Baca dalam 3 menit

Forbidden City Beijing, Mahakarya Arsitektur Tiongkok Kuno Tertinggi

Waktu Publish : 06 May 2021, 14:35 WIB
SHARE ARTIKEL

Kota Terlarang - Image from Tencent News

Beijing, Bolong.id - Forbidden City atau Kota Terlarang adalah kompleks istana kekaisaran Tiongkok kuno, istana kekaisaran Dinasti Ming dan Qing. Terletak di pusat Kota Beijing, kota tersebut mendapat sebutan Kota Terlarang pada tahun 1925.

Dilansir dari Tencent News pada Rabu (05/05/2021) Kota Terlarang mencakup area seluas 720.000 meter persegi, dengan lebih dari 980 bangunan yang ada, lebih dari 9.000 rumah, dan luas konstruksi 150.000 meter persegi. Bangunan istana di Kota Terlarang terbagi menjadi bagian depan selatan dan bagian belakang utara. Istana-istana ini disusun sepanjang sumbu tengah utara-selatan dan tersebar di kedua sisinya. Utara-selatan lurus dan simetris. Arsitektur dan perencanaannya telah mewarisi tradisi istana Tiongkok kuno, yang menunjukkan supremasi kekuasaan kekaisaran. Pada dinasti sebelumnya, terdapat Aula Keharmonisan Tertinggi, Aula Zhonghe, dan Aula Baohe, dan tiga gedung tertinggi di antara para pejabat yang telah meninggal. Tempat tidur yang terletak di belakang merupakan tempat kaisar dengan permaisuri tinggal, sementara kaisar bersama selir tinggal di keraton di poros tengah. Sedangkan, di tengah, timur, dan barat ada enam keraton di kiri dan kanan. Tata letak ini telah mewujudkan konsep etika Tiongkok dengan tingkat dan perbedaan yang berbeda antara di dalam dan di luar sejak zaman kuno.

Kota Terlarang adalah kompleks istana kuno terbesar dan paling terpelihara di dunia. Tata letak, efek tiga dimensi, dan keindahan bentuknya jarang terjadi, dan juga merupakan mahakarya arsitektur Tiongkok kuno tingkat tertinggi.

Kota Terlarang di Beijing adalah kelompok bangunan bergaya istana kuno terbesar dan terlengkap di Tiongkok. Kota Terlarang dibangun pada tahun keempat Yongle (1406) di Dinasti Ming. Butuh waktu 14 tahun untuk menyelesaikannya. Sebanyak 24 kaisar tinggal di sini di masa Dinasti Ming dan Qing, dan dibangun kembali dan diperluas berkali-kali, tapi pada dasarnya terletak pada mempertahankan tata letak aslinya. Kota Terlarang memiliki sejarah 600 tahun sejauh ini. Saat ini, kompleks istana yang sepenuhnya mencerminkan karakteristik arsitektur kerajaan kuno Tiongkok ini telah menjadi Museum Istana Nasional dengan koleksi terkaya di Tiongkok.

Secara keseluruhan, Kota Terlarang seperti sebuah buku besar yang tersebar, saat ini, orang dapat belajar tentang sejarah, budaya, dan makna batin dari banyak seni arsitektur tradisional Tiongkok. (*)


Informasi seputar Tiongkok

Terkait

culture

Jaman Dulu Tidak Ada Toilet di Kota Terlarang Lho !

  • Esy Gracia
  • 29 May 2021

news

Kota Terlarang Beijing Adakan Pameran Khusus Prangko

  • Lupita
  • 26 May 2021

culture

Inilah Fakta & Misteri Kota Terlarang di China

  • Isna Fauziah
  • 31 Oct 2020

culture

Museum Istana China Bawa Pengunjung Rasakan Sensasi VR

  • Isna Fauziah
  • 21 Oct 2020

culture

Melindungi Kota Terlarang, Melindungi Budaya Tradisional Chi...

  • Maureen
  • 21 Oct 2020

culture

Sejarah Hari Ini: Kota Terlarang Pertama Kalinya Dibuka Untu...

  • Aisyah Hidayatullah
  • 10 Oct 2020
Banner Kanan
Logo follow bolong