Baca dalam 3 menit

Menteri Luar Negeri Tiongkok dan Portugal Adakan Dialog Strategis Putaran Pertama

Waktu Publish : 23 Jul 2021, 13:55 WIB
Sumber : Xinhua News
SHARE ARTIKEL

Dialog antara Tiongkok dan Portugal - Image from Laman Resmi Kemenlu Tiongkok

Bolong.id - Anggota Dewan Negara merangkap Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi bersama dengan Menteri Luar Negeri Portugal Augusto Santos Silva, mengadakan Dialog Strategis Menteri Luar Negeri Tiongkok-Portugal putaran pertama di Chengdu, Tiongkok hari Kamis kemarin (22/7). Pertemuan diadakan secara virtual.

Wang Yi mengatakan bahwa Tiongkok menghargai persahabatan tradisional dengan Portugal dan bersedia bekerja sama dengan Portugal untuk meneruskan tradisi baik, mengonsolidasikan rasa saling percaya strategis, memperluas kerja sama saling menguntungkan, dan memberikan kontribusi Tiongkok-Portugal dalam mendorong pengembangan hubungan Tiongkok-Portugis, menjaga perdamaian dan stabilitas dunia, serat bersama-sama membangun komunitas senasib sepenanggungan umat manusia.

Wang Yi menunjukkan bahwa Tiongkok bersedia memperkuat kerja sama dengan Portugal dan negara-negara Eropa lainnya dalam penelitian dan pengembangan vaksin dan obat-obatan, serta pendistribusiannya yang adil, dan bersama-sama menentang "nasionalisme vaksin." Diharapkan kedua belah pihak dapat bersama-sama menentang manipulasi politik dengan alasan penelusuran sumber virus, dan bersama-sama melawan "virus politik". Tiongkok mendukung Portugal memainkan peran yang lebih konstruktif dalam urusan internasional, dan bersedia terus berkoordinasi dan saling mendukung dengan Portugal untuk bersama-sama menjaga dan mempraktikkan multilateralisme.

Wang Yi menekankan, diharapkan Tiongkok dan Uni Eropa dapat mengatasi kesulitan saat ini, agar dapat segera mendorong hubungan bilateral kembali ke jalur pembangunan yang sehat. Diyakini Portugal akan dapat terus memainkan peran konstruktifnya dalam hal ini.

Silva mengatakan bahwa pihak Portugal menganjurkan penelitian penelusuran yang dilakukan dalam semangat ilmiah dan profesionalitas, tidak mendukung perilaku apa pun yang mempolitisasi penelusuran dan WHO. Portugal berharap dapat lebih mempererat ikatan kepentingan antara Portugal dan Tiongkok, serat memperdalam kerja sama di era pasca pandemi. Portugal mendukung perluasan konsensus dan kerja sama antara Eropa dan Tiongkok. Baik Portugal maupun Tiongkok adalah pendukung setia multilateralisme, Portugal bersedia untuk lebih memperkuat koordinasi dan kerja sama dengan Tiongkok dalam urusan internasional.(*)


Informasi Seputar Tiongkok

Terkait

lifestyle

Tayang November 2021 Mendatang, Simak Sinopsis dan Fakta Men...

  • Lupita
  • 23 Oct 2021

culture

SEJARAH: 2018 Jembatan Hong Kong-Zhuhai-Makau Resmi Dibuka

  • Lupita
  • 23 Oct 2021

news

Sebuah Toko di Shanghai Populerkan Dalgona Challenge

  • Lupita
  • 23 Oct 2021

news

China-RI Bahas Proyek-proyek Maritim di Pertemuan TCM ke-11

  • Lupita
  • 23 Oct 2021

news

Minat Ketertarikan Mahasiswa Indonesia Berkuliah di China

  • Lupita
  • 23 Oct 2021

news

Dianggap Kurang Baik, Bisnis Asuransi Online China Diawasi K...

  • Lupita
  • 23 Oct 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong