Baca dalam 3 menit

Tanggal Penting Perayaan Tahun Baru Imlek 2021

Waktu Publish : 10 Feb 2021, 07:00 WIB
SHARE ARTIKEL

Lampion Imlek - Image from timesmedia.co.id

Bolong.id - Tahun baru imlek 2021 jatuh pada 12 Februari dan akan berakhir dengan adanya festival lampion pada 26 Februari 2021.

Sebelum hari perayaan imlek tiba seluruh orang membeli persediaan tahun baru sebelumnya dan banyak yang akan memulai festival Laba 腊八节.

Salah satu negara di kawasan Asia memiliki banyak musim salah satunya musim semi, di China sendiri setiap musim semi ada namanya perayaan festival musim semi atau disebut 春节 yang kita kenal dengan Chinese New Year atau perayaan tahun baru China dikenal juga sebagai Lunar New Year oleh masyarakat China. 

Di Indonesia sendiri lebih sering disebut dengan perayaan imlek atau tahun baru imlek yang merupakan festival terbesar di China dan diadakan selama 7 hari. Sebelum datangnya imlek banyak sekali persiapan yang disiapkan, selama kurang lebih 2 minggu akan diadakan berbagai macam jenis perayaan, dan yang identik dengan warna merah yang dilambangkan keberuntungan. 

Hari Laba atau Festival laba, atau juga dikenal dengan  Làbā jié adalag tanda akan dimulainya tahun bariu imlek, dimana pada tahun ini jatuh pada 20 Januari 2020 atau bulan desember kalender lunar.

Pada hari Laba ini terdapat hidangan utama yaitu Bubur Laba yang didalamnya berisi tujuh jenis biji-bijian seperti kacang merah, kurma merah, beras sekam dan lain-lain. 

Pada Tahun Baru Imlek 2021 memiliki aktivitas dan tradisi khusus pada setiap harinya dan merupakan Festival Musim Semi yang berlangsung lama.

Berikut adalah daftar tanggal penting pada Tahun Baru Imlek 2021 :

4 Februari Tahun Kecil (小年) - Pada Tahun kecil ini digunakan untuk hari peringatan dan upacara doa, kegiatannya adalah membersihkan rumah untuk menyingkirkan kesialan dan berdo'a kepada Dewa. 

11 Februari Malam Tahun Baru(除夕) - Kegiatan pada malam tahun baru adalah berkumpul dan makan bersama. Setelah makan malam anak-anak akan menerima amplop merah atau yang dikenal angpau (红包). 

12 Februari Festival Musim Semi (春节) - Merupakan perayaan puncak semua orang mulai menyalakan petasan sebagai hari salam dan berkah antar tetangga. 

13 Februari Hari Untuk Mertua - Pada Hari ini anak perempuan yang telah menikah harus membawa suami serta anak ke rumah orang tuanya sambil membawa kado biasanya kerupuk dan permen.

14 Februari Hari Tikus - Pada hari ini orang-orang akan mengumplkan biji-bijian dan kerupuk untuk kemudian disimpan di pojok rumah untuk berbagi bersama tikus dan diharapkan dengan ini tikus tidak akan mengganggu mereka dalam satu tahun kedepan. 

15 Februari Hari Domba - Pada Hari ini semua orang mendo'akan Dewa Kekayaan dengan persembahan berupa tiga jenis daging, buah-buahan dan anggur yang diletakan di rumah. Pada malam hari jendela rumah akan dibuka sebagai tanda menyambut dewa untuk makan dam minum sampai pagi. 

16 Februari Hari Istirahat Lima - Pada hari ini semua toko, pasar dibuka kembali, wanita bisa keluar dan memberikan berkah tahun baru.

17 Februari Hari Kuda - Hari  ini adalah dimulainya orang-orang bekerja dan orang-orang akan mengusir roh kemiskinan atau 送 穷鬼/ sòng qióng guǐ

18 Februari Hari Manusia - Berdasarkan pada tradisi Tiongkok kuno, orang akan mengenakan aksesoris rambut yang bernama rén sheng. Apabila pada hari ini cuaca cerah maka dalam satu tahun akan aman dan sehat.

19 Februari Hari Milet - Menurut legenda hari Milet merupakan hari lahirnya gandum dimana pada hari ini ada tradisi berbagai hewan peliharaan dilepaskan kembali ke alam liar sebagai rasa hormat kepada alam. 

20 Februari Providence Health - Dihari ini dipercaya sebagai hari lahirnya Dewa Tertinggi yaitu Kaisar Langit yang merupakan penguasa alam semesta.Pada hari ini terdapat upacara untuk Kaisar Langit dan di beberapa daerah wanita akan membawa lilis bunga wangi ke sumur alami, pelabuhan atau ruang terbuka untuk kemudian berdo'a kepada Dewa.

21 Februari Festival Batu - Terdapat tradisi dimana orang-orang akan membekukan tempayan tanah liat kemudian disimpan di batu halus pada malam sebelumnya. Pada pagi hari anak muda akan membawa batu tersebut, apabila tidak jatuh maka panen akan baik. 

22 Februari Hari Menantu - Para ayah akan mengundang putri dan menantu mereka untuk makan malam pada hari ini.

BACA JUGA23-25 Februari Persiapan Festival Lampion - Selama periode ini orang-orang akan memulai persiapan Festival Lampion Yuán xiāo jié dengan membeli lentera dan membangun gudang lampu.

26 Februari Festival Lampion - Membuat lampion menjadi aktivitas yang penting selama festival. Ketika Festival ada permainan dimana menulis teka-teki di lampion yang bernama Lantern Riddles atau cāi dēng mí.

Mengapa di China Orang Merayakan Festival Musim Semi?

Festival musim semi merupakan salah satu hari libur yang sangat penting di China dan harus dirayakan dan sakral. Biasanya ketika Festival Musim Semi diadakan di China, akan dipasang dekorasi dimana-dimana dan mayoritas warna dari dekorasi tersebut adalah merah karena budaya dari China. 

Warna merah sendiri melambangkan sebagai warna yang bisa membawa kebahagiaan, kekayaan, kemakmuran, keberuntungan dan juga bisa menghindarkan dari kekuatan jahat dan juga nasib buruk. Perayaan ini sudah menjadi turun temurun yang sudah ada sejak 4.000 tahun lalu dilakukan yang diharapkan setelah tahun baru China, hidup mereka dapat lebih makmur. (*)

Terkait

culture

Yuk, Simak 30 Fakta tentang China Ini!

  • Aisyah Hidayatullah
  • 20 Oct 2020

culture

2021: Tahun Kerbau Logam, Apa yang Perlu Diperhatikan?

  • Aisyah Hidayatullah
  • 22 Oct 2020

culture

Kenali Barongsai Lebih Jauh, Tarian Khas Imlek

  • Aisyah Hidayatullah
  • 21 Nov 2020

Culture

Jangan Beri 10 Kado Ini Saat Imlek, Bahaya...

  • Aisyah Hidayatullah
  • 05 Dec 2020

lifestyle

Horoskop China 2021: Tahun Kerbau

  • Aisyah Hidayatullah
  • 31 Dec 2020

Health

Beijing Vaksinasi 9 Kelompok Prioritas Tinggi sebelum Imlek

  • Isna Fauziah
  • 03 Jan 2021
Banner Kanan
Logo follow bolong