Baca dalam 3 menit

Konferensi Pers Kementerian Luar Negeri Tiongkok 1 Juli 2021

Waktu Publish : 01 Jul 2021, 16:59 WIB
SHARE ARTIKEL

Wang Wenbin - Image from Laman Kementerian Luar Negeri Tiongkok

CCTV: Menurut laporan, Kantor Bank Dunia Tiongkok merilis laporan baru-baru ini, menyoroti peningkatan kepercayaan konsumen dan bisnis dan kondisi pasar tenaga kerja yang lebih baik di Tiongkok dan memproyeksikan pertumbuhan Tiongkok mencapai 8,5% tahun ini. Apa komentar Anda?

Wang Wenbin: Laporan Bank Dunia sekali lagi menunjukkan kepercayaan masyarakat internasional terhadap perkembangan ekonomi Tiongkok.

Tahun ini, ekonomi Tiongkok terus pulih dengan mantap, dengan momentum konsolidasi menuju pembukaan yang lebih baik dan percepatan. Dari Januari hingga Mei 2021, PDB Tiongkok mengalami pertumbuhan yang berkelanjutan dan stabil. FDI yang dibayarkan ke Tiongkok mencatat 481 miliar yuan, naik 35,4% YoY. Investasi langsung keluar non-keuangan (ODI) adalah $43,29 miliar, naik 2,6% YoY. Volume impor dan ekspor Tiongkok mencapai rekor tertinggi 14,76 triliun yuan, memberikan dorongan kuat bagi pemulihan dan pertumbuhan ekonomi dunia.

Karena Tiongkok telah memasuki tahap pembangunan baru, ia mengikuti filosofi pembangunan baru dan merumuskan paradigma pembangunan baru untuk memajukan pembangunan berkualitas tinggi. Ini akan memungkinkan pasar Tiongkok untuk menawarkan lebih banyak peluang investasi dan pertumbuhan kepada mitra kerja sama kami. Tiongkok akan mengikuti visi keterbukaan, kerja sama, solidaritas, dan hasil win-win dalam memperluas keterbukaan menyeluruh secara kuat untuk menjadikan pasar Tiongkok sebagai pasar bersama bagi dunia. Kami menyambut semua pihak untuk secara aktif berintegrasi ke pasar Tiongkok dan berbagi peluang pembangunan Tiongkok, untuk mencapai pembangunan bersama dan memberikan manfaat bagi masyarakat di semua negara.

Associated Press of Pakistan: Perdana Menteri Imran Khan telah mengirim pesan ucapan selamat kepada Presiden Xi pada peringatan seratus tahun Partai Komunis Tiongkok (CPC). Dia menyoroti peran dan pengorbanan BPK untuk pembebasan Tiongkok dan kebangkitannya selanjutnya. Dia juga menghargai peran CPC dalam memelihara persahabatan di segala cuaca antara Pakistan dan Tiongkok. Apakah Anda punya komentar?

Wang Wenbin: Setelah menerima pesan ucapan selamat dari Perdana Menteri Imran Khan, pihak Tiongkok menyampaikan terima kasih dan penghargaannya. CPC berdiri teguh untuk mengembangkan hubungan persahabatan dengan Pakistan, yang juga merupakan posisi konsisten dari Pemerintah Tiongkok.

Dengan upaya dua pemimpin kami dan dukungan dari dua bangsa kami, Tiongkok dan Pakistan telah menjadi mitra strategis di segala cuaca. Tahun ini menandai seratus tahun berdirinya CPC, dan peringatan 70 tahun pembentukan hubungan diplomatik antara Tiongkok dan Pakistan. Selama tujuh dekade terakhir, terlepas dari perubahan lanskap internasional, Tiongkok dan Pakistan telah saling menghormati, mempercayai, dan mendukung, menjalin persahabatan di segala cuaca, dan melakukan kerja sama di segala bidang. Persahabatan yang kokoh dan abadi antara kedua negara kita telah menjadi aset strategis paling berharga bagi kita berdua.

Dalam perjalanan baru ke depan, Tiongkok akan terus menegakkan perdamaian, pembangunan, dan kerja sama yang saling menguntungkan, bekerja untuk jenis hubungan internasional baru dan komunitas dengan masa depan bersama bagi umat manusia, mendorong pengembangan Inisiatif Sabuk dan Jalan yang berkualitas tinggi, dan memberikan peluang baru ke seluruh dunia sambil mengembangkan dirinya sendiri. Dalam proses ini, Tiongkok akan selalu menjadikan Pakistan sebagai prioritas dalam diplomasi lingkungannya. Pada kesempatan peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Tiongkok-Pakistan, Tiongkok siap bekerja dengan pihak Pakistan untuk menjadi tuan rumah serangkaian kegiatan perayaan, dan meningkatkan hubungan Tiongkok-Pakistan ke tingkat yang baru dan memberikan lebih banyak manfaat bagi rakyat kita.

Wartawan - Image from Laman Kementerian Luar Negeri Tiongkok

Bloomberg News: Laporan Financial Times mengatakan AS dan Jepang telah melakukan latihan perang dan latihan militer bersama untuk mempersiapkan potensi konflik dengan Tiongkok atas Taiwan. Perencanaan dimulai pada tahun terakhir pemerintahan Trump. Apakah kementerian luar negeri punya komentar?

Wang Wenbin: Kami mencatat laporan yang relevan. Taiwan adalah bagian tak terpisahkan dari wilayah Tiongkok. Tekad dan kemauan kuat pemerintah dan rakyat Tiongkok untuk menjaga kedaulatan nasional dan integritas wilayah tidak akan goyah dalam menghadapi tekanan eksternal apa pun. Kami berharap pihak-pihak terkait akan berhenti mengembangkan teori "ancaman Tiongkok" dan sebaliknya melakukan lebih banyak hal untuk kepentingan perdamaian dan stabilitas regional.

CNR: Karena situasi pandemi global tetap rumit dan serius, dapatkah Anda memberi tahu kami tentang kemajuan program "kecambah musim semi" Tiongkok di luar negeri untuk membantu memvaksinasi warga negara Tiongkok?

Wang Wenbin: Sejak COVID-19 merebak, kehidupan dan kesehatan setiap warga negara Tiongkok di luar negeri selalu ada dalam pikiran Partai Komunis Tiongkok dan pemerintah Tiongkok. Sejak Penasihat Negara dan Menteri Luar Negeri Wang Yi mengumumkan peluncuran program "kecambah musim semi" pada konferensi pers selama "dua sesi", Kementerian Luar Negeri Tiongkok dan misi diplomatik dan konsuler luar negeri telah membantu lebih dari 1,7 juta warga negara Tiongkok perantauan di lebih dari 160 negara untuk diinokulasi dengan vaksin Tiongkok atau buatan luar negeri, menyampaikan kepedulian CPC dan pemerintah Tiongkok kepada rekan senegaranya Tiongkok di seluruh dunia.

Ke depan, kami akan tetap setia pada tujuan melayani hati dan jiwa rakyat, memperkuat komunikasi dan kerja sama dengan negara-negara terkait, dan lebih memperluas cakupan program "spring sprout" berdasarkan kepatuhan terhadap undang-undang dan peraturan negara tuan rumah dan menghormati keinginan masing-masing individu. Kami berharap untuk membuat lebih banyak kemajuan dalam program ini untuk memastikan bahwa warga negara Tiongkok perantauan yang harus divaksinasi bisa mendapatkan suntikan sesegera mungkin dan semua orang yang ingin divaksinasi memiliki akses ke dosis. Melalui upaya tersebut, kami berharap dapat membangun firewall yang kuat untuk melindungi keselamatan dan kesehatan warga negara Tiongkok di luar negeri.

Wang Wenbin - Image from Laman Kementerian Luar Negeri Tiongkok

Hari ini adalah peringatan 100 tahun berdirinya BPK. Kami ingin mengucapkan selamat ulang tahun kepada BPK yang hebat, agung, dan benar! (*)



Informasi Seputar Tiongkok



Terkait

lifestyle

Atlet Senam China, Guan Chenchen, Dapat Emas di Final Balok ...

  • Lupita
  • 04 Aug 2021

lifestyle

Masuk Final, Tim Tenis Meja Putri China Akan Lawan Jepang

  • Lupita
  • 04 Aug 2021

news

Update Pandemi Covid-19 di China

  • Djono W. Oesman
  • 04 Aug 2021

lifestyle

Pameran Seni di Shanghai Ini Ekspresi Kesehatan Mental

  • Lupita
  • 04 Aug 2021

news

China Konfirmasi 90 Kasus Baru COVID-19

  • Lupita
  • 04 Aug 2021

business

Perusahaan Gaming China Incar Konsumen Indonesia

  • Lupita
  • 04 Aug 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong
32
21
16
1
1
3