China Luncurkan Satelit Eksplorasi Matahari Pertamanya

15 October 2021, 16:40 WIB

China Luncurkan Satelit Eksplorasi Matahari Pertamanya-Image-1

Satelit Eksperimental Sains Dan Teknologi Eksplorasi Matahar - Gambar diambil dari Internet, jika ada keluhan hak cipta silakan hubungi kami.

Beijing, Bolong.id – Pada 14 Oktober kemarin, Tiongkok berhasil meluncurkan ilmu eksplorasi matahari pertama dengan menggunakan roket pembawa 2D Long March di Pusat Peluncuran Satelit Taiyuan. Bintang tersebut akan mewujudkan eksplorasi ruang angkasa pertama di dunia, mengisi celah dalam data pengamatan berkualitas tinggi di area sumber semburan matahari, dan meningkatkan kemampuan penelitian Tiongkok di bidang heliofisika. Ini sangat penting bagi eksplorasi ilmiah ruang angkasa Tiongkok dan pengembangan teknologi satelit.

Dilansir dari 人民日报 pada Jumat (15/10/2021), "Xihe" disebut deteksi spektrum H surya dan satelit uji sains dan teknologi platform ganda. Ini beroperasi di orbit sinkron matahari dengan ketinggian 517 kilometer. Muatan ilmiah utama adalah teleskop ruang angkasa surya. Misi ini berhasil membawa dua satelit mikro kerjasama antar pemerintah dari Organisasi Kerjasama Antariksa Asia-Pasifik, yang terutama melakukan verifikasi teknis penyebaran ekstensi melingkar dan komunikasi antar satelit. Organisasi Kerjasama Luar Angkasa Asia-Pasifik adalah organisasi internasional berteknologi tinggi pertama yang diprakarsai dan didirikan oleh Tiongkok. Misi ini merupakan peluncuran satelit pertama sejak berdirinya organisasi tersebut. Selain itu, peluncuran ini juga membawa 8 mikrosatelit komersial.

Diberitakan bahwa untuk lebih mendorong masyarakat, khususnya kaum muda, dalam memperhatikan ruang angkasa, menyebarkan semangat ruang angkasa, dan merangsang semangat eksplorasi, di bawah bimbingan Badan Antariksa Nasional, Pers Badan Antariksa Nasional dan Kantor Publisitas, Akademi Kedelapan Perusahaan Sains dan Teknologi Aerospace Tiongkok, dan Universitas Nanjing bersama-sama menyelenggarakan peluncuran matahari pertama. 

Kegiatan penamaan satelit percobaan iptek eksplorasi mendapat lebih dari 10.000 rencana penamaan. Setelah tiga tahap ajakan, seleksi dan rekomendasi ahli, nama akhirnya adalah "Xihe". Administrasi Antariksa Nasional bertanggung jawab atas organisasi dan pengelolaan proyek satelit, organisasi dan koordinasi acara besar, dan persetujuan lisensi peluncuran. Universitas Nanjing bertanggung jawab atas pembangunan dan pengoperasian sistem sains dan aplikasi sebagai departemen pengguna. Unit konstituen Pusat Data Satelit Pengamatan Darat Tiongkok bertanggung jawab atas konstruksi dan pengoperasian sistem darat sesuai dengan pembagian kerja. 

China Shanghai Aerospace Technology Research Institute of Aerospace Science and Technology Group Co., Ltd. bertanggung jawab atas keseluruhan pengembangan sistem satelit dan sistem kendaraan peluncuran, dan Departemen Sistem Pengukuran dan Kontrol Peluncuran Satelit Tiongkok bertanggung jawab atas organisasi dan implementasi situs peluncuran dan sistem pengukuran dan kontrol. (*) 


Informasi Seputar Tiongkok