keragaman morfologi Ichthyosaurus Trias Awal.

"Ichthyosaurus putih memiliki tulang kaki depan yang lebih panjang dan lebih kuat daripada ichthyosaurus awal lainnya, menunjukkan bahwa ichthyosaurus putih mungkin lebih mampu berenang, mungkin dalam jarak yang lebih jauh di Samudra Paleo-Tethys.

Pada saat yang sama, Ichthyosaurus putih juga merupakan Trias Awal terbesar. Ichthyosaurus di Tiongkok dan mungkin telah memainkan peran sebagai predator tingkat lanjut di lautan pada waktu itu," kata Han Fenglu (韩凤禄). (*)