Baca dalam 3 menit

Forum Kerjasama Media Tiongkok-ASEAN 2021 akan Digelar di Beijing

Waktu Publish : 04 Jun 2021, 15:43 WIB
SHARE ARTIKEL

Forum Kerjasama Media Tiongkok-ASEAN 2021 - Image from People's Daily

Beijing, Bolong.id - Forum Kerjasama Media Tiongkok-ASEAN 2021 diadakan di Beijing pada tanggal 2 Juni. Forum ini dipandu oleh Kantor Informasi Dewan Negara Tiongkok dan Kementerian Luar Negeri Tiongkok, dan diselenggarakan oleh Biro Bahasa Asing Tiongkok dan Tiongkok-ASEAN Center. Hampir 100 pejabat pers, perwakilan media dan pakar serta sarjana dari Tiongkok dan 10 negara ASEAN telah menggabungkan metode online dan offline untuk fokus membahas "30 tahun berdiri-Membuka Bab Baru Kerjasama Tiongkok-ASEAN dan Kerjasama Win-Win" sebagai tema.

Dilansir dari People’s Daily pada Kamis (3/6/2021), tahun ini menandai peringatan 30 tahun terjalinnya hubungan dialog antara Tiongkok dan ASEAN. Du Zhanyuan, direktur Biro Bahasa Asing Tiongkok, menyampaikan pidato pada upacara pembukaan forum dan menyatakan bahwa pertukaran dan kerja sama media merupakan bagian integral dari hubungan Tiongkok-ASEAN dan memainkan peran penting dalam mempromosikan pengembangan hubungan bilateral dan meningkatkan pertukaran. Diharapkan media dari kedua belah pihak lebih memperdalam isi kerjasama, memperluas wilayah kerjasama, dan melakukan inovasi model kerjasama, sehingga dapat memberikan kontribusi lebih banyak kebijaksanaan dan kekuatan untuk menjaga pembangunan berkelanjutan dan stabilitas hubungan Tiongkok-ASEAN, serta bersama-sama membangun komunitas Tiongkok-ASEAN.

Kang Fu, Wakil Sekretaris Jenderal Sekretariat ASEAN, mengatakan dalam pidato online bahwa meskipun pandemi Covid-19 muncul, kemitraan yang kuat antara ASEAN dan Tiongkok belum terhalang. Tahun ini adalah Tahun Kerjasama Pembangunan Berkelanjutan ASEAN-Tiongkok, dan kemitraan strategis antara kedua pihak akan penuh vitalitas dalam segala aspek. Setelah pandemi, jumlah netizen meningkat tajam, terutama di bidang media baru, dan kedua belah pihak memiliki lebih banyak peluang untuk bekerja sama. Penguatan kerja sama media akan membantu kita membuat kemajuan baru dan lebih besar di masa depan.

Duta Besar Laos untuk Tiongkok Kambao Ntawan menyatakan dalam pidatonya bahwa ASEAN dan media Tiongkok, sebagai saluran utama dan sumber komunikasi informasi antara kedua belah pihak, telah memainkan peran penting dalam sosial, ekonomi, budaya, kesehatan masyarakat, dan penghidupan masyarakat. Media harus memanfaatkan mekanisme efektif yang ada untuk berkontribusi pada pembangunan masa depan ASEAN-Tiongkok, khususnya kerjasama pembangunan ekonomi di era pasca-pandemi.

Dalam sub-forum, perwakilan media dan think tank Tiongkok dan asing membahas topik Prospek Baru untuk Kerjasama Ekonomi dan Perdagangan Regional di bawah Kerangka RCEP dan Tren Baru dalam Inovasi dan Pengembangan Media di bawah Revolusi Teknologi Baru. (*)

Informasi Seputar Tiongkok

Terkait

news

ASEAN - China Gencarkan Kerjasama Demi Pemulihan Ekonomi Glo...

  • Lupita
  • 22 Apr 2021

news

Tiongkok Perkuat Kerja Sama dengan ASEAN

  • Della Shafira Putri
  • 15 Sep 2020
Banner Kanan
Logo follow bolong